Tunangan merupakan salah satu langkah sebelum menuju hari pernikahan. Ketika sepasang kekasih memutuskan bertunangan, ini menandakan bahwa keduanya telah bersepakat menjadi suami istri dan mengumumkannya di depan orang banyak.  

Dalam acara pertunangan, biasanya terdapat prosesi penyematan cincin di jari manis perempuan, kadang juga di jari kedua calon pengantin. Maka dari itu, cincin tunangan menjadi barang yang nggak boleh terlupakan dalam momen spesial ini. Kali ini, Popbela akan mengupas tuntas tentang cincin pernikahan, mulai dari bahan, model terbaru, hingga inspirasi foto cincin tunangan. 

Bahan cincin tunangan

Cincin adalah hal yang penting dalam prosesi pertunangan karena menjadi simbol pengikat antara perempuan dan laki-laki. Selain memerhatikan keindahan cincinnya, kamu juga perlu memerhatikan sisi kenyamanan dan kebutuhan masing-masing pasangan. Untuk itu, pemilihan bahan cincin tunangan pun harus dilakukan dengan saksama. Nah, inilah 5 bahan cincin tunangan yang sering digunakan calon pengantin. 

1. Emas

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model Terbaruzalesoutlet.com

Cincin emas merupakan salah satu yang paling umum dipilih untuk pertunangan. Emas dinilai sebagai logam mulia yang tahan terhadap perubahan kimia alias anti korosi. Logam mulia ini memiliki 2 jenis, yakni emas kuning dan emas putih. Meski populer, tapi nggak semua orang dapat memakai cincin emas. Seperti diketahui, laki-laki beragama Islam memang dilarang menggunakan perhiasan dari emas sehingga mereka cenderung akan memilih cincin dari bahan yang lain. 

2. Perak

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model Terbarutinnivi.com

Perak juga terbilang populer sebagai bahan dasar perhiasan. Walaupun perak lebih rentan pudar dan nggak tahan gores dibanding logam lainnya, tapi kilau perak terlihat cantik dan menawan. Terlebih lagi, kini banyak perak yang dilapisi dengan rhodium sehingga memiliki warna dan daya tahan yang lebih baik. Menariknya lagi, perak lebih ringan daripada emas sehingga harganya pun relatif lebih murah.  

3. Platinum

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model Terbarujianlondon.com

Di antara banyak bahan cincin tunangan yang ada di pasaran, cincin platinum memiliki nilai yang paling mahal. Platinum merupakan logam putih yang memiliki sejumlah kelebihan yang nggak dimiliki logam lain. Di antaranya nggak mudah korosi, nggak menyebabkan alergi pada kulit, dan memiliki tampilan warna yang menarik. Tertarik memakainya, Bela? 

4. Titanium

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model Terbarutitanium-jewelry.com

Titanium adalah salah satu logam yang paling sulit dibedakan dengan logam lainnya. Maka dari itu, perlu hati-hati saat akan membelinya. Meski bukan termasuk jenis logam mulia, tapi titanium terkenal ringan dan kuat. Selain itu, titanium juga memiliki tampilan yang menarik dan harganya relatif lebih terjangkau. Sayangnya, logam ini dapat menimbulkan alergi pada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif. 

5. Palladium

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model Terbaruamazon.com

Jika kamu menginginkan cincin tunangan yang hampir mirip dengan platinum maupun emas putih tapi dengan harga yang lebih terjangkau, maka palladium solusinya. Palladium termasuk jenis logam langka yang memiliki beberapa kelebihan. Mulai dari bobotnya yang ringan, warna yang indah, awet, serta nggak menimbulkan alergi. Nggak hanya itu, dibandingkan dengan platinum dan emas, palladium ini lebih tahan goresan, lho!

Inspirasi foto cincin tunangan

Sudah memilih bahan yang terbaik, jangan lupa mengabadikan cincin tunangan ini dalam sebuah foto. Untuk mendapatkan hasil yang menarik dan berkesan, kamu dapat menconteknya lewat inspirasi foto cincin tunangan para artis Tanah Air berikut ini. 

1. Di dalam kotak cincin yang unik

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model TerbaruInstagram.com/_irishbella_

Pemilihan kotak cincin memberi pengaruh besar pada hasil foto cincin tunangan kamu. Kini, banyak desain kotak cincin yang cantik, unik, dan berkesan. Salah satunya kotak bertema tanaman yang indah milik pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni ini. 

2. Di atas kertas bertuliskan puisi romantis

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model TerbaruInstagram.com/yuanitachrist

Agar terkesan dramatis, kamu dapat meletakkan cincin tunangan kalian di atas selembar kertas bertuliskan puisi romantis. Inspirasi foto cincin milik Yuanita Christiani ini terlihat simpel tapi berkesan kan, Bela? 

3. Tambahkan bunga yang cantik

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model TerbaruInstagram.com/whulandary

Ingin yang lebih simpel lagi? Gampang! Letakkan saja cincin kamu dan pasangan dengan latar serba putih. Kemudian, tambahkan 2 bunga kecil di sebelahnya untuk mempermanis foto tersebut. Inspirasi foto cincin tunangan milik Whulandary Herman ini patut kamu coba, deh! 

4. Di dalam tabung kaca

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model TerbaruInstagram.com/angbeenrishi

Bosan dengan cincin yang berada di dalam kotak? Cobalah masukkan cincin tersebut ke dalam sebuah tabung kaca yang sudah dihias dengan daun dan bunga-bunga sebelumnya. Terlihat cantik seperti milik pasangan Adly Fairuz dan Angbeen Rishi ini. 

5. Di kelopak mawar

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model TerbaruInstagram.com/adellejewellery

Bunga mawah merah selalu identik dengan perasaan cinta yang begitu besar. Maka dari itu, kamu dapat mencoba mengabadikan cincin tunangan kalian di atas kelopak mawar seperti ini. 

Model cincin tunangan terbaru

Saat ini, semakin banyak model cincin tunangan yang dapat kamu pilih. Bahkan, model-model tersebut juga selalu berubah seiring berjalannya waktu. Memang sih, masih banyak pasangan yang menyukai model cincin tunangan yang klasik. Namun, untuk kamu yang ingin tahu seperti apa model cincin tunangan terbaru yang ngetren di tahun 2019, Popbela akan memberitahukannya di sini!

1. Asymmetric Designs

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model Terbarutheknot.com

2. Delicate and Distinctive Halos

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model Terbarutheknot.com

3. Stacked and Nested Rings

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model Terbarutheknot.com

4. Contemporary Three-Stone Rings

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model Terbarutheknot.com

5. Vintage Inspired

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model Terbarulovelybride.com

6. Mixed Metals with a Cushion-Cut Diamond

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model Terbarubrides.com

7. Surprising Shapes

Cincin Tunangan: Bahan, Inspirasi Foto, dan Model Terbarubrides.com

Gimana, Bela? Apakah kamu sudah mendapatkan gambaran mengenai cincin pertunanganmu dengan si dia? Jadikan momen spesial ini berkesan dan selalu diingat sepanjang masa, ya!

Baca Juga: Letak Cincin Tunangan, Dipasang di Jari Mana?