Indonesia terdiri dari banyak suku yang memiliki adat serta pakaiannya yang khas, lihatlah 10 pernikahan artis ini, mereka mengenakan pakaian adat dari asal daerahnya masing-masing. Dari suku apa pun itu, pengantin perempuan tampak memesona di samping laki-laki yang gagah dalam balutan busana yang mewah.

1. Mandailing - Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

10 Inspirasi Konsep Pernikahan Tradisional Seleb yang Penuh MaknaInstagram.com/fatahillahginting

Lihatlah mewahnya pakaian adat Batak yang dikenakan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution saat menggelar upacara adat pernikahan di Medan. Penutup kepala berupa kopiah warna hitam yang dikenakan Bobby ini mencirikan pria suku Mandailing, dahulu kopiah ini dipakai oleh kepala suku. Terlihat sangat gagah bukan?

2. Toba - Astrid Tiar

10 Inspirasi Konsep Pernikahan Tradisional Seleb yang Penuh MaknaPerpustakaan.id/pakaian-adat-batak/

Masih pakian adat Batak, namun pakaian suku Toba yang dikenakan Astrid Tiar dan suami ini tampak lebih sederhana dari suku Mandailing, di mana hanya suami yang mengenakan penutup kepala, itu melambangkan prialah yang memimpin rumah tangga.

3. Aceh - Cut Meyriska dan Roger Danuarta

10 Inspirasi Konsep Pernikahan Tradisional Seleb yang Penuh MaknaInstagram.com.dierabachir

Pakaian adat Aceh yang dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu dan Islam ini menyempurnakan kebahagiaan Cut Meyriska dan Roger Danuarta.

4. Solo Jawa Basahan - Vicky Shu

10 Inspirasi Konsep Pernikahan Tradisional Seleb yang Penuh MaknaInstagram.com/vickyshu

Artis Vicky Shu mengenakan pakaian adat Solo Jawa Basahan di hari spesialnya. Dahulu pakaian ini hanya boleh dikenakan oleh bangsawan di lingkungan keraton. Bukan tanpa makna, pakaian ini adalah simbol masyarakat Solo yang berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

5. Jawi Jangkep - Vicky Shu

10 Inspirasi Konsep Pernikahan Tradisional Seleb yang Penuh MaknaInstagram.com/vickyshu

Nggak hanya baju Jawa Basahan, Vicky Shu dan suami juga mengenakan pakaian adat Jawi Jangkep. Pakaian ini adalah simbol kepatuhan, kehalusan dan tindak tanduk yang selalu diikuti dengan sikap yang lemah lembut.

6. Minang - Dimas Aditya dan Tika Bravani

10 Inspirasi Konsep Pernikahan Tradisional Seleb yang Penuh MaknaInstagram.com/why_moments

Sederhana namun mewah, itulah kesan yang tampak dari pakaian Koto Gadang yang merupakan bagian dari adat Minang. Dimas Aditya dan Tika Bravani tampak sumringah dalam balutan busana indah ini.

7. Sunda - Syahnaz dan Jeje 'Govinda'

10 Inspirasi Konsep Pernikahan Tradisional Seleb yang Penuh MaknaInstagram.com/syahnaz, nocture.co

Dulu secara khas pakaian ini dikenakan oleh bangsawan suku Sunda, Syahnaz dan Jeje tampak anggun dan gagah dalam balutan busana bernuansa putih ini.

8. Bugis - Ditmar Hadi

10 Inspirasi Konsep Pernikahan Tradisional Seleb yang Penuh MaknaInstagram.com/ditmarhadi

Baju Tutu yang dikenakan artis Ditmar Hadi dan Baju Bodo yang dipakai mempelai perempuan adalah pakiaan adat suku Bugis yang berasal dari Sulawesi Selatan. Dengan pakaian ini mereka tak kalah cantik dan gagah dengan pengantin lainnya.

9. Palembang - Gita Savitri

10 Inspirasi Konsep Pernikahan Tradisional Seleb yang Penuh MaknaInstagram.com/ink.photos

Pakaian adat bernama Aesan Paksangko yang dikenakan Gita Savitri dan Paul Partohap ini mengandung makna filosofis yang melambangkan keagungan masyarakat Palembang

10. Bali - Happy Salma

10 Inspirasi Konsep Pernikahan Tradisional Seleb yang Penuh MaknaInstagram.com/happysalma

Selain mempunyai nilai keindahan, pakaian adat Bali yang dikenakan Happy Salma ini juga tersimpan nilai filosofis dan simbolik yang tersembunyi dalam bentuk, fungsi, serta maknanya.

Itulah sepuluh momen pernikahan artis yang mengenakan pakaian adat daerahnya masing-masing, mereka tampak cantik dan gagah  dalam balutan busana yang penuh makna. Gimana, masih enggan memakai pakaian adat di hari pernikahanmu?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan pada laman IDN Times dengan judul "10 Pernikahan Artis Ini Menunjukkan Budaya Indonesia yang Sarat Makna"

Baca Juga: 8 Tata Cara Pernikahan Adat Sunda Seperti Raisa dan Hamish Daud