Pernikahan sejatinya bukan hanya menyatukan dua orang menjadi satu, melainkan juga dua keluarga. Maka dari itu, restu dari keluarga menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki sebelum pasangan kekasih melangkah ke pelaminan. Akan tetapi, tak semua orang beruntung karena memiliki hubungan yang mulus dan langsung direstui orangtua pasangannya begitu saja.

Beberapa artis Tanah Air juga ada yang sampai berseteru lantaran niatan baiknya untuk menikah tak mendapat lampu hijau dari orangtua ataupun calon mertuanya. Kendati demikian, mereka tetap mantap menikah meski tanpa restu orangtua. Berikut Popbela telah merangkum 6 artis yang tak akur dengan mertua, tapi tetap menikah tanpa restu.

1. Arie Kriting dan Indah Permatasari

6 Artis yang Tidak Akur dengan Mertua, Tetap Nikah Mesti Tak DirestuiInstagram.com/arie_kriting, imagenic

Komika asal Wakatobi, Arie Kriting, baru saja melepas masa lajangnya usai mempersunting aktris Indah Permatasari pada 12 Januari 2021. Sayangnya, pernikahan mereka diwarnai drama lantaran tak mendapatkan restu dari ibunda Indah, Nursyah. Kedua orangtua Indah pun tak hadir ke pernikahan sang putri, bahkan Nursyah sampai hati mengucapkan sumpah serapah.

Nursyah mengaku tak suka pada menantunya itu karena dinilai tidak sopan saat meminta izin menikahi Indah. Ia tak merestui putrinya menikah dengan Arie karena menganggap menantunya itu telah membuat Indah berubah dan jauh dari agama.

"Saya demi Allah, demi rasul, dunia akhirat, saya tidak mau lihat orang itu, tapi anakku tetap anakku. Demi Allah, saya nggak mau tahu (pernikahannya). Semoga terbelah, berantakan," kata Nursyah.

2. Adly Fairuz dan Angbeen Rishi

6 Artis yang Tidak Akur dengan Mertua, Tetap Nikah Mesti Tak DirestuiInstagram.com/adlyfayruz, vanillalatte.photo

Hubungan yang kurang baik dengan mertua juga dialami oleh Adly Fairuz. Bahkan, pernikahannya dengan Angbeen Rishi pada 28 Maret 2020 lalu juga tak dihadiri oleh ibunda Angbeen, Yulia Wirawati. Yulia pun blak-blakan mengungkapkan tidak suka pada Adly karena membuat Angbeen berubah sikap kepadanya.

Menurut Yulia, sejak Angbeen bertunangan dengan Adly, hubungannya dengan sang putri makin memburuk. Ia juga menilai bahwa sifat Adly kurang sopan dan sering membentak Angbeen. Selain itu, usia keduanya yang terpaut jauh, yakni 10 tahun, juga menjadi salah satu faktor yang membuat Yulia tak merestui putrinya menikah dengan Adly. Kendati demikian, pasangan ini tetap menikah dan dihadiri oleh ayah Angbeen.

3. Jonas Rivanno dan Asmirandah

6 Artis yang Tidak Akur dengan Mertua, Tetap Nikah Mesti Tak DirestuiInstagram.com/asmirandah89

Pernikahan Jonas Rivanno dan Asmirandah sempat menghebohkan publik beberapa tahun silam. Pasalnya, saat itu Jonas mengaku sudah pindah agama mengikuti Asmirandah dan menikah secara Islam pada 22 Desember 2013. Namun tak lama kemudian, Jonas mengaku bahwa dirinya masih memeluk agama Kristen. Pernikahan itu pun dibatalkan, kemudian keduanya menikah lagi pada 28 Januari 2014 setelah Asmirandah pindah keyakinan mengikuti suaminya.

Hal ini akhirnya memicu kekecewaan dari orangtua Asmirandah, karena merasa dibohongi oleh menantunya. Ayah Asmirandah, Anton Zantman, jelas-jelas tak merestui pernikahan tersebut karena ia tak rela putrinya berpindah keyakinan.

"Aku tidak setuju, sudah jelas (karena Asmirandah pindah agama). Tidak ada masalah, masalah prinsip oke ini tetap anak kita,” tutur Anton.

