Tak bisa dipungkiri, para umat Muslim menjalani bulan puasa yang sangat berbeda di Ramadan tahun ini. Virus corona yang sudah ditetapkan menjadi pandemi global membuat masyarakat harus membatasi aktivitasnya di luar ruangan dan hanya berada di rumah saja.

Rutinitas yang biasanya dilakukan saat Ramadan, seperti buka puasa bersama, salat tarawih berjamaah di masjid, hingga bersilaturahmi dengan keluarga kini terpaksa ditiadakan. Hal ini dilakukan demi memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Selama mengisi waktu Ramadan #diRumahAja, Popbela menghadirkan program “SORE CERAH: Sore-Sore Cerita Penuh Hikmah” yang ditayangkan secara online di Instagram @popbela_com. SORE CERAH hadir dalam format live Instagram bersama para perempuan berhijab yang menginspirasi.

Di minggu pertama, SORE CERAH ditemani Aryani Fitriana. Bersama Popbela, aktris berzodiak Gemini tersebut berbagi kisah tentang kegiatannya selama Ramadan di rumah saja. Seperti apa serunya? Simak, yuk!

1. Memanfaatkan waktu bersama anak-anak

Fokus ke Keluarga, 5 Cerita Aryani Fitriana Saat Ramadan #diRumahAjaInstagram.com/aryanifitriana24

Bagi sebagian orang, berada di rumah terus-menerus bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi bagi mereka yang sering menghabiskan waktu di luar rumah. Sebelum adanya pandemi COVID-19 ini, Aryani dan sang suami, Donny Michael, banyak menghabiskan waktunya untuk syuting stripping sinetron Istri Kedua. Syuting yang dilakukan setiap hari dari pagi hingga malam ini pun tak pelak membuat waktu Aryani lebih sedikit untuk kedua buah hatinya, Isco dan Aleia.

Meski sedih lantaran syuting sinetronnya harus tertunda, namun Aryani bersyukur karena masa karantina ini membuat dirinya memiliki lebih banyak waktu bersama anak-anak. Perempuan kelahiran 24 Mei 1988 ini mengungkapkan kini ia juga sering membuat vlog kegiatan bersama keluarga di kanal YouTube miliknya.

“Aku benar-benar di rumah, manfaatin waktu untuk main sama anak-anak. Karena kemarin kan sempat syuting stripping jadi nggak ada waktu juga untuk ketemu anak-anak. Selain itu, sebenarnya aku sekeluarga kan punya channel YouTube. Jadi karena di rumah, kita nge-vlog keseharian aja sih karena kita kan nggak bisa keluar sama sekali,” ungkap Aryani.

2. Suka mencoba eksplorasi masakan

Fokus ke Keluarga, 5 Cerita Aryani Fitriana Saat Ramadan #diRumahAjaInstagram.com/aryanifitriana24

Di masa karantina ini, banyak orang yang akhirnya memiliki hobi baru untuk mengisi waktu luangnya, seperti memasak atau menonton drama Korea. Begitu pula dengan Aryani. Jebolan GADIS Sampul 2002 ini mengaku sebenarnya dirinya bukanlah orang yang bisa memasak makanan rumahan. Namun saat ini, ia justru jadi lebih suka mencoba masak segala macam di rumah bersama sang suami.

“Aku tuh dari dulu nggak pernah bisa masak. Maksudnya, aku nggak bisa masak makanan rumahan, tapi kalau kue aku suka bikin. Yang bisa masak makanan rumahan gitu malah Donny. Nah, sekarang malah segala macam aku coba masak. Alhamdulillah sih jadi bisa masak sedikit-sedikit. Aku diajarin juga sama Donny,” cerita Aryani.

3. Hanya keluar rumah saat belanja bulanan

Fokus ke Keluarga, 5 Cerita Aryani Fitriana Saat Ramadan #diRumahAjaInstagram.com/aryanifitriana24

Selama hampir 2 bulan melakukan karantina mandiri, Aryani mengaku hanya beberapa kali saja keluar rumah. Itu pun dilakukannya untuk kebutuhan mendesak saja, seperti belanja bulanan. Selebihnya ia lakukan semuanya secara online di dalam rumah.

“Jujur aku sama Donny paling keluar kalau belanja bulanan. Maksudnya, kalau stoknya habis banget gitu, aku sama Donny baru keluar. Tapi kalo cuma sayuran, telur, atau beras yang habis, aku masih bisa beli via online di agen, jadi diantar ke rumah. Keluar rumah itu bisa kehitung jari sih selama dua bulan ini,” tuturnya.

Keluar rumah di tengah pandemi seperti ini tentu memiliki risiko besar karena harus bertemu banyak orang. Untuk mengantisipasinya, Aryani pun selalu memakai masker dan sarung tangan meski hanya pergi ke supermarket.

“Itu tuh ke supermarket kayak seneeeeeng banget. Lihat jalanan tuh kayaknya seneng banget. Itu juga aku pakai masker, sarung tangan, segala macam. Pulang-pulang langsung mandi, bersih-bersih segala macam. Karena kan ada balita di rumah aku jadi harus steril banget,” kata Aryani.

4. Menjalani bisnis secara online di rumah

Fokus ke Keluarga, 5 Cerita Aryani Fitriana Saat Ramadan #diRumahAjaInstagram.com/aryanifitriana24

Selain mengurus keluarga, pemain sinetron Kepompong ini juga tengah disibukkan dengan sejumlah bisnis, mulai dari clothing line ‘ALEIA’ hingga skin care. Beruntungnya, bisnis Aryani ini memang bergerak secara online hingga pemesanannya pun dilakukan tanpa bertatap muka.

“Ada bisnis-bisnis lain yang work from home aja. Menghubungi orang dan segala macam semuanya dilakukan by phone, e-mail, dan video call. Semuanya dilakuin di rumah,” jelas Aryani.

Sejak dua tahun belakangan, pemain sinetron Rajawali ini tengah menggeluti bisnis kecantikan, yakni skin care bertajuk Aura Bright. Beruntungnya, sejak pertama launching hingga saat ini, Aura Bright telah mendapatkan respons positif di kalangan masyarakat. Aryani mengaku dirinya memang tak mau main-main dalam berbisnis, apalagi jika berkaitan dengan dunia kecantikan.

“Kebetulan aku tuh punya skin care sendiri sih. Alhamdulillah. Namanya Aura Bright. Alhamdulillah banget Aura Bright udah disukai sama perempuan-perempuan. Aku kerjasama dengan temanku buat (mendirikan) Aura Bright ini. Karena awalnya aku kan nggak ngerti dunia skin care karena awam banget. Kalo dunia pertekstilan aku ngerti karena aku dari dulu juga punya brand baju. Aku belajar dari temanku dan Alhamdulillah ternyata disukai,” paparnya.

5. Syuting jadi kegiatan pertama yang ingin dilakukan setelah karantina selesai

Fokus ke Keluarga, 5 Cerita Aryani Fitriana Saat Ramadan #diRumahAjaInstagram.com/aryanifitriana24

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti kapan pandemi COVID-19 ini akan selesai di Indonesia. Alhasil, masyarakat juga tak tahu sampai kapan mereka harus menjalani karantina mandiri. Rindu beraktivitas di luar rumah, Aryani mengaku hal pertama yang ingin ia lakukan setelah virus corona ini hilang ialah bisa segera melanjutkan syuting sinetron Istri Kedua.

“Yang pasti yang pertama (ingin dilakukan) adalah syuting. Aku mau ngelanjutin (sinetron) Istri Kedua karena kemarin kan nanggung banget berhentinya. Dan emang Alhamdulillah pemirsa yang setia nonton Istri Kedua masih banyak banget yang komentar,” kata Aryani antusias.

Namun jika proses syuting belum bisa dilakukan, pemain sinetron Fathiyah ini ingin segera melakukan hobinya untuk melaut. Yup, Aryani dan Donny memang dikenal sebagai pasangan yang hobi dengan kegiatan di air. Keduanya kerap membagikan momen saat liburan sejenak dan menikmati pantai dengan air lautnya.

“Kalau pun belum bisa melanjutkan syuting, ya udah aku mau melaut. Terakhir aku melaut itu Oktober, aku sempat ke Pulau Seribu sama Lombok. Kalau kayak ‘kabur’ sesaat, aku suka banget ke Anyer karena aku suka banget sama laut. Paling cuma ke pantai aja, cuma lihat laut aja udah seneng banget,” tutupnya.

Seru banget kan obrolan Popbela bersama Aryani Fitriana ini? Jangan lupa saksikan SORE CERAH setiap hari Senin selama bulan Ramadan, hanya di Instagram Popbela. Stay tune!

Baca Juga: 10 Momen Mesra Aryani Fitriana dan Donny Michael, Bak Pengantin Baru!

Baca Juga: Prioritas Hidup Berubah Total, 5 Cerita Vidi Aldiano di Masa Karantina

Baca Juga: Diidolakan Fans, 10 Pasangan Artis Ini Diharapkan Main Film Bareng