Nama Tiga Setia Gara kini tengah ramai dibicarakan publik. Artis yang kini menetap di Ohio, Amerika Serikat ini mendapat kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang diduga dilakukan oleh suaminya, James Aaron Tolley. Akibat KDRT yang dialaminya, lutut Tiga remuk karena ditendang oleh suaminya. Ia pun harus menjalani operasi agar lututnya bisa kembali sembuh seperti sedia kala.  

Tiga sempat mengadukan masalah tersebut ke polisi setempat, tapi ia justru dituduh berbohong. Sampai akhirnya ia curhat di media sosial dan menjelaskan perlakuan tak menyenangkan tersebut melalui Instagram Story. Videonya pun viral hingga banyak pihak ikut turun tangan. Berikut Popbela merangkum 5 fakta di balik KDRT yang dialami Tiga Setia Gara oleh suaminya, James. 

1. Baru rayakan ulang tahun pernikahan pertama

Viral! Ini 7 Fakta di Balik KDRT yang Dialami Tiga Setia GaraInstagram.com/tigawat

Sebelum kasus ini mencuat, Tiga Setia Gara sempat membagikan foto-foto pernikahannya dengan sang suami di Instagram. Perempuan yang dikenal dengan sapaan lady rocker ini bahkan terlihat bahagia dan menuliskan caption yang manis. Rupanya, ia baru saja merayakan ulang tahun pernikahannya yang pertama pada 1 September 2019 lalu. 

2. Viral video mendapat kekerasan dari suami

Viral! Ini 7 Fakta di Balik KDRT yang Dialami Tiga Setia GaraInstagram.com/tigawat

Pada Senin (16/9) pagi, secara mengejutkan Tiga mengunggah video memilukan di Instagram Story. Dalam video tersebut, Tiga mengaku telah berbohong kepada semua orang mengenai cidera lututnya. Menurutnya, cidera yang membuatnya harus menjalani operasi disebabkan oleh kekerasan yang dilakukan sang suami. Tiga mengaku terpaksa berbohong karena nggak mau suaminya dipenjara.  

3. Meminta bantuan warganet

Viral! Ini 7 Fakta di Balik KDRT yang Dialami Tiga Setia GaraInstagram.com/tigawat

Tiga sempat mengadukan kekerasan yang dilakukan suaminya ke polisi setempat, tapi ia justru dituduh berbohong. Sambil menangis, Tiga meminta bantuan pada siapa saja yang menonton videonya agar menghubungi pihak Kedutaan Indonesia. Ia terpaksa harus mengunggah video itu dan meminta pertolongan ke kedutaan karena polisi nggak memercayai laporannya.  

"Siapa pun yang nonton Instagram gue, tolong telepon Embassy Indonesia. Gue nggak ngerti, gue gaptek banget, gue harus gimana gue nggak tahu. Gue mau pulang ke Indonesia, tolong," ujar Tiga.  

4. Tiga akui pernikahannya nggak direstui keluarga

Viral! Ini 7 Fakta di Balik KDRT yang Dialami Tiga Setia GaraInstagram.com/tigawat

Video Tiga pun viral dan membuat sejumlah artis bersimpati. Salah satunya ialah Nikita Mirzani, yang kemudian mengirim direct message ke Instagram Tiga. Dalam percakapannya, Tiga mengaku bahwa pernikahannya dengan James nggak direstui oleh ayahnya karena perbedaan agama. Ia pun bingung jika harus pulang ke Indonesia karena malu dengan keluarga dan tak tahu harus bekerja apa nantinya saat bercerai.  

5. Nikita tawari tiket pesawat untuk Tiga ke Indonesia

Viral! Ini 7 Fakta di Balik KDRT yang Dialami Tiga Setia GaraInstagram.com/nikitamirzanimawardi_17, tigawat

Dalam screenshot percakapan tersebut, Nikita menawari bantuan agar Tiga segera pulang ke Indonesia. Bahkan, Nikita juga akan membayari tiket pesawatnya karena Tiga mengaku tak memegang uang. Namun, Tiga menolak karena ia masih merasa bingung. Ia merasa nggak bisa semudah itu pergi dari Amerika karena banyaknya aturan di negara tersebut. 

6. Alasan Tiga nggak bisa segera pulang ke Indonesia

Viral! Ini 7 Fakta di Balik KDRT yang Dialami Tiga Setia GaraInstagram.com/tigawat

Tiga yang menolak bantuan Nikita rupanya menuai beragam reaksi dari warganet. Nggak sedikit yang menilai Tiga plin-plan dan penuh drama. Tiga pun mengklarifikasi bahwa ia memiliki alasan sendiri mengapa nggak bisa langsung pulang. Salah satunya karena dia harus merawat 4 anak sambungnya di sana dan juga harus tetap menghargai ibu mertuanya. 

“Kalau gue terkesan drama, yes I am. Semua perempuan kalau ada masalah apalagi tertindas oleh suami pasti drama dong, pasti nangis dong, apalagi gue sendiri Indonesia di sini, nggak ada keluarga gue. Cuma kalau gue langsung balik, pindah dari Amerika ke Indonesia itu nggak semudah itu,” kata Tiga di Instagram Story. 

7. Pihak KJRI Chicago ambil tindakan

Viral! Ini 7 Fakta di Balik KDRT yang Dialami Tiga Setia GaraInstagram.com/tigawat

Setelah videonya viral dan diunggah ulang oleh banyak akun gosip, pihak KJRI Chicago pun mengambil tindakan dan pendampingan kepada Tiga. "Terkait dengan adanya laporan masyarakat atas kasus KDRT yang menimpa Ibu Tiga Setia Gara di Ohio, Amerika Serikat, dapat kami informasikan bahwa saat ini KJRI Chicago tengah berkomunikasi dengan Ibu Tiga Setia Gara,” tulis akun Instagram resmi KJRI Chicago. 

Duh, yuk kita doakan saja semoga Tiga Setia Gara baik-baik saja ya, Bela!

Baca Juga: Dari Penyanyi Rock Sampai Penulis, Ini 11 Fakta Tiga Setia Gara