Poligami memang masih menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, tak sedikit perempuan yang terang-terangan mengatakan tak mau dimadu oleh suaminya. Tak hanya masyarakat biasa, para artis Tanah Air pun banyak yang mengaku enggan suaminya menikah lagi.

Kendati demikian, beberapa laki-laki memutuskan untuk tetap melakukan poligami. Sayangnya, hal tersebut justru berimbas pada rumah tangganya dengan sang istri pertama. Seperti deretan artis berikut ini yang memilih bercerai karena suaminya berpoligami.

1. Cinta Penelope

Tak Mau Dimadu, Pernikahan 8 Artis Ini Kandas Karena PoligamiInstagram.com/princess_cinta_penelope

Cinta Penelope menikah dengan Dony Hermawan pada 6 Juni 2014. Sayangnya, pernikahan mereka hanya bertahan selama 10 bulan saja. Cinta memutuskan mengakhiri rumah tangganya lantaran Dony diam-diam sudah berpoligami. Padahal, pelantun lagu Keong Racun itu sudah memberi peringatan sebelumnya, jika sang suami ingin menikah lagi, dirinya siap dipoligami asalkan jujur sejak awal. Cinta akhirnya melayangkan gugatan cerai pada 21 April 2015 ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

2. Rieke Diah Pitaloka

Tak Mau Dimadu, Pernikahan 8 Artis Ini Kandas Karena PoligamiInstagram.com/riekediahp

Artis yang aktif di dunia politik ini menggugat cerai suaminya, Donny Gahral Adian, di Pengadilan Agama Depok pada 15 Desember 2014. Rumah tangga yang telah dibangun selama 9 tahun tersebut kandas lantaran Donny mendua tanpa sepengetahuan Rieke. Sebelum bercerai, Donny sempat menawari Rieke untuk tetap menjaga status pernikahan mereka demi karier masing-masing. Namun, pemeran Oneng dalam sinetron Bajaj Bajuri itu lebih memilih untuk bercerai daripada dimadu.

3. Peggy Melati Sukma

Tak Mau Dimadu, Pernikahan 8 Artis Ini Kandas Karena PoligamiDok. internet

Peggy Melati Sukma harus ikhlas menerima kenyataan bahwa rumah tangganya dengan Wisnu Tjandra hanya bertahan selama 4 tahun. Pemain sinetron Gerhana ini melayangkan gugatan cerai karena sang suami melakukan poligami. Diam-diam, Wisnu menikahi model yang juga penyanyi, Leenda Harahap, di tahun 2010 saat statusnya masih sebagai suami Peggy. Karena enggan diduakan, Peggy pun memutuskan untuk bercerai dari Wisnu pada 2011 silam.

4. Nia Daniati

Tak Mau Dimadu, Pernikahan 8 Artis Ini Kandas Karena PoligamiInstagram.com/niadaniatynew

Rumah tangga Nia Daniati dengan Farhat Abbas memang dikenal penuh kontroversi. Pasangan ini menikah pada 2002 silam. Namun, pernikahan tersebut harus kandas lantaran Farhat memutuskan untuk menikah lagi. Pengacara sensasional itu bahkan secara terbuka meminta izin pada Nia untuk berpoligami. Karena tak mau dipoligami oleh suaminya, Nia pun menggugat cerai Farhat pada 27 Januari 2014.

5. Dewi Yull

Tak Mau Dimadu, Pernikahan 8 Artis Ini Kandas Karena PoligamiInstagram.com/dewiyullofficial

Lamanya menjalani biduk rumah tangga rupanya tak menjamin bahwa pernikahan tersebut akan langgeng selamanya. Hal ini terjadi pada pasangan Dewi Yull dan Ray Sahetapy. Keduanya menikah pada 1981, tapi bercerai pada 2004 silam. Alasan perceraiannya pun cukup mengiris hati, yakni karena Dewi Yull menolak dimadu. Setelah dua tahun bercerai, Ray menikahi seorang dosen seni bernama Sri Respatini Kusumastuti. Sementara itu, Dewi Yull juga telah menikah lagi pada 2008, tapi ia memilih untuk tak mengekspos sang suami.

6. Opick

Tak Mau Dimadu, Pernikahan 8 Artis Ini Kandas Karena PoligamiInstagram.com/opick_tomboati

Penyanyi religi, Opick, sempat menggegerkan publik karena kisruh rumah tangganya dengan sang istri, Dian Rositaningrum. Hal ini berawal dari curhatan Dian bahwa pelantun lagu Tombo Ati tersebut telah melakukan poligami. Saat Dian ingin mempertahankan rumah tangganya, justru Opick-lah yang tak mau menceraikan istri keduanya yang bernama Wulan Mayangsari. Dian akhirnya memilih menggugat cerai Opick pada Maret 2018. Pernikahan yang sudah berjalan selama 16 tahun itu pun kandas di tengah jalan.

7. Ustaz Al Habsyi

Tak Mau Dimadu, Pernikahan 8 Artis Ini Kandas Karena PoligamiInstagram.com/ahmadalhabsyi_real

Sama seperti Opick, Ustaz Al Habsyi juga mengejutkan masyarakat karena ketahuan telah berpoligami tanpa sepengetahuan sang istri, Putri Aisyah Aminah, dan keluarga besarnya. Putri baru mengetahui suaminya menikah lagi melalui telepon dan WhatsApp. Parahnya lagi, Putri telah dipoligami selama 7 tahun, bahkan ustaz Al Habsyi sudah memiliki 2 anak dari pernikahan keduanya itu. Karena hal itu, Putri pun menggugat cerai suaminya dan berpisah pada November 2017.

8. Kiwil

Tak Mau Dimadu, Pernikahan 8 Artis Ini Kandas Karena PoligamiDok. internet

Kiwil menikah dengan istri pertamanya, Rochimah, pada 28 Februari 1998 dan dikaruniai 4 anak. Kemudian pada 2003, ia kembali menikah dengan Meggy Wulandari. Komedian kelahiran 10 Agustus 1972 itu berhasil mempertahankan rumah tangga poligaminya selama 17 tahun. Namun di awal 2020, Meggy melayangkan gugatan cerai terhadap suaminya. Setelah bercerai dari Meggy, Kiwil kembali berpoligami dan menikahi Eva Bellisima. Lelah dengan sikap suaminya, Rochimah pun menggugat cerai Kiwil setelah 22 tahun berumah tangga. Tak hanya itu, Eva juga memilih mengakhiri pernikahannya dengan Kiwil yang hanya bertahan selama 2 bulan.

Baca Juga: 5 Seleb yang Langgeng Berpoligami, Istri Pertama & Kedua Akur Banget!

Baca Juga: Alasan Manusia Melakukan Hubungan Monogami, Bukan Poligami

Baca Juga: Syarat dan Hukum Poligami di Indonesia