4. Tommy Kurniawan dan Tania Nadira

6 Artis yang Tidak Akur dengan Mertua, Tetap Nikah Mesti Tak DirestuiInstagram.com/tanianadiraa

Kisah cinta Tommy Kurniawan dan Tania Nadira memang penuh liku. Keduanya melangsungkan akad nikah pada 11 April 2011. Sayangnya, pernikahan mereka ditentang oleh ibunda Tania, Hana Hasanah. Rupanya, Hana tak setuju jika putrinya menikah dengan seorang selebritas. Ia ingin Tania menyelesaikan kuliahnya dulu, bukannya malah menikah muda.

Tak terima anaknya dinikahi oleh Tommy, Hana pun melaporkan aktor film Eiffel I'm in Love itu ke polisi atas tuduhan penculikan anak di bawah umur. Tommy dan Tania membantah laporan tersebut karena mereka sudah menikah secara sah dan telah mendapat restu dari ayah kandung Tania, Shalim Reza Alatas. Sayangnya, setelah beragam drama yang berhasil dilalui, pasangan ini memilih bercerai pada 2017.

5. Eza Gionino dan Meiza Aulia Coritha

6 Artis yang Tidak Akur dengan Mertua, Tetap Nikah Mesti Tak DirestuiInstagram.com/ma_coritha

Kisah asmara Eza Gionino dan Meiza Aulia Coritha sempat mencuri perhatian lantaran hubungan mereka tidak disetujui oleh ibunda Eza, Ruch Gaya. Kepada media, Ruch Gaya menyatakan tidak ikhlas jika anaknya menikah dengan perempuan yang akrab disapa Eca itu. Alasannya, Ruch Gaya menilai sikap Eca terlalu menguasai dan memengaruhi anaknya jauh dari keluarga. Bahkan, ia terang-terangan menyebut sampai mati tak akan merestui hubungan mereka.

Karena hubungannya tak direstui oleh sang bunda, Eza pun memilih pergi meninggalkan rumah dan membawa barang-barangnya. Meski terganjal restu orangtua, pasangan ini tetap mantap menikah pada 22 Juli 2018. Menurut Eza, dirinya sudah dewasa dan ingin membangun rumah tangga dengan pilihannya sendiri. Sedangkan sang bunda ingin menjodohkannya dengan perempuan lain.

6. Asty Ananta dan Hendra Suyanto

6 Artis yang Tidak Akur dengan Mertua, Tetap Nikah Mesti Tak DirestuiInstagram.com/asty_ananta

Tak pernah terlihat menggandeng kekasih, tiba-tiba Asty Ananta dikabarkan menikah dengan Hendra Suyanto pada 2 Oktober 2016 di Bali. Meski digelar secara mewah, tapi orangtua Asty tak hadir di hari bahagia tersebut. Rupanya, pernikahan mereka memang terganjal restu dari orangtua Asty. Salah satunya karena perbedaan agama.

Selain itu, ibunda Asty, Yunyianingrum Agustarini, mengaku bahwa ia tidak memberi restu karena putrinya belum memperkenalkan Hendra kepada keluarga. Alhasil, pihak keluarga sama sekali belum mengenal latar belakang keluarga laki-laki tersebut, bahkan nama menantunya saja mereka tidak tahu.

"Mudah-mudahan (menikah dengan cara Islam), saya berharap bismillah setiap orangtua hanya bisa berdoa, mudah-mudahan putri saya tetap iman Islam. Bagaimana orangtua mau datang merestui kalau tidak kenal siapa yang mau dinikahi oleh anaknya secara pribadi. Bagaimana, mau mantu, tapi besannya nggak tahu. Nggak pada umumnya," kata ibunda Asty.

Baca Juga: Restu Orangtua Sempat Menjadi ‘Penghalang’ Pernikahan 5 Selebriti Ini

Baca Juga: Terhalang Restu Orangtua Jadi Alasan Utama 5 Pasangan Seleb Ini Putus

Baca Juga: Ketika Cintamu Terganjal Restu Orangtua, Kamu Cukup Renungkan 3 Pertanyaan Ini