Prahara rumah tangga yang terjadi antara keyboardis Sabyan Gambus, Ayus Sabyan, dengan mantan istrinya, Ririe Fairus, kini kembali menjadi perbincangan hangat netizen. Sejak resmi bercerai pada 24 Maret 2021, Ririe memang tak pernah terang-terangan membongkar aib dalam rumah tangganya. Padahal, isu adanya perselingkuhan antara Ayus dengan vokalis grup Sabyan Gambus, Nissa Sabyan, sudah tersebar luas di media. 

Sekian lama bungkam, akhirnya Ririe buka suara untuk pertama kalinya. Ibu dua anak ini menceritakan saat mengetahui perselingkuhan Ayus serta alasannya menggugat cerai. Pengakuan tersebut ia sampaikan saat berbincang dengan Maia Estianty di kanal YouTube MAIA AL EL DUL TV. Seperti apa kisahnya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Tak menyangka Ayus berselingkuh dengan Nissa

Ririe Fairus Blak-blakan Soal Perselingkuhan Ayus dan Nissa SabyanInstagram.com/nissa_sabyan, ririe_fairus

Ririe Fairus akhirnya buka suara soal isu perselingkuhan yang menjadi penyebab perceraiannya. Ia mengaku sangat kaget saat pertama kali mengetahui isu hubungan terlarang antara Ayus dan Nissa. Ia tak menyangka suaminya akan berselingkuh dengan salah satu orang yang sangat dekat dengan keluarganya.

“Nggak nyangka sih, sampai aku tanya ke teman-teman,” kata Ririe.

2. Bertanya pada teman-teman soal kedekatan Ayus dan Nissa

Ririe Fairus Blak-blakan Soal Perselingkuhan Ayus dan Nissa SabyanInstagram.com/nissa_sabyan, ririe_fairus

Saat pertama kali mengetahui soal kedekatan antara Ayus dan Nissa Sabyan, Ririe mengaku masih tetap berusaha berpikir jernih. Ia pun memilih untuk bertanya dengan teman-temannya Ayus dan Nissa soal kedekatan mereka, ketimbang langsung menuduh keduanya.

"Sebelum nanya ke mantan suami, aku nggak langsung bilang, ‘Kamu sama dia kayak gini?', nggak. Aku tanya orang-orang sekeliling lingkungan dia dulu, 'Ini sama dia gimana sih hubungannya', dekat apa nggak gitu, mastiin dulu,” lanjutnya.

3. Ayus tak menyangkal telah berselingkuh

Ririe Fairus Blak-blakan Soal Perselingkuhan Ayus dan Nissa SabyanInstagram.com/nissa_sabyan, ririe_fairus

Setelah mengumpulkan banyak bukti, perempuan bernama asli Eri Fitriyah ini akhirnya bertanya secara baik-baik pada sang suami. Saat itu, Ayus sama sekali tak menyangkal soal adanya perselingkuhan antara dirinya dengan Nissa.

"Aku menegur baik-baik ke mantan suami dan Alhamdulillah mantan bukan orang yang pembohong, kalau memang suka ya suka dan dia tidak menyangkal," tuturnya.

4. Sakit hati Ririe mengetahui perselingkuhan suaminya

Ririe Fairus Blak-blakan Soal Perselingkuhan Ayus dan Nissa SabyanInstagram.com/ririe_fairus

Di tengah perbincangan tersebut, Maia Estianty yang pernah merasakan sakitnya diselingkuhi dengan orang terdekatnya juga bertanya soal perasaan Ririe saat mengetahui pengkhianatan sang suami. Perempuan berusia 32 tahun ini pun mengungkapkan perasaan sakit hatinya.

“Nano-nano, rasanya luar biasa. Nggak bisa diungkapin, sih, sakitnya. Sakitnya kayak mati rasa. Karena aku pacaran sama beliau itu lama banget dan kita nggak pernah ada kata putus, apalagi selingkuh. Pacaran 8 tahun, saat pernikahan ada peristiwa kayak gitu, benar-benar sakit banget," ungkap Ririe.

5. Sampai turun berat badan drastis

Ririe Fairus Blak-blakan Soal Perselingkuhan Ayus dan Nissa SabyanInstagram.com/ririe_fairus

Pada awalnya, Ririe memendam permasalahan rumah tangganya sendiri tanpa memberitahukan pada siapa pun, termasuk orangtuanya. Hingga akhirnya orangtuanya curiga setelah melihat perubahan tubuh Ririe yang semakin kurus dan tak lagi ceria. 

“Pas tahu (perselingkuhan Ayus), aku nggak langsung kasih tahu ke orangtua. Beberapa bulan baru orangtua tahu sendiri karena dari hari ke hari, aku kelihatan beda banget. Nggak ceria, makin kurus. Selama enam hari, aku turun 6 kilo nggak bisa makan apa-apa, benar-benar nggak nafsu,” ucapnya.

6. Sempat berusaha memperbaiki rumah tangga

Ririe Fairus Blak-blakan Soal Perselingkuhan Ayus dan Nissa SabyanInstagram.com/ririe_fairus

Ririe tak serta-merta pasrah membiarkan rumah tangganya berakhir begitu saja. Perempuan berhijab ini sempat berupaya untuk memperbaiki rumah tangganya karena ia masih mencintai sang suami. Namun sayang, meski sudah dua tahun berupaya memperbaiki dan berharap suaminya kembali kepadanya, nyatanya pernikahan mereka tak lagi bisa dipertahankan.

“Pas diselingkuhin ya kayak, 'Gue sayang, gue cinta, gue nggak mau pisah dari dia’. Berantem sama diri sendiri, ‘Ayo harus percaya kalau dia bakal kembali seutuhnya’,” kata Ririe.

"Berusaha memperbaiki diri, sikap, nunjukin ke suami kalau aku bisa lebih baik. Sampai tanya, salahku apa, kurangnya aku apa, ayo sebutin, bisa diperbaiki kok sebelum terlambat. Sampai kayak gitu ke suami. Kayak maksa buat seutuhnya ke aku gitu,” tuturnya.

7. Tangis Ririe mengingat dukungan adik ipar

Ririe Fairus Blak-blakan Soal Perselingkuhan Ayus dan Nissa SabyanInstagram.com/ririe_fairus

Ririe mengaku tak mau membongkar aib suaminya ke publik. Namun, skandal perselingkuhan itu akhirnya terungkap ke media hingga akhirnya bikin heboh. Pada masa-masa terpuruknya itu, Ririe mengaku mendapat dukungan untuk bangkit dari adik iparnya. Ia sampai menangis ketika mengingat adik Ayus mengklarifikasi soal kabar perselingkuhan sang kakak.

"Adik ipar aku. Dia yang benar-benar support banget, sampai dia benar-benar berani ngomong di media buat ngejelasin gitu. Karena memang butuh klarifikasi kan, ini gosip atau gimana, takut fitnah. Akhirnya adik ipar aku mau benar-benar membuka, padahal itu abangnya sendiri. Dia tahu banget perjuangan aku dari...," seketika Ririe tak bisa melanjutkan ceritanya karena tak kuasa menahan tangis.

8. Memutuskan berpisah baik-baik

Ririe Fairus Blak-blakan Soal Perselingkuhan Ayus dan Nissa SabyanInstagram.com/ririe_fairus

Setelah dua tahun mencoba memperbaiki rumah tangganya, akhirnya Ririe menyerah. Ia memutuskan untuk bercerai dari suami yang telah memberikannya dua anak tersebut. Perpisahan menjadi jalan terbaik karena Ririe merasa selalu gelisah setelah mengetahui perselingkuhan yang dilakukan oleh Ayus.

"Karena sudah nggak tahan, namanya sudah diselingkuhi akhirnya nggak percaya. Apa pun yang dia lakuin itu bikin aku gelisah. Nggak tahu, sugesti kali, ya, karena sudah disakitin, sudah pernah diselingkuhin, jadi ya nggak tenang saja hidupnya. Jadi kayaknya kita harus udahan, deh. Kan nggak mau ditegur mulu, dicurigain mulu. Jadi ya sudah, yuk, kita udahan saja," ungkapnya.

"Jadi kita pisah tuh bukan di saat lagi marah, lagi emosi. Jadi benar-benar di titik, yuk kita ngobrol ke depannya kita gimana. Kayaknya harus pisah, deh," jelas Ririe.

https://www.youtube.com/embed/GXTNuHrV4cg

Baca Juga: Pesona Ririe Fairus, Istri Ayus 'Sabyan' yang Tampil Simpel dan Chic

Baca Juga: 10 Fakta Tersembunyi Ririe Fairus, Istri Ayus Sabyan

Baca Juga: Dibongkar Keluarga, Ini 7 Fakta Perselingkuhan Nissa Sabyan dan Ayus

Baca Juga: Maia Estianty Blak-blakan tentang Suami, Cerita Soal Perjanjian Nikah