Semua orang pasti mengharapkan dirinya menjadi sukses. Itu jugalah yang diharapkan seorang ibu terhadap masa depan anaknya. Mungkin, inilah mengapa seorang ibu mengupayakan berbagai hal untuk mempersiapkan sang anak memiliki karakter unggul, sehingga bisa tumbuh seperti yang diharapkan.

Namun, tahukah kamu bahwa pada dasarnya membentuk karakter merupakan hal yang seharusnya sudah kita mulai sejak dini? Pasalnya, saat kecil anak dapat diibaratkan sebagai spons; ia bisa menyerap banyak hal dengan mudah. Buat kamu yang ingin mempersiapkan masa depan si kecil, berikut ini Popbela akan mengulas kebiasaan apa saja yang membentuk karakter anak supaya sukses ia di masa depan:

7 Kebiasaan Sederhana yang Diam-diam Menentukan Masa Depan Kita

Jangan pernah melarang anakmu ketika mereka ingin bermain di luar ruangan, karena berani kotor itu baik. Bermain di luar tak hanya menyenangkan, namun juga bisa memberikan mereka banyak pengalaman baru. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh anakmu jika mereka bermain di luar ruangan, seperti, menambah teman baru, melatih aspek fisik dan motoriknya, juga melatih kondisi emosinya. 

Dengan beraktivitas di lingkungan terbuka, anak bisa mengeksplorasi berbagai hal yang sebelumnya mereka belum ketahui, masa kecil mereka pasti akan jadi lebih memorable! Anak juga akan lebih bahagia dan ceria. Bermain di luar ruangan saat masih kecil dapat mempengaruhi masa depan mereka nantinya. Anak jadi mudah bersosialisasi dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan yang tak familiar, juga merangsang fungsi otak mereka, sehingga prestasi pun terus meningkat. 

7 Kebiasaan Sederhana yang Diam-diam Menentukan Masa Depan Kita

Saat kecil, wajar jika anak merasa malas untuk rajin sikat gigi. Eits, tapi jangan dibiarkan ya. Sebab kebiasaan menjaga kesehatan gigi dan mulut harus dimulai sejak dini. Sakit gigi merupakan salah satu penyebab terbesar ketidakhadiran murid di kelas. Kasihan ‘kan jika anakmu menderita sakit gigi dan hal tersebut mempengaruhi kelancaran pendidikannya di sekolah? Oleh sebab itu, kamu tak boleh bosan untuk mengingatkannya agar rutin sikat gigi di pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Selain itu, dengan rajin menyikat gigi, tentunya anakmu akan semakin sering tersenyum lebar karena percaya diri akan giginya yang sehat dan terawat. 

7 Kebiasaan Sederhana yang Diam-diam Menentukan Masa Depan Kita

Sama halnya seperti menyikat gigi, terkadang anak-anak suka mengabaikan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun. Tapi tahukah, Mom, bahwa setiap 20 detik anak-anak kehilangan nyawa mereka karena diare? Mereka seringkali lupa untuk mencuci tangan sesudah dari toilet, kemudian langsung makan dengan kondisi tangan yang kotor, hal itulah yang menyebabkan mereka terkena diare. Sebelum terlambat, kamu dapat mencegahnya dengan membiasakan anakmu untuk mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir. Jika anakmu selalu sehat, tentunya ia akan menjalani hari-harinya dengan lebih bahagia! 

7 Kebiasaan Sederhana yang Diam-diam Menentukan Masa Depan Kita

Pernah dengar ucapan, “Sarapan adalah santapan paling penting dalam sehari”? Ucapan itu benar, Mom, karena tanpa sarapan dengan nutrisi yang tepat, anak tidak akan bisa berkonsentrasi dan semangat dalam menjalani aktivitasnya seharian. Tak hanya sarapan, makan siang dan malam juga harus memiliki gizi yang baik dan seimbang. Sayangnya, kebanyakan masyarakat Indonesia masih belum sadar akan pentingnya gizi dan nutrisi di dalam makanan yang dikonsumsi oleh buah hati. Padahal dengan nutrisi yang baik, anak pun akan lebih berenergi positif dan bersemangat dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. 

7 Kebiasaan Sederhana yang Diam-diam Menentukan Masa Depan Kita

Di zaman yang sudah serba digital, Mom perlu mengajarkan pada anak untuk bijak menggunakan berbagai macam online platform. Misalnya, memilah mana situs yang bisa mereka kunjungi dan mana situs yang belum pantas untuk anak seusia mereka. Kamu bisa memilih berbagai game yang edukatif namun tetap fun untuk anakmu, sehingga ia bisa tetap teredukasi namun tetap gembira! 

Sebagai ibu, kamu juga harus menggunakan situs terbaik untuk memudahkan kebutuhan sehari-hari, terutama untuk belanja online. Jika sebagai ibu kamu sudah menggunakan internet dengan efektif, pastinya anakmu juga akan tahu bagaimana caranya memanfaatkan internet dengan bijak. 

Oleh sebab itu, Unilever bekerjasama dengan Blibli.com memiliki kampanye “Selamat Tinggal Dunia Lama” #brightFuture. Di mana setiap hasil pembelian produk tertentu akan disumbangkan sebanyak 1000 rupiah untuk program edukasi kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas. Tujuan utama kampanye ini untuk membantu membangun masa depan cerah di Indonesia. Nantinya Unilever akan menggunakan hasil program ini untuk menggalakan cuci tangan pakai sabun, sikat gigi pagi dan malam, menyantap sarapan bergizi setiap hari, dan menjaga toilet bersih. Jika Mom berkontribusi dalam program ini artinya Mom telah terlibat dalam membangun dunia baru yang lebih sehat dan gembira.

Tanamkan kebiasaan di atas untuk membuat anakmu memiliki karakter yang siap menjalani tantangan hidup. Karena membentuk karakter yang sehat dan gembira tak kalah penting daripada sekadar membuat anak jadi pintar. Dengan karakter tangguh anakmu siap menjawab tantangan yang datang padanya.