Uang merupakan salah satu elemen yang memiliki peran penting dalam kehidupan, salah satunya dalam hubungan percintaan. Uang disebut-sebut sebagai salah satu pemicu hancurnya hubungan pasangan kekasih, bahkan pasangan suami-istri. Pertengkaran yang disebabkan karena ketimpangan penghasilan, pengeluaran, atau pun status seseorang acap kali didasari oleh uang.

Cinta dalam sebuah hubungan yang dibangun karena ambisi ingin mempunyai uang banyak akan berakhir di saat uang itu sudah tidak mampu lagi "membeli" cintanya. Sebenarnya masalah pokok dalam hubungan berpasangan bukan disebabkan oleh uang, tetapi lebih kepada perbedaan visi atau tujuan mengenai pengelolaan uang itu sendiri. Namun ternyata selain sisi negatif, ada juga lho hal-hal positif yang disebabkan oleh uang dalam satu hubungan. Maka, inilah alasan mengapa uang bukanlah masalah besar yang akan menghambat hubunganmu!

1. Uang justru bisa membuat hubungan sukses

Uang Sebenarnya Bukan Masalah dalam Pernikahan, Ini AlasannyaPixabay.com/Olya Adamovich

Uang menjadi salah satu faktor yang bisa menentukan kesuksean hubungan cinta seseorang. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kemampuan materi seseorang berbanding lurus dengan kesempatan mendapatkan hubungan cinta yang lebih baik dan bahagiaan.

Semakin banyak uang dan mapan seseorang, semakin semakin besar pula persentase kehidupan percintaannya berjalan baik. Hubungan percintaan yang bahagia ternyata bisa diukur oleh materi yang dikeluarkan. Uang hanyalah sebuah alat yang jika digunakan secara efektif akan membuatmu memiliki hubungan yang baik dengan pasanganmu. Semakin sedikit penghasilan, semakin sulit juga merasakan hubungan cinta yang bahagia.

2. Masalah keuangan membantu kamu dan pasangan untuk saling memahami

Uang Sebenarnya Bukan Masalah dalam Pernikahan, Ini AlasannyaInstrucables.com

Ada pepatah yang mengatakan jika karakter asli seseorang akan terlihat jika berurusan dengan uang. Seperti kepribadian manusia lainnya, kamu dan pasanganmu memperoleh pemahaman mengenai uang dari orang tua, pandangan mengenai uang pun sering dipengaruhi orang tua. Makanya, kamu bisa mulai saling terbuka menceritakan pandanganmu mengenai uang.

Saling terbuka dan jujur menceritakan pengalaman terkait uang justru sangat baik. Hal ini akan membantu kamu dan pasangan mengerti satu sama lain akan pandangan masing-masing tentang uang dalam hidup. Pada akhirnya, ketika ada permasalahan keuangan di kemudian hari akan dengan mudah terselesaikan.

3. Urusan keuangan melatih kemampuan dalam berkomunikasi

Uang Sebenarnya Bukan Masalah dalam Pernikahan, Ini Alasannyafreepik.com/doucefleur

Komunikasi yang baik menjadi salah satu faktor yang menjamin sebuah pasangan menjadi langgeng dan harmonis, termasuk urusan keuangan. Pasalnya, uang selalu menjadi topik yang sensitif untuk dibicarakan, sehingga kamu perlu menyampaikannya secara tenang dan rasional.

Kamu dan pasangan bisa duduk bersama untuk membicarakan pendapatan masing-masing, pengeluaran, serta tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam jangka waktu dekat maupun jangka waktu panjang. Tujuan mana yang diprioritaskan dan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Diskusikan lebih rinci tujuan keuanganmu dan dia secara realistis dengan kemungkinan resiko yang akan dihadapi tentunya.

4. Menyatukan rekening bank meningkatkan kepercayaan

Uang Sebenarnya Bukan Masalah dalam Pernikahan, Ini AlasannyaPixabay.com/Nattanan38

Menurut penelitian, memiliki tabungan terpisah bisa berdampak buruk pada pernikahan. Hal ini terkait relasi dan kepercayaan yang dibentuk dalam hubungan dalam sebuah rumah tangga. Pernikahan adalah menyatukan dua pribadi dalam kehidupan rumah tangga.

Mengawali pernikahan dengan keterbukaan akan menimbulkan rasa percaya dan saling menghargai dengan pasangan. Menyatukan rekening penghasilan akan memudahkanmu dan pasangan dalam merencanakan keuangan, anggaran bulanan, alokasi, hingga investasi untuk masa depan.

5. Perkara finansial akan meningkatkan rasa tanggung jawab

Uang Sebenarnya Bukan Masalah dalam Pernikahan, Ini Alasannyapixabay.com/stevepb-

Walaupun kamu dan pasanganmu rutin berdiskusi dan saling terbuka terkait keuangan, namun akan lebih efektif jika hanya salah satu dari kalian yang memegang kendali keuangan. Hal ini meliputi pembayaran tagihan rutin, anggaran, belanja bulanan, pengelolaan investasi dan lain-lain. Selain memudahkan memantau arus uang yang masuk dan keluar karena peran dan tugas masing-masing yang berbeda, hal ini juga akan meningkatkan rasa tanggung jawab masing-masing pasangan serta meningkatkan rasa saling percaya.

6. Mengatasi masalah keuangan membuat hubungan semakin kuat

Uang Sebenarnya Bukan Masalah dalam Pernikahan, Ini Alasannyalifehack.org

Berurusan dengan permasalahan keuangan adalah salah satu cara untuk mengukur seberapa kuat hubunganmu dan dia. Banyak pasangan yang bertengkar, hingga berpisah saat mereka dihadapkan pada kehancuran finansial. Namun, jika kamu dan pasangan bisa bertahan bersama dan menyingkirkan beban keuangan sebagai sebuah tim, maka tidak diragukan lagi akan membuat ikatan kamu dan dia lebih kuat dari sebelumnya.

Pada dasarnya uang hanyalah sebuah alat, benda mati yang akan menjadi baik ataupun buruk tergantung bagaimana kamu menggunakannya. Namun uang acap kali dijadikan kambing hitam dalam perselisihan sebuah hubungan. Sebenarnya uang sendiri bukanlah persoalan pertama, karena seharusnya jika komunikasi antar pasangan berjalan lancar, maka masalah keuangan pastinya tidak akan pernah menghampiri dalam hubungan. 

Adanya hubungan pasangan yang selalu kompak dan komunikasi yang baik dengan ikatan emosi yang kuat membuat semua persoalan tentang uang selalu bisa didiskusikan serta dapat terselesaikan. Keterbukaan dapat mempererat hubungan, sedangkan rahasia dapat menimbulkan kecurigaan yang dapat memicu perselisihan dan perpecahan.

Cara mengatur keuangan di setiap keluarga tentu akan berbeda tergantung dari diskusi yang dilakukan oleh setiap pasangan. Seperti apa pun nantinya kamu akan mengatur keuangan dengan pasangan, hal terpenting adalah bagaimana cara mengatur uang kalian tersebut agar bisa dipertanggung jawabkan kepada pasangan masing-masing. Selamat berusaha, ya!

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "Ini Alasan Mengapa Uang Bukan Masalah Besar dalam Hubungan"

Baca Juga: Mewah Banget! Ini 5 Pernikahan Selebgram yang Paling Mencuri Perhatian