Setiap orang pasti ingin memiliki hubungan yang langgeng dengan pasangan hingga maut memisahkan. Kenyataannya, tak sedikit rumah tangga yang justru kandas di tengah jalan dan akhirnya menimbulkan perceraian. Lantas, apa, sih, tips agar hubungan lebih tahan lama?

Dikutip dari laman University of Michigan, tips pernikahan yang langgeng adalah perasaan bahagia seorang istri. Perlu diketahui bahwa kebahagiaan istri tergantung pada perilaku suami, karena itu yang menjadi fondasi dalam pernikahan. Untuk itu, ada beberapa tipe suami yang bisa bikin istri bahagia. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak ulasannya!

1. Mampu mengontrol emosi

5 Tipe Suami yang Bisa Bikin Istri Bahagia Menurut Para AhliPexels.com/Pavel Danilyuk

Mengutip dari jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, tipe suami yang bisa bikin istri bahagia pertama adalah mampu mengontrol emosi. Suami yang mampu mengatur emosinya akan mudah menyelesaikan masalah dalam rumah tangga, sehingga tidak berlarut-larut, apalagi sampai tidak terselesaikan.

Dalam kehidupan pernikahan, sebuah kewajaran jika ada saja permasalahan yang datang meski hanya hal sepele. