Setelah lama menghadapi berbagai kontroversi, Putri Mako dari Jepang akhirnya resmi menikah dengan kekasihnya yang berasal dari kalangan biasa, Kei Komuro, pada Selasa (26/10/2021). Pasangan yang telah bertunangan sejak 2017 ini akhirnya menikah setelah sebelumnya sempat berkali-kali tertunda akibat kontroversi perselisihan keuangan yang melilit ibu Komuro. 

Pernikahan ini sekaligus menandai momen Putri Mako melepas status kebangsawanannya, karena memutuskan menikah dengan masyarakat biasa.

Berikut ini Popbela telah merangkum fakta-fakta pernikahan Putri Mako dan Kei Komuro. Simak selengkapnya, ya!

1. Tertunda selama empat tahun

5 Fakta Pernikahan Putri Jepang & Rakyat Biasa, Sempat Ditunda 4 TahunNippon.com

Putri Mako dan Kei Komuro mengumumkan pertunangan mereka di tahun 2017 dan berencana menikah setahun kemudian. Pada awalnya, kabar itu disambut gembira oleh negara tersebut. Namun sayangnya, pernikahan mereka harus ditunda selama beberapa tahun karena skandal masalah keuangan yang melibatkan ibu Komuro.

2. Menikah tanpa ritual tradisional kerajaan

5 Fakta Pernikahan Putri Jepang & Rakyat Biasa, Sempat Ditunda 4 TahunJapantimes.co.jp

Mengutip dari CNN, Putri Mako dan Kei Komuro menyerahkan pendaftaran pernikahannya di kantor lingkungan setempat pada Selasa (26/10/2021) sekitar pukul 10.00 waktu Tokyo. Menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran, hari bahagia mereka digelar tanpa ritual pernikahan kerajaan yang biasa dilakukan. 

3. Gelar jumpa pers untuk pertama kali

5 Fakta Pernikahan Putri Jepang & Rakyat Biasa, Sempat Ditunda 4 TahunJapan-forward.com

Sore hari setelah pernikahan, Putri Mako dan Kei Komuro menghadiri jumpa pers untuk pertama kalinya sebagai suami istri. Pengantin baru itu meminta maaf atas kegaduhan yang disebabkan oleh pernikahan mereka serta berterima kasih untuk dukungan yang telah diterima. 

Dalam sambutan pembukaannya, Mako menyampaikan Komuro adalah orang yang sangat penting dan tak tergantikan. Menurutnya, ada banyak spekulasi sepihak soal kabar miring yang beredar selama ini. Putri berusia 30 tahun itu juga mengaku merasa takut dengan berita yang tersebar sekaligus sedih karenanya.

Selama ini, hubungan mereka memang mengundang penolakan publik karena Komuro dinilai tidak sederajat dengan Mako. Selain latar belakangnya sebagai orang biasa, juga sempat muncul skandal keuangan yang menyeret ibu Komuro. Kendati demikian, pasangan ini tetap teguh untuk mempertahankan cinta mereka.

"Saya mencintai Mako. Ini adalah hidup yang hanya dijalani sekali, dan saya ingin menghabiskan hidup saya dengan orang yang saya cintai dalam kebahagiaan," ucap Komuro.

"Mako dan saya ingin membangun keluarga yang hangat dan menyenangkan. Pada saat yang sama, saya ingin melakukan yang terbaik untuk mendukung Mako. Saat-saat bahagia, saat-saat tidak bahagia, kami ingin bersama, dan kami akan saling memerlukan satu sama lain,” tuturnya.

4. Momen Putri Mako berpisah dengan keluarga kerajaan

5 Fakta Pernikahan Putri Jepang & Rakyat Biasa, Sempat Ditunda 4 TahunReuters.com

Sebelumnya, Putri Mako terlihat mengunjungi kedua orangtuanya, Putra Mahkota Fumihito dan Putri Mahkota Kiko, untuk berpamitan. Dalam foto yang diabadikan media, Mako tampak membungkukkan badan beberapa kali kepada orangtua dan adik perempuannya, Putri Kako, sebelum meninggalkan kediamannya di Tokyo.

Putri Kako tampak memeluk kakaknya sebelum Mako pergi memasuki mobil menuju sebuah hotel di Tokyo untuk menemui wartawan bersama suaminya. Sedangkan, sang ibu terlihat mengedipkan matanya dengan cepat, seperti menahan air mata. Keluarganya tampak melambaikan tangan hingga mobil yang dinaiki Mako tak lagi terlihat.

5. Tinggal di Amerika setelah menikah

5 Fakta Pernikahan Putri Jepang & Rakyat Biasa, Sempat Ditunda 4 TahunPeople.com

Menikah dengan rakyat biasa, Putri Mako pun harus rela melepas gelar kebangsawanannya. Ia juga tak lagi memiliki hak istimewa sebagai keluarga kerajaan, termasuk pemasukan dari negara. Setelah menikah, Mako dan Komuro dikabarkan berencana pindah ke Amerika Serikat. Belum diketahui apakah Mako akan bekerja di sana atau tidak, tetapi dia memenuhi syarat untuk berkarier.

Selamat atas pernikahan Putri Mako dan Kei Komuro. Semoga keduanya bahagia dan langgeng hingga akhir hayat, ya!

Baca Juga: Rela Lepas Gelar Kerajaan, Ini Kisah Cinta Putri Jepang & Rakyat Biasa

Baca Juga: Demi Cinta, Perempuan Ini Rela Lepas Statusnya sebagai Putri Jepang