Gaslighting adalah sebuah fenomena yang bisa menimpa siapa pun ketika sedang berada dalam suatu hubungan, tanpa terkecuali dalam sebuah pernikahan. 

Dilansir dari psychologytoday.com, gaslighting adalah bentuk manipulasi psikologis yang digunakan dalam hubungan dengan tujuan mempertahankan kendali atas orang lain dan membuat korban mempertanyakan realitas mereka.

Singkatnya, seseorang yang ingin mendapatkan lebih banyak kekuatan akan melakukan berbagai taktik untuk menguasai pasangannya. Akibatnya, korban bisa merasakan banyak sekali penderitaan secara emosial dan kejiwaan. Wah, mengerikan ya, Bela?

Nah, untuk menghindari fenomena gaslighting yang cukup berbahaya ini, Popbela sudah merangkum apa saja yang menjadi tanda gaslighting dalam pernikahan. Mengingat sering kali fenomena ini tidak disadari oleh korbannya. Jadi, disimak, ya!

1. Ia meremehkan perasaanmu

Coba Lebih Peka, Ini 10 Tanda Gaslighting dalam PernikahanPexels.com/Rodnae Productions

Saat kamu mengemukakan soal perasaanmu, ia tidak pernah menanggapinya. Justru yang dilakukan adalah sebaliknya. Ia akan berbalik meyakinkan bahwa kamulah yang salah atau kamulah yang terlalu banyak berpikir. Padahal, dalam rumah tangga yang sehat, ketika salah satu mengemukakan pendapat atau perasaan seharusnya yang lainnya mendengarkan. Namun, pasangan yang melakukan gaslighting biasanya berlindung di balik kalimat “Ah, kamu terlalu sensitif” atau bahkan “Kamu ngga berhak merasa begitu”.

2. Saat terjadi konflik, ia tidak pernah membiarkanmu berbicara

Coba Lebih Peka, Ini 10 Tanda Gaslighting dalam PernikahanFreepik.com/wayhomestudio

Selain meremehkan perasaan, ada hal yang lebih parah, yaitu tidak membiarkan pasangannya berbicara saat terjadi sebuah konflik. Yup! Kalau di tengah-tengah perdebatan, pasanganmu tidak pernah memberikanmu kesempatan untuk menyampaikan masalah dari sudut pandangmu, maka bisa jadi kamu sedang mengalami gaslighting, Bela!

3. Tidak pernah meminta maaf saat kamu mengungkapkan rasa sakit hati

Coba Lebih Peka, Ini 10 Tanda Gaslighting dalam Pernikahanfreepik.com/gpointstudio

Kalau kamu mengungkapkan bahwa ada tindakan pasangan yang membuatmu sakit hati, namun ia tidak menunjukkan sebuah empati, maka ini merupakan tanda bahaya. Artinya, ia tidak bertanggung jawab atas apa yang sudah ia lakukan padamu meskipun kamu sudah mengatakannya.

4. Melakukan kebohongan yang mencolok

Coba Lebih Peka, Ini 10 Tanda Gaslighting dalam Pernikahanwww.freepik.com/ katemangostar

Tanda gaslighting dalam pernikahan lainnya yang perlu kamu tahu adalah seorang gaslighter tidak akan ragu untuk melakukan sebuah kebohongan, lho. Meskipun kamu tahu yang ia lakukan adalah sebuah kebohongan, ia tidak akan ragu melakukannya bahkan dengan cara yang mencolok.

5. Tindakannya tidak pernah sejalan dengan kalimatnya

Coba Lebih Peka, Ini 10 Tanda Gaslighting dalam Pernikahanbestlifeonline.com

Karena ia tidak ragu untuk berbohong maka semua tindakan yang ia lakukan tidak pernah sesuai dengan ucapannya. Jadi, ketika kamu berurusan dengan seorang gaslighter, lihat saja bagaimana perilakunya, karena semua ucapannya itu tidak pernah ada artinya.

6. Selalu menyangkal kalau mereka pernah mengatakan sesuatu

Coba Lebih Peka, Ini 10 Tanda Gaslighting dalam PernikahanFreepik.com/yanalya

Untuk meyakinkan semua kebohongannya yang mencolok, seorang gaslighter selalu menyangkal apa yang menurutnya tidak pernah ia sampaikan. Sekalipun kamu menunjukkan bukti-buktinya, ia akan tetap pada pendiriannya.

Hal yang ia lakukan ini bahkan bisa membuatmu kembali bertanya, apakah ia benar-benar tidak pernah mengatakannya?

7. Menggunakan hal-hal terpenting dalam hidupmu sebagai amunisinya

Coba Lebih Peka, Ini 10 Tanda Gaslighting dalam PernikahanFreepik.com/yanalya

Pasangan yang melakukan gaslighting akan menggunakan sesuatu untuk memperkuat amunisinya. Biasanya yang digunakan adalah hal-hal yang sangat berarti bagi pasangannya.

Seperti misalnya menggunakan anak-anak sebagai tameng. Yup! Dia bisa menyerangmu dengan mengatakan bahwa kamu tidak seharusnya menjadi ibu dari anak-anaknya, atau anak-anakmu tidak pantas memiliki seorang ibu sepertimu.

8. Ia mengatakan padamu bahwa orang-orang adalah pembohong

Coba Lebih Peka, Ini 10 Tanda Gaslighting dalam PernikahanFreepik.com/yanalya

Seorang gaslighter bisa mengatakan bahwa semua orang adalah pembohong. Ia ingin membuatmu mempertanyakan soal realitas di kehidupanmu dan membuatmu kebingungan. Ia bisa mengatakannya dengan sangat yakin dan membuatmu percaya akan apa yang ia ucapkan. Hati-hati, Bela, ini adalah salah satu taktik dari gaslighting!

9. Ia membuatmu lelah

Coba Lebih Peka, Ini 10 Tanda Gaslighting dalam Pernikahanfreepik.com/wayhomestudio

Ketika gaslighter melakukan kebohongan secara bertahap dan terus menerus maka ini bisa menjadi hal yang berbahaya. Ia akan menarikmu ke dalam kebohongannya dan membuatmu menjadi lelah dari waktu ke waktu.

10. Ia menyebutmu gila

Coba Lebih Peka, Ini 10 Tanda Gaslighting dalam Pernikahanfreepik.com/gpointstudio

Karena seorang gaslighter jago dalam hal manipulasi, maka ia bisa saja menyebutmu gila. Cara ini adalah salah satu cara yang paling efektif, karena bisa membuatmu merasa diremehkan dan tertekan.

Gaslighter tahu kalau mereka mempertanyakan kewarasanmu, orang-orang tidak akan mempercayaimu ketika kamu memberi tahu mereka bahwa pasanganmu itu kasar atau di luar kendali.

Nah, kalau kamu merasakan sebagian besar dari tanda-tanda gaslighting dalam pernikahan di atas, maka kamu patut wasapada! Cobalah untuk mencari bantuan dari orang-orang terdekatmu, ya, dan tetap berpikiran jernih.

Baca Juga: 7 Artis yang Berkali-kali Pindah Agama karena Pernikahan

Baca Juga: Cara Menghitung Kalender Jawa Weton untuk Pernikahan

Baca Juga: 7 Alasan Pernikahan Justru Nggak Awet Setelah Pacaran Lama