Pernikahan sejatinya bukan hanya menyatukan dua insan manusia dalam suatu ikatan, tapi juga kedua keluarga besar. Untuk itu, menikah harus dilakukan dengan berbagai persiapan yang matang, mulai dari venue acara, undangan, dekorasi, hingga konsep pernikahan.

Meski tema internasional kini digemari para pasangan muda untuk menikah, tak sedikit juga yang menginginkan hari bahagianya dihiasi dengan unsur adat sesuai dengan daerah asalnya. Seperti deretan pasangan seleb berikut ini yang memilih menikah dengan adat Aceh. Bisa tebak siapa sajakah mereka?

1. Evan Marvino dan Uffridatun Nitami

Sarat Makna, Ini 5 Seleb yang Menikah dengan Adat AcehInstagram.com/evanmarvino

Dari fans menjadi istri, itulah yang dirasakan oleh gadis Aceh bernama Uffridatun Nitami. Perempuan yang akrab disapa Tami itu akhirnya dipersunting oleh idolanya, aktor Evan Marvino. Keduanya menjalani proses ta’aruf sebelum akhirnya melangsungkan pernikahan pada 15 Januari 2021 di sebuah masjid di Kabupaten Pidie, Aceh.

Setelah akad nikah, pasangan ini menggelar resepsi dengan adat Aceh. Meski tak berasal dari Serambi Mekkah, tapi aktor sinetron Putri untuk Pangeran itu terlihat begitu gagah mengenakan pakaian adat Aceh. Serasi dengan Evan, Tami pun tampil anggun dalam balutan busana pengantin khas Aceh.

2. Cut Meyriska dan Roger Danuarta

Sarat Makna, Ini 5 Seleb yang Menikah dengan Adat AcehInstagram.com/cutratumeyriska

Sempat tak direstui orangtua, akhirnya Cut Meyriska dan Roger Danuarta dapat melangsungkan pernikahan pada 17 Agustus 2019. Menariknya, pasangan ini memadukan dua budaya dalam pernikahan mereka, yakni Aceh dan Tionghoa. Setelah akad nikah, pasangan artis sinetron itu tampil mengenakan busana adat Aceh. Roger juga mengikuti adat Dara Baroe dari keluarga sang istri.

Seminggu setelah melangsungkan akad nikah di Medan, Cut Meyriska dan Roger menggelar resepsi di Jakarta. Namun sebelum resepsi digelar, pasangan beda usia 11 tahun ini lebih dulu melangsungkann prosesi Tea Pai, yakni prosesi pernikahan a la Tionghoa. Pada kesempatan itu, Roger dan Cut Meyriska mengenakan busana bernuansa oriental.

3. Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu

Sarat Makna, Ini 5 Seleb yang Menikah dengan Adat AcehDok. internet

Jalinan cinta Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu berawal dari cinta lokasi setelah keduanya beradu akting dalam sinetron Cinta Fitri. Pasangan artis ini pun resmi menikah pada 17 November 2013. Berdarah Aceh, Wisnu meminta akad dan resepsi pernikahannya menggunakan adat dari tanah kelahirannya itu.

Sebelum naik pelaminan, Wisnu dan Shireen harus menjalani prosesi peusijuk oleh keluarga Wisnu. Kedua pasangan yang diwakilkan oleh anggota keluarga juga melakukan berbalas pantun sebelum akad berlangsung. Tak sampai di situ, resepsi pernikahan mereka juga menyuguhkan tarian khas Aceh, yakni tarian ranup lampuan.

4. Vira Yuniar dan Teuku Ryan

Sarat Makna, Ini 5 Seleb yang Menikah dengan Adat AcehInstagram.com/teukuryan_official

Setelah empat tahun pacaran, Teuku Ryan akhirnya resmi mempersunting Vira Yuniar pada 6 Maret 2004. Sehari setelah akad nikah, keduanya menggelar acara resepsi di Balai Sudirman, Jakarta. Untuk resepsinya, mereka mengusung adat Aceh yang sesuai dengan daerah asal Ryan. Keduanya pun tampil serasi mengenakan busana pengantin masyarakat Aceh.

Pada awal Juli 2009, Vira tiba-tiba melayangkan gugatan cerai terhadap sang suami. Kabarnya, pasangan ini sudah pisah ranjang selama tiga bulan sebelum akhirnya mantan covergirl majalah Aneka Yess! itu menggugat cerai. Meski sempat cerai, akhirnya Vira dan Ryan rujuk kembali di tahun 2011.

5. Cut Tary dan Johannes Yusuf Subrata

Sarat Makna, Ini 5 Seleb yang Menikah dengan Adat AcehDok. internet

Sempat pacaran beda agama selama tiga tahun, akhirnya jalinan cinta Cut Tary dan Johannes Yusuf Subrata berlabuh ke pelaminan. Sebelum menikah, Johannes memutuskan menjadi mualaf mengikuti keyakinan Cut Tary. Pasangan ini akhirnya resmi menikah pada 9 Januari 2004. Prosesi akad nikah mereka digelar di kediaman Cut Tary di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, dengan memakai adat Aceh. Keduanya pun tampil serasi mengenakan busana pengantin khas Aceh.

Rumah tangga mereka sempat diterpa badai di tahun 2010, ketika Cut Tary terseret kasus video mesum bersama Ariel ‘NOAH’. Dari kasus yang sangat heboh itu, banyak yang menduga bahwa suami Cut Tary akan menceraikannya, tapi ternyata tidak. Sayangnya, pernikahan mereka akhirnya benar-benar berakhir setelah 10 tahun hidup bersama. Kini, Cut Tary telah menikah kembali dengan Richard Kevin.

Nah, itu dia deretan artis yang menikah dengan adat Aceh. Mereka rupanya tetap melestarikan budaya di hari pernikahannya, nih. Salut, deh!

Baca Juga: Prosesi Pernikahan Adat Aceh

Baca Juga: Berdarah Aceh, Pesona 7 Artis Cantik Ini Bikin Cowok Jatuh Hati

Baca Juga: Dapat Bertahan Hingga 200 Tahun, Ini 5 Keunikan Rumah Adat Aceh