Cinta pertama memang indah. Harapan untuk bisa bersatu di sebuah pernikahan pun menjadi sebuah impian indah untuk diwujudkan. Namun nasi sudah menjadi bubur, hubungan yang semula indah bisa berakhir dan kandas di tengan jalan karena beberapa masalah sebelum sempat diwujudkan. Awalnya, mungkin kamu merasa sulit untuk move on, namun lambat laun, hadirnya cinta lain yang berakhir pada pernikahan lama-lama memupuskan rasa terhadap cinta pertama yang dulu pernah terajut.

Sayangnya setelah beberapa tahun menikah, beberapa peristiwa membuatmu tiba - tiba ingat si dia. Munculnya sedikit gesekan-gesekan dalam kehidupan rumah tangga juga membuat kamu mulai membandingkan sang suami dengan si dia. Walaupun sang suami tidak mengetahui, tak urung rasa yang muncul ini berpotensi mengganggu kehidupan pernikahanmu. Lalu, bagaimana agar bisa move on dari si dia, yuk simak tips – tips berikut ini:

1. Jangan terlalu memaksakan untuk langsung melupakan si dia

Sudah Menikah Bertahun-tahun, Tapi Masih Ingat Mantan Pacar?

Ada bagian kehidupan kita dimana kita pernah merasakan kehadirannya. Memaksa perasaan untuk melupakannya malah akan membuat kita semakin ingat dengan si dia. Namun membuang semua barang kenangan yang bisa mengingatkan dengan si dia sangat bijaksana untuk dilakukan. Kecuali tentunya barang berharga semacam perhiasan.

2. Memilih untuk tidak berteman dengan si dia di media sosial

Sudah Menikah Bertahun-tahun, Tapi Masih Ingat Mantan Pacar?

Jangan pernah mencari tahu tentang kehidupannya sekarang. Berfokuslah dengan apa yang kamu miliki sekarang. Mencoba menggali informasi tentangnya malah akan membuatmu semakin terluka.

3. Syukuri semua yang kamu miliki dan berhentilah membandingkan suami dengan si dia

Sudah Menikah Bertahun-tahun, Tapi Masih Ingat Mantan Pacar?

Tidak ada manusia yang sempurna, tetapi suamimu adalah jodoh yang ditakdirkan untuk bersama dirimu dalam menjalani sebuah kehidupan pernikahan. Buatlah list semua kelebihan suami yang tidak dimiliki si dia, ingatlah bagaimana perjuangan cinta kamu dengan suami hingga bisa mewujudkan sebuah pernikahan dan semua perjalanan yang telah kamu lalui hingga sampai di titik ini.

4. Berfokuslah dengan kehidupan sekarang

Sudah Menikah Bertahun-tahun, Tapi Masih Ingat Mantan Pacar?

Dia hidup di masa lalu, Bela. Lupakan semua pertengkaran dan kenangan indah yang pernah terjadi dengan si dia dan berdamailah dengan masa lalumu. Ingatlah bahwa dia hadir untuk menjadi sebuah episode yang harus Bela lalui untuk bisa sampai di kehidupan kamu sekarang, dimana kamu bisa mencintai suamimu dengan lebih baik lagi, dimana kamu bisa mengambil pelajaran agar jangan sampai hubungan kamu dan suami berakhir seperti  hubunganmu dengan si dia dengan menghindari hal - hal yang berpotensi menimbulkan masalah.

5. Menciptakan romantisme dengan suami

Sudah Menikah Bertahun-tahun, Tapi Masih Ingat Mantan Pacar?

Lihatlah suamimu sekarang. Kehidupanmu saat ini dan di masa yang akan datang adalah bersama dengannya. Ajak dia untuk menciptakan kehidupan rumah tangga yang penuh cinta dan mengajak suami dan kamu sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, saling mencintai, dan fokus untuk menciptakan kehidupan rumah tangga yang damai dan indah.

Bagaimanapun indahnya hubungan yang pernah kamu lalui dengan si dia, fokuslah untuk mencapai kebahagiaan tanpa terganggu dengan masa lalu. Ingatlah bahwa kamu berhak untuk bahagia dan dicintai tanpa syarat.

photo credit: Nocturnal Animals movie/Fade to Black Films

BACA JUGA: Nggak Perlu Wedding Organizer, Kamu Hanya Butuh 4 Aplikasi Ini