Nama Salmafina Sunan tampaknya tengah menjadi perbincangan publik sejak beberapa waktu terakhir. Pasalnya, selebgram yang akrab disapa Alma ini dikabarkan telah pindah agama. Bahkan, hal ini juga sempat membuat hubungan Alma dengan orangtuanya merenggang. Meski demikian, kini putri sulung dari pengacara kondang, Sunan Kalijaga, ini telah bertemu dan akur kembali dengan orangtuanya. 

Sebelum kabar ini, Alma juga sempat ramai dibicarakan terkait pernikahannya dengan hafiz al-Quran, Taqy Malik. Menikah secara ta’aruf, sayangnya rumah tangga Alma dan Taqy hanya bertahan beberapa bulan saja. Keduanya resmi diputus cerai pada Februari 2018 lalu. Lantas, seperti apa perjalanan cinta Salmafina Sunan dan Taqy Malik? Berikut Popbela berikan ulasannya.

1. Awalnya dikenal sebagai remaja kekinian

Hanya Nikah 3 Bulan, Ini Perjalanan Cinta Salmafina Sunan & Taqy MalikInstagram.com/salmafinasunan

Sebelum berhijrah, Alma terkenal senang bergaya seksi dan hidup glamor. Putri sulung Sunan Kalijaga ini juga kerap menghabiskan waktu di kelab malam bersama para sahabatnya yang tak lain merupakan selebgram Awkarin dan Sarah Gibson. 

2. Memutuskan berhijrah

Hanya Nikah 3 Bulan, Ini Perjalanan Cinta Salmafina Sunan & Taqy MalikInstagram.com/salmafinasunan

Perlahan, Alma pun memutuskan untuk berhijrah dan mulai menutup auratnya pada Juli 2017. Bahkan, ia juga semakin rajin mengikuti kajian-kajian Islami. Perubahan penampilan ini cukup mengejutkan, tapi disyukuri banyak pihak. 

3. Mulai mencari pasangan hidup yang serius

Hanya Nikah 3 Bulan, Ini Perjalanan Cinta Salmafina Sunan & Taqy MalikInstagram.com/salmafinasunan, taqy_malik

Saat awal berhijrah, Alma mengaku ingin menemukan pendamping hidup, tapi bukan dengan pacaran. Ia pun mulai mencari pasangan yang serius dan memang ingin menikah. Dara berusia 20 tahun ini meminta ditunjukkan jodohnya lewat salat istikharah

4. Mengirim sinyal ta’aruf pada Taqy Malik

Hanya Nikah 3 Bulan, Ini Perjalanan Cinta Salmafina Sunan & Taqy Malikidntimes.com, Instagram.com/salmafinasunan

Akhirnya, Alma menemukan akun Instagram Taqy Malik dan langsung jatuh hati pada hafiz al-Quran ini. Alma yang kagum ini pun kemudian menyampaikan pesan melalui Direct Message (DM) Instagram, namun sempat lama nggak direspons oleh Taqy. Hingga akhirnya DM Alma pun dibalas oleh Taqy dan terjadilah percakapan panjang antara keduanya.  

5. Mantap menikah di usia belia

Hanya Nikah 3 Bulan, Ini Perjalanan Cinta Salmafina Sunan & Taqy MalikInstagram.com/hijazpictura

Taqy kemudian mengajak Alma menjalani ta’aruf daripada pacaran. Alma kemudian melakukan salat istikharah dan merasa bahwa Taqy adalah jawaban dari doanya tersebut. Meski baru berkenalan selama 2 minggu, keduanya sudah mantap untuk menikah. Saat itu, usia mereka masih belia, Alma berusia 18 tahun sementara Taqy 20 tahun.

6. Taqy siap membimbing Alma

Hanya Nikah 3 Bulan, Ini Perjalanan Cinta Salmafina Sunan & Taqy MalikInstagram.com/hijazpictura

Taqy dan Alma pun akhirnya resmi menikah pada 16 September 2017 di Masjid Ramlie Musofa, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Saat itu, ada beberapa penggemar yang mempertanyakan keputusan Taqy untuk menikahi Alma karena masa lalunya. Namun, hafiz muda itu tetap teguh pada pilihannya dan siap membimbing Alma agar lebih baik dari sebelumnya. 

7. Seminggu menikah langsung LDR

Hanya Nikah 3 Bulan, Ini Perjalanan Cinta Salmafina Sunan & Taqy Malikidntimes.com, Instagram.com/taqy_malik

Sayangnya, baru beberapa hari menikmati manisnya rumah tangga berdua, Taqy harus terbang ke Mesir untuk melanjutkan pendidikan di Al Azhar University, Kairo. Alma pun sempat menangis saat mengantarkan suaminya ke bandara. 

8. Curhat soal rumah tangganya di Instagram

Hanya Nikah 3 Bulan, Ini Perjalanan Cinta Salmafina Sunan & Taqy Malikidntimes.com, Instagram.com/taqy_malik

Entah apa yang terjadi, selang seminggu dari kepergian suaminya ke Mesir, Alma menghapus foto-foto pernikahannya dengan Taqy. Dia juga mengunggah curhatan ke Instagram yang bernada galau. Sunan Kalijaga pun buka suara bahwa rumah tangga putri dan menantunya baik-baik saja. Keduanya hanya sedang merasa rindu karena berjauhan. 

9. Alma diceraikan lewat telepon

Hanya Nikah 3 Bulan, Ini Perjalanan Cinta Salmafina Sunan & Taqy MalikInstagram.com/salmafinasunan

Di usia pernikahan yang masih seumur jagung, Taqy menjatuhkan talak satu pada 20 November 2017 lewat sambungan telepon. Hal ini pun memicu reaksi keras dari Sunan Kalijaga. Melalui Instagram, pengacara tersebut meminta Taqy mengantarkan anaknya dengan cara yang baik, seperti saat ia meminta izin untuk menikahi Alma.  

10. Pernikahan hanya bertahan selama 3 bulan

Hanya Nikah 3 Bulan, Ini Perjalanan Cinta Salmafina Sunan & Taqy Malik

Pernikahan Alma dan Taqy pun hanya berjalan tiga bulan saja. Dalam sebuah acara televisi, Taqy membeberkan alasannya menceraikan perempuan kelahiran 13 Agustus 1999 tersebut. Menurut Taqy, Alma nggak mau dibimbing, sering melawan, dan kerap mengumbar aib rumah tangga ke publik. Keduanya pun resmi diputus bercerai oleh pengadilan pada 21 Februari 2018. 

Baca Juga: Perubahan Drastis Salmafina