Daniel Mananta dikenal sebagai artis yang cukup tertutup mengenai kisah asmaranya. Mantan VJ MTV ini bahkan tak pernah mengekspos kehidupan rumah tangganya dengan Viola Maria ke publik. Alhasil, rumah tangga Daniel dan Viola tampak jauh dari gosip miring.

Namun siapa sangka, Daniel justru membeberkan fakta yang tak terduga. Pemain film A Man Called Ahok itu mengaku rumah tangganya pernah hampir kandas. Pengakuan tersebut diketahui lewat video yang diunggah ke kanal YouTube “ARI LASSO TV” pada 1 Juni 2020.

1. Alasan Daniel sembunyikan rumah tangganya

Hampir Kandas, Ini 5 Fakta Rumah Tangga Daniel ManantaInstagram.com/vjdaniel

Tak banyak yang tahu kalau Daniel Mananta telah menikah dengan bule asal Jerman, Viola Maria. Padahal, keduanya telah resmi jadi pasangan suami istri pada 2011 dan kini sudah memiliki dua anak. Secara terang-terangan, Daniel mengaku memang tak ingin mengekspos keluarganya. Alasannya, ia nggak mau istri dan anak-anaknya menjadi konsumsi publik, atau bahkan sampai merasakan sakit hati akibat ulah tangan jahil netizen.

2. Pernikahannya hampir kandas

Hampir Kandas, Ini 5 Fakta Rumah Tangga Daniel ManantaInstagram.com/maisonmet

Selama ini, banyak yang mengira jika rumah tangga Daniel dan Viola selalu harmonis dan tak pernah mengalami masalah. Namun siapa sangka, Daniel justru memberikan fakta mengejutkan. Pembawa acara Indonesian Idol ini blak-blakan mengakui bahwa rumah tangganya sempat hampir kandas.

“Tahun kelima atau keenam kemarin itu kita benar-benar mendapat badai yang sangat intens. Sampai gue mikir istri gue akan meninggalkan gue di Indonesia, dia akan balik ke Jerman bawa dua anak gue. Seintens itu. It was definitely the lowest point of my life."

3. Takut dan mencoba perbaiki

Hampir Kandas, Ini 5 Fakta Rumah Tangga Daniel ManantaInstagram.com/ruangduasembilan

Pada saat itu, Daniel mengaku takut kalau rumah tangganya harus berakhir. Meski tak menyebutkan secara rinci apa masalah yang mereka hadapi, tapi Daniel mengatakan jika itu adalah kesalahannya. Presenter berusia 38 tahun tersebut pun berusaha untuk memperbaiki biduk rumah tangganya dengan Viola.

"Gue benar-benar kayak ketakutan banget. Gue ingat, gue lihat istri, gue nangis habis-habisan, nangis banget. Istri melihat ke gue, dia juga nangis. Gue bilang sama dia, 'Sorry banget, tapi gue tahu pernikahan kita nggak akan pernah sama lagi. Sudah ada, ibaratnya, pot yang pecah, sudah retak, untuk kita lem lagi terus jadi pot yang sama itu sudah nggak mungkin.'"

4. Merasa hidup dalam kebohongan

Hampir Kandas, Ini 5 Fakta Rumah Tangga Daniel ManantaInstagram.com/delonthamrinofficial

Menurut Daniel, saat itu adalah titik terendah dalam hidupnya. Ia bahkan baru menyadari kalau selama ini ia seperti hidup dalam kebohongan, di mana orang menilai pernikahannya terlihat harmonis.

"Istri gue bilang, 'Yes, lo benar, pernikahan kita nggak akan pernah sama lagi, it can only get better from here.' Gue kaget. Jadi, maksudnya dia bilang, 'Selama enam tahun terakhir ini kita hidup dalam sebuah kebohongan dan untuk pertama kalinya sekarang ini memang kita ada di saat paling rendah banget, tapi mulai sekarang it can only get better karena kita sudah bukan lagi hidup dalam pernikahan yang hanya kelihatan harmonis.'"

5. Membuat buku berdasarkan pengalaman rumah tangganya

Hampir Kandas, Ini 5 Fakta Rumah Tangga Daniel ManantaInstagram.com/vjdaniel

Sejak rumah tangganya nyaris berakhir, kini Daniel dan Viola berusaha menjadi pasangan suami istri yang ideal. Daniel perlahan juga mulai terbuka soal keluarganya ke publik. Laki-laki kelahiran 14 Agustus 1981 ini juga ingin membagi kisah rumah tangganya melalui buku, dengan harapan banyak pernikahan yang akan terselamatkan setelah membaca buku yang ia tulis bersama sang istri itu.

"Dari yang tadinya gue umpetin pernikahan gue, sekarang kita malah nulis buku tentang pernikahan kita, tentang kehancuran-kehancuran gue lebih banyaknya, ya. Yang tadinya selama ini gue sudah membangun kehidupan profesional gue sesempurna mungkin, sekarang gue akan membuka kehidupan pribadi gue. Intinya, gue ingin banget kasih tahu, melalui buku ini, sehancur-hancurnya pernikahan lo, masih ada harapan, kok, karena ternyata itu terjadi sama gue."

Dari cerita Daniel Mananta dan Viola Maria ini kita jadi sadar bahwa tak ada pernikahan yang sempurna dan selalu harmonis. Pasti akan ada masalah dan kerikil yang harus dihadapi. Namun, semuanya pasti akan ada solusi yang bisa membuat rumah tangga kokoh kembali.

Baca Juga: Nggak Banyak yang Tahu, Begini Gaya Istri Daniel Mananta

Baca Juga: Akhirnya Go Public! Ini 8 Foto Romantis Daniel Mananta dan Istrinya

Baca Juga: Selain Daniel Mananta, 4 Pasangan Artis Ini Rahasiakan Pernikahannya