Setelah menikah, mertua merupakan sosok yang menjadi orangtua kedua kita setelah orangtua kandung. Keduanya sama-sama patut kita sayangi dan hormati. Salah satu bentuk apresiasi kepada mertua ialah dengan mengingat hari bahagianya, seperti hari ulang tahun.

Selain kue dan hadiah, kehadiran bahkan kata-kata sederhana yang kita berikan di momen ulang tahun juga bisa menjadi sesuatu yang berharga. Perasaan yang kadang sulit terucap secara langsung dapat dirangkai menjadi kata-kata ucapan selamat ulang tahun untuk mertua. Nah, Popbela sudah menyiapkan beberapa contohnya berikut ini!

1. Sudah seperti orangtua kandung sendiri

10 Ucapan Ulang Tahun untuk Mertua Agar Kamu Makin DisayangFreepik.com/Freepik

“Dear Mama, bagiku engkau telah menjadi lebih dari orangtua suamiku. Aku sudah menganggapmu seperti orangtua kandungku sendiri dan doa-doa yang kupanjatkan sama seperti yang kupanjatkan untuk mereka. Selamat ulang tahun, Mama. Semoga hanya kebaikan, kesehatan, panjang umur, dan kebahagiaan yang melimpahimu selalu.”

2. Terima kasih karena menganggapku sebagai anakmu sendiri

10 Ucapan Ulang Tahun untuk Mertua Agar Kamu Makin DisayangFreepik.com/Prostooleh

“Selamat ulang tahun Mama. Aku berterima kasih kepadamu karena sudah begitu memberikan banyak cinta selama ini. Terima kasih telah begitu menyayangiku seperti anakmu sendiri. Semoga Tuhan memberikan umur panjang dan banyak cinta dari orang-orang di sekitarmu.”

3. Memberikan pelajaran baru di hidupku

10 Ucapan Ulang Tahun untuk Mertua Agar Kamu Makin DisayangFreepik.com/Lookstudio

“Ma, terima kasih telah mengubah duniaku yang awalnya tidak bisa apa-apa di awal pernikahan. Kini menjadi benar-benar serba bisa sebagai seorang ibu rumah tangga. Selamat ulang tahun, mama mertuaku tersayang. Semoga usia panjangmu menjadi berkah untuk orang-orang sekitar. Salam sayang dari anak, menantu, dan cucu-cucumu.”

4. Meski menua, kasih sayangku tak akan memudar

10 Ucapan Ulang Tahun untuk Mertua Agar Kamu Makin DisayangFreepik.com/Gpointstudio

“Rambutmu mungkin kian memutih, namun percayalah kasih kami, anak-anakmu, tak akan pudar sepanjang masa. Semoga hidupmu selalu dilimpahi berkah, sukacita, kesehatan, dan kebajikan. Rezeki senantiasa mengalir deras di masa-masa emasmu. Selamat ulang tahun ya, Mama.”

5. Terima kasih menjadi sosok panutan untukku

10 Ucapan Ulang Tahun untuk Mertua Agar Kamu Makin DisayangFreepik.com/Freepik

“Selamat ulang tahun, Mama. Darimu aku belajar banyak hal, tentang hidup, tentang kesabaran, dan kasih sayang tanpa menuntut balas. Terima kasih sudah menjadi sosok panutan, orangtua, dan nenek terbaik untuk kami. Segala doa, harapan, dan cita-cita terbaik kami panjatkan, semoga senantiasa sehat, panjang umur, dan berbahagia.”

6. Kasih sayangku sepanjang masa jadi kado untukmu

10 Ucapan Ulang Tahun untuk Mertua Agar Kamu Makin DisayangFreepik.com/Freepik

“Kebahagiaan terpancar di hari ulang tahunmu ini, Ibu. Selamat berulang tahun! Engkau adalah sosok panutan yang aku kagumi, nasihatmu akan menjadi tuntunan agar aku bisa mencapai kebaikan-kebaikan dalam hidup. Kado berupa cinta dan kasih sayang akan terus aku curahkan untukmu di hari ini dan hari-hari selanjutnya.”

7. Terima kasih karena sudah membesarkan suamiku

10 Ucapan Ulang Tahun untuk Mertua Agar Kamu Makin DisayangFreepik.com/Freepik

“Dear Mama, terima kasih sudah melahirkan, membesarkan dan mendidik isuamiku hingga seperti sekarang. Terima kasih sudah menjadi nenek yang penuh kasih sayang dan peduli pada cucu-cucunya. Tak ada yang kami miliki cukup untuk membalas segala kebaikan dan jasamu. Semoga di pertambahan usia ini, Tuhan menganugerahkan kesehatan, panjang umur, dan berkah yang berlimpah-limpah. Semoga berbahagia selalu.”

8. Doa terbaik untukmu di hari spesial ini

10 Ucapan Ulang Tahun untuk Mertua Agar Kamu Makin DisayangFreepik.com/Freepik

“Untuk Ibu terkasih, selamat berbahagia di hari spesial ini. Selamat bertambah usia dan juga terima kasih telah menjadi mertuaku yang terbaik. Semoga Allah selalu memberi Ibu kelimpahan rezeki, umur panjang dalam kesehatan, dan keberkahan dalam menjalani hari-hari setelah ini. Segala doa yang baik akan senantiasa kami panjatkan kepadamu, Ibu.”

9. Jadi menantu paling beruntung di dunia

10 Ucapan Ulang Tahun untuk Mertua Agar Kamu Makin DisayangFreepik.com/Freepik

”Hari-hari yang telah terlewati bersama keluarga ini sangat berarti bagiku. Selamat ulang tahun ya, Ibu! Terima kasih telah menerimaku dengan sangat baik di keluarga ini. Aku merasa telah menjadi seorang menantu paling beruntung di dunia ini.”

10. Waktu bersamamu berlalu begitu cepat

10 Ucapan Ulang Tahun untuk Mertua Agar Kamu Makin DisayangFreepik.com/Freepik

“Waktu berlalu begitu cepat, rasanya baru kemarin kita semua merayakan pertambahan usiamu. Mama mertuaku tersayang selamat ulang tahun, aku berharap berkah akan mengiringimu di setiap langkah. Semoga kesehatanmu juga selalu terjaga.”

Nah, itu dia 10 referensi kata ucapan ulang tahun untuk mertua yang bisa kamu sampaikan kepada ibu mertuamu. Puitis banget, jadi makin disayang, deh!

Baca Juga: Tunjukkan Kasih Sayang, Ini 10 Rekomendasi Hadiah untuk Mertua

Baca Juga: 9 Tips Menjaga Hubungan Harmonis dengan Mertua

Baca Juga: Ingin Meluluhkan Hati Mertua? Panjatkan Doa-doa Ini