Pernikahan membuat kita harus menyesuaikan diri satu sama lain dengan pasangan. Mulai dari hal yang besar sampai yang terlihat sepele, seperti halnya jam tidur malam.

Mungkin banyak dari kita yang menganggap bahwa perbedaan waktu tidur itu tidak berpengaruh apa pun dalam hubungan. Padahal, hal itu bisa berdampak terhadap keharmonisan, lho.

Dilansir dari laman Bright Side, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pasangan yang tidur di waktu bersamaan bisa menguatkan hubungan dalam pernikahan. Selain itu, ada juga beberapa alasan lain mengapa pasangan harus tidur di waktu bersamaan. Penasaran apa saja?

1. Bisa membuat pillow talk dan berpelukan menjadi bagian dari rutinitas harian

5 Alasan Suami Istri Perlu Tidur di Waktu Bersamaanfreepik.com/ArthurHidden

Banyak pasangan yang mendambakan pelukan hangat dibarengi sedikit obrolan ringan bersama orang yang mereka cintai. Namun, berapa banyak dari kita yang benar-benar menyediakan waktu untuk melakukannya?

Inilah mengapa tidur di waktu bersamaan dengan pasangan membuat kalian memiliki lebih banyak waktu kualitas bersama. Kalian jadi memiliki rutinitas untuk sesi pillow talk dan cuddling, lho.

2. Membantu mengatasi masalah dan perbedaan pendapat

5 Alasan Suami Istri Perlu Tidur di Waktu BersamaanPexels.com/Ketut Subiyanto

Dalam rumah tangga, terkadang hal-hal kecil bisa mengarah pada pertengkaran. Jika kamu dan pasangan terlalu lama membiarkannya, tentu bisa berpengaruh juga pada hal lain, seperti mood kamu dalam menjalani hari.

Akan tetapi, ketika kamu dan pasangan memiliki waktu tidur bersamaan, kalian akan memiliki kesempatan untuk membicarakan masalah tersebut. Dengan demikian, ini akan membantumu mendapatkan mood yang baik di pagi hari dan bisa tidur malam dengan nyenyak tanpa membawa masalah di pikiran.

3. Membuat satu sama lain saling mengisi dan menyesuaikan

5 Alasan Suami Istri Perlu Tidur di Waktu BersamaanPexels.com/Andrea Piacquadio

Tidur di waktu bersamaan dengan pasangan bisa membantumu menyesuaikan, menyinkronkan diri bersama, dan juga merasa lebih nyaman karena ada perasaan berbagi satu sama lain.

Setiap pasangan pasti memiliki kebisaan dan jam tidur yang berbeda, dan perbedaan ini terkadang bisa mendatangkan masalah. Misal, pasanganmu terbiasa begadang, dan kamu tidur lebih cepat. Lalu, saat ia membutuhkan sesuatu ia akan membangunkanmu. Tentu hal ini bisa membuat suasana hatimu jadi buruk kan? Maka dari itu, tidur di waktu bersamaan bisa menjadi solusinya.

4. Meningkatkan kesehatan fisik

5 Alasan Suami Istri Perlu Tidur di Waktu Bersamaanfreepik.com/orion_production

Tidur bersama itu tidak hanya tentang hubungan, lho, tetapi juga berpengaruh pada kinerja tubuh. Waktu tidur yang sama bisa menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu mengurangi peradangan.

Penelitian juga mengungkapkan, ketika seseorang tidur dalam keadaan berpelukan, ada hormon dalam tubuh yang berpengaruh. Hormon ini adalah oksitosin yang membuatmu merasa lebih dekat secara hati dengan pasangan.

5. Meningkatkan kesehatan mental dan emosional

5 Alasan Suami Istri Perlu Tidur di Waktu BersamaanPexels.com/cottonbro

Tidak hanya fisik, nyatanya tidur di waktu bersamaan dengan pasangan meningkatkan kesehatan mental dan sisi emosional. Hal ini bisa mengurangi kecemasan dan membuatmu lebih santai.

Kamu juga bisa merasa lebih bahagia karena adanya percakapan yang terjadi ketika kalian memiliki waktu tidur yang sama.

Nah, sekarang sudah tahu kan alasan mengapa pasangan harus tidur di waktu bersamaan? Jadi, selamat menyesuaikan, Bela!

Baca Juga: 7 Manfaat Memeluk Pasangan Setelah Berhubungan Seks

Baca Juga: 5 Manfaat Pillow Talk dalam Menjaga Keharmonisan Hubungan

Baca Juga: 9 Manfaat Tidur Telanjang Bagi Pasangan Suami Istri