Bagi pasangan yang telah menjalin hubungan serius tentunya ingin segera melangkah ke jenjang yang lebih tinggi, seperti pernikahan. Namun sebelum memutuskan untuk menikah, banyak pasangan yang memilih untuk menggelar acara pertunangan lebih dulu. Pertunangan merupakan langkah serius yang nggak boleh dianggap sebelah mata, lho. Kamu perlu memikirkan beberapa hal matang-matang sebelum melangkah agar kamu nggak merasa memilih orang yang salah. 

Seorang life coach dari Blush Online Life Coaching bernama Charlotte Slocum mengatakan sebelum memutuskan untuk melangkah pada hubungan yang lebih serius, kamu harus menyamakan tujuan masa depan antara dirimu dengan pasangan. Melansir dari Elite Daily, inilah 7 hal yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan bertunangan dengannya.

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Bertunangan

Pertunangan artinya sebentar lagi kamu akan memutuskan untuk menikah dan menghabiskan sisa hidupmu bersama pasangan. Hal pertama yang harus kamu ketahui darinya adalah tentang bagaimana cara dia saat menghadapi situasi sulit.

Menurut Charlotte Slocum, dari sini kamu akan mengetahui bagaimana pasanganmu menghadapi perubahan besar yang mungkin akan terjadi dalam kehidupannya. Tentunya kamu tahu jika dalam rumah tangga pasti ada suka dukanya dan kalian harus tetap bertahan meski berada di masa-masa sulit sekalipun.

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Bertunangan

Hal lain yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan bertunangan dengannya adalah kamu harus mengetahui apa kebiasaan buruknya. Sebelumnya kamu harus sadar bahwa nggak ada orang yang sempurna, di mana mereka pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Setiap orang juga memiliki kebiasaannya masing-masing yang mungkin sulit untuk diubah.

Jika kamu mencintainya, maka kamu harus paham kalau kamu nggak boleh egois dan memaksanya berubah seperti sosok yang kamu inginkan. Seiring berjalannya waktu, mungkin ada beberapa kebiasaan buruknya yang perlahan bisa diubah, tapi bukan berarti karakternya akan berubah.

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Bertunangan

Keuangan memang menjadi poin penting yang harusnya bisa dibicarakan sejak awal. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk bertunangan, kamu juga harus mengetahui bagaimana pasanganmu mengatur keuangan. Apakah dia sosok yang hemat dan pintar menabung atau justru sangat boros menghabiskan uang. Kalau kalian sama-sama memiliki pandangan yang sama dalam mengatur keuangan, tentunya ini menjadi poin positif dalam hubungan kalian. Jika salah satunya boros sementara yang lain bisa menjadi “penyelamat” keuangan, maka ini pun nggak jadi masalah.

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Bertunangan

Keluarga adalah sosok yang paling mengetahui sifat dan karakteristik pasanganmu. Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui bagaimana kedekatan pasanganmu dengan keluarganya. Apakah dia selalu meluangkan waktu untuk keluarganya atau justru lebih senang menghabiskan waktu sendirian saja? Banyak yang menyebut jika laki-laki yang penyayang akan terlihat dari caranya memperlakukan orangtua mereka. Tentu ini bisa menjadi salah satu kunci untuk melihat seperti apa karakteristik pasanganmu yang sesungguhnya.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui seperti apa karakter keluarga pasanganmu ini, apakah keluarganya merupakan tipe yang suka ikut campur dalam masalah pribadi kalian atau nggak. Setelah berumah tangga nanti, sebaiknya selesaikanlah masalah hanya berdua saja. Sebisa mungkin, jangan sampai keluarga masing-masing ikut turun tangan karena nantinya dikhawatirkan akan membuat masalah semakin runyam.

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Bertunangan

Ini juga jadi salah satu hal penting yang harus dibicarakan sejak awal. Pasalnya, sebagian orang memilih untuk menunda punya anak sementara ada juga yang ingin langsung punya anak setelah menikah. Pembicaraan soal anak ini juga harus disepakati bersama karena nantinya kamu akan hidup bersama dengannya. Jangan sampai hal ini justru menjadi permasalahan lagi ke depannya.

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Bertunangan

Mengerjakan tugas rumah tangga itu nggak mudah, lho. Biasanya semua pekerjaan rumah tangga ini diserahkan pada perempuan seorang diri, padahal sebenarnya laki-laki juga memiliki andil untuk membantu. Oleh karena itu, sebelum memutuskan bertunangan, coba tanyakan padanya apakah ia siap untuk berbagi pekerjaan rumah tangga bersama? Bantuan sedikit darinya akan berarti besar karena ini menunjukkan kalau dia juga peduli terhadapmu.

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Bertunangan

Dalam pernikahan kelak, adakalanya kalian merasa bahagia, tapi ada juga saatnya kalian berada di masa-masa sulit. Menikah berarti kamu siap berada di sisinya, baik suka maupun duka. Maka dari itu, kamu harus benar-benar mengetahui bagaimana pandangannya tentang sebuah pernikahan. Selain itu, nggak ada salahnya juga jika kamu bertanya tentang perceraian kepadanya. Bukan berarti kamu sudah berencana untuk berpisah, tapi seenggaknya kamu sudah tahu apa yang dia pikirkan tentang hal terburuk yang mungkin bisa terjadi.

Menurut kamu apa lagi yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk bertunangan? Beri tahu di kolom komentar, ya!

BACA JUGA: 6 Tanda Kamu Bertunangan dengan Orang yang Salah