Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk terus meningkatkan hubunganmu dengan pasangan ke arah lebih baik. Salah satu yang tidak kalah penting adalah dari segi komunikasi.

Terkadang beberapa perempuan sering menggunakan ‘kode’ dalam berkomunikasi. Sedangkan di lain sisi, laki-laki sering kali tidak bisa menafsirkannya, sehingga yang terjadi adalah koflik dalam hubungan. Inilah alasan mengapa pemahaman yang jelas dalam komunikasi itu penting.

Nah, kali ini Popbela akan bagikan tips berkomunikasi dengan jelas bersama pasangan yang bisa dilakukan agar hubungan makin erat. Apa saja?

1. Pikirkan dengan pasti apa yang mau dibicarakan

10 Tips Berkomunikasi dengan Jelas Bersama Pasangan Agar Tetap SerasiPexels.com/cottonbro

Untuk membuat komunikasi yang terarah, pastikan dulu kalau kamu tahu apa yang ingin dibicarakan. Alih-alih menemukan solusi, kamu hanya akan menambah masalah kalau ternyata topik yang kamu sampaikan tidak jelas.

Cobalah untuk merangkai di kepalamu poin apa saja yang perlu dibahas. Dengan begitu, fokus pembicaraan akan jelas dan tidak mengarah ke mana-mana.

2. Perhatikan situasi saat ingin memulai pembicaraan

10 Tips Berkomunikasi dengan Jelas Bersama Pasangan Agar Tetap SerasiPexels.com/cottonbro

Situasi dan kondisi jelas berpengaruh dalam hal komunikasi. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan kira-kira kapan momen yang tepat untuk berkomunikasi dengan pasangan. Jangan sampai, kamu mendapatkan masalah karena mengajaknya bicara saat suasana hatinya sedang buruk.

Jadi, salah satu tips berkomunikasi dengan jelas bersama pasangan adalah lakukanlah saat keadaan dan suasana hati sedang stabil. Kamu harus pintar membaca situasi. Pastikan bahwa ia  sedang tidak terbebani sesuatu, seperti urusan kerjaan misalnya.

3. Jangan libatkan sesuatu yang mengganggu fokus kalian

10 Tips Berkomunikasi dengan Jelas Bersama Pasangan Agar Tetap SerasiPexels.com/Anete Lusina

Komunikasi yang jelas sangat memerlukan fokus yang tinggi. Artinya, untuk mencapai pemahaman kedua belah pihak, kamu dan pasangan harus fokus dengan pembicaraan tersebut.

Jauhkan diri kalian dari ponsel atau sesuatu yang bisa mengubah fokus. Selain akan membuang-buang waktu, hal ini juga bisa membuat pasangan merasa tidak dihargai.

4. Lakukan kontak mata saat berbicara

10 Tips Berkomunikasi dengan Jelas Bersama Pasangan Agar Tetap SerasiPexels.com/Andrea Piacquadio

Tips berkomunikasi dengan jelas bersama pasangan selanjutnya adalah libatkan kontak mata. Mungkin kedengarannya sepele ya? Tetapi dampaknya bisa luas, lho.

Kontak mata bisa membuatmu dan pasangan bisa tetap fokus satu sama lain. Selain itu, kontak mata juga bisa membuat pasangan merasa dihargai dan pembicaraan pun akan terasa lebih intens.

Dengan pandangan mata ini, kamu bisa melihat gestur yang ditunjukkan pasangan selama pembicaraan berlangsung.

5. Sampaikan apa yang kamu harapkan dari pembicaraan tersebut

10 Tips Berkomunikasi dengan Jelas Bersama Pasangan Agar Tetap Serasifreepik.com/ freepik

Selanjutnya, langkah yang paling penting adalah menyampaikan dengan jelas apa yang kamu harapkan dari pembicaraan tersebut. Hal ini penting untuk menghindari miskomunikasi di antara kalian.

Misal, kamu mengharapkan adanya tindakan perbaikan setelah berdiskusi. Namun, kamu tidak menyampaikan hal ini, maka yang terjadi adalah timbul konflik baru.

Bela, kamu harus ingat bahwa tidak ada yang bisa membaca isi pikiran seseorang, sekali pun itu pasangan. Jadi, daripada kamu merasakan kecewa dan pasangan tidak menyadarinya, lebih baik sampaikan di awal apa yang kamu harapkan.

6. Jadilah pendengar yang baik

10 Tips Berkomunikasi dengan Jelas Bersama Pasangan Agar Tetap SerasiPexels.com/Juan Vargan

Tips berkomunikasi dengan jelas bersama pasangan selanjutnya adalah menjadi pendengar yang baik. Ketika ingin berdiskusi dengan pasangan, itu artinya kamu juga harus siap dengan apapun yang ia utarakan.

Jangan sampai, kamu hanya ingin berbicara dan didengar tanpa melakukan hal yang sama. Kalau begitu, yang ada permasalahan kalian tidak akan menemukan hasil akhirnya.

7. Usahakan untuk tidak memberikan respons yang singkat

10 Tips Berkomunikasi dengan Jelas Bersama Pasangan Agar Tetap SerasiPexels.com/Alex Green

Tips selanjutnya yaitu janganlah memberikan respons yang singkat. Saat kamu merespons perkataan pasanganmu seadanya, maka besar kemungkinan ia akan merasa tidak dihargai.

Cobalah ingat kembali apa tujuan awalmu mengajak pasangan berkomunikasi. Dengan begitu, setiap apapun yang akan ia sampaikan pasti akan terasa penting untukmu.

8. Ulangi perkataan pasangan agar tidak ada kesalahpahaman

10 Tips Berkomunikasi dengan Jelas Bersama Pasangan Agar Tetap SerasiPexels.com/Emma Bauso

Salah satu aturan umum yang dilakukan saat berkomunikasi adalah menunggu dan memperhatikan orang lain yang sedang bicara. Cara ini sangat efektif untuk membuat komunikasi yang kamu lakukan dengan pasangan terasa sangat jelas.

Selain itu, untuk memperkecil kemungkinan salah paham, kamu bisa mencoba untuk mengulangi perkataannya agar lebih jelas. Namun, pastikan dulu kalau kamu bisa menyerap perkataannya dengan baik.

9. Tetapkan jadwal untuk pembicaraan dari hati ke hati

10 Tips Berkomunikasi dengan Jelas Bersama Pasangan Agar Tetap SerasiPexels.com/Marina Abrosimova

Tips berkomunikasi dengan jelas bersama pasangan selanjutnya adalah buatlah jadwal untuk komunikasi yang lebih intens. Mungkin saat situasi normal, kamu dan pasangan tidak bisa melakukan komunikasi dengan jelas karena beberapa hal. Nah, solusinya adalah dengan menjadwalkannya, Bela!

Komunikasi yang terjadwal bisa membuat kalian lebih siap berdiskusi satu sama lain dan bicara dari hati ke hati.

10. Selalu ingat pentingnya komunikasi dua arah

10 Tips Berkomunikasi dengan Jelas Bersama Pasangan Agar Tetap SerasiPexels.com/Ketut Subiyanto

Penting untuk selalu diingat bahwa komunikasi itu berlangsung dua arah. Keduanya harus saling menyampaikan dan menerima. Jangan jadi pasangan yang hanya ingin didengar dan menjadi egois. Berikanlah pasanganmu kesempatan juga untuk menyampaikan apa yang ia rasakan.

Itulah sejumlah tips berkomunikasi dengan jelas bersama pasangan. Semoga setelah ini, komunikasi kalian semakin lancar ya. Good luck!

Baca Juga: Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan Sehat

Baca Juga: 5 Manfaat Pillow Talk dalam Menjaga Keharmonisan Hubungan

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Hubungan Tetap Intim Walau Sudah Punya Anak