Mendebarkan, gugup, dan canggung adalah kata yang tepat untuk menggambarkan saat-saat pertama ketika melakukan hubungan seksual. Sebagian perempuan mengeluh nggak bisa menikmati seks pertama mereka dengan pasangan karena rasa sakit yang dialami. Kalau nggak segera ditangani, rasa sakit itu akan kembali datang dan bisa mengganggu kehidupan pernikahanmu dan pasangan. Nggak heran jika banyak pasangan yang mencari cara berhubungan seksual agar tidak sakit.

Umumnya, rasa sakit yang dialami oleh setiap orang berbeda dan nggak bisa dipukul rata. Namun, penyebab dari kebanyakan rasa sakit yang dialami adalah:

  1. Kurangnya cairan lubrikasi
  2. Vagina mengalami infeksi
  3. Cedera atau iritasi
  4. Perasaan takut dan cemas yang membuat otot vagina menjadi kejang
  5. Masalah pada rahim

Nah, sebagai pengantin baru yang minim pengalaman bercinta, kamu dan pasangan bisa gunakan 6 cara berhubungan seksual agar tidak sakit berikut ini.

1. Santai dan jangan cemas

6 Cara Berhubungan Seksual agar Tidak Sakiti.ytimg.com

Perasaan takut memang tak terhindarkan, tapi cobalah untuk santai dan nggak cemas berlebihan. Ini penting agar kamu nggak mengalami kejang pada otot vagina. Kamu bisa mulai dengan mengatur napas. Bantuan musik dengan irama pelan dan wangi-wangian dari aromatherapy juga bisa membantumu lebih rileks dalam menghadapi malam pertama

2. Komunikasi dengan pasangan

6 Cara Berhubungan Seksual agar Tidak Sakitpexels.com/Zun Zun

Jangan ragu untuk selalu mengungkapkan apa yang kamu rasakan kepada pasangan. Ketika kamu merasa nggak nyaman dan sakit, segera hentikan dan bicarakan dengannya dengan begitu pasanganmu akan mengerti. Ingat, seks haruslah menyenangkan kedua belah pihak. Kepuasanmu tetap penting.

3. Lakukan foreplay lebih lama

6 Cara Berhubungan Seksual agar Tidak Sakitdok.internet

Sesi foreplay memang selalu dianggap sepele padahal sebenarnya bagian ini adalah kunci untuk mempersiapkan kondisimu dan pasangan menuju babak utama agar memiliki hasrat yang sama saat berhubungan seksual. So, luangkan waktu lebih lama untuk yang satu ini ya untuk mengurangi rasa sakit pada vaginamu nanti!

4. Jangan terburu-buru

6 Cara Berhubungan Seksual agar Tidak Sakitcdn2.tstatic.net

Cara berhubungan seksual agar tidak sakit lainnya yaitu menikmati proses. Cobalah untuk nggak terlalu cepat dalam mengambil langkah. Waktu yang kamu dan pasangan miliki nggak terbatas kok, jadi bersantailah karena kebanyakan rasa sakit yang dialami oleh perempuan terjadi karena penetrasi yang terlalu dini sedangkan kondisi vagina belum terlalu siap. Take your time, okay?

5. Coba posisi yang berbeda

6 Cara Berhubungan Seksual agar Tidak Sakitdok.internet

Temukan posisi bercinta yang tepat untukmu dan pasangan. Jangan pernah takut untuk bereksperimen soal yang satu ini. Kadang memang butuh proses coba-coba sampai menemukan posisi yang pas. Nggak perlu malu atau merasa canggung di depan pasangan, lagi pula hal ini dilakukan untuk kepuasan bersama, bukan?

6. Gunakan pelumas

6 Cara Berhubungan Seksual agar Tidak Sakitdok.internet

Kalau cairan lubrikasi alami yang kamu produksi nggak cukup untuk mengurangi rasa sakit saat berhubungan seksual, kamu bisa menyiasatinya dengan produk pelumas yang tentunya aman untukmu. Kalau masih ragu dan bingung produk pelumas apa yang sekiranya cocok untukmu, kamu bisa konsultasikan dengan dokter atau ahlinya.

Cara berhubungan seksual agar tidak sakit di atas nggak akan berhasil kalau rasa takut dan cemas yang ada dalam dirimu jauh lebih besar. Berpikirlah positif dan tenangkan hatimu, semuanya akan baik-baik saja, kok. Kamu hanya belum terbiasa. Nikmati prosesnya dan jalani dengan hati yang gembira.

Baca Juga: Begini Cara Berhubungan Seks Saat Malam Pertama agar Tidak Sakit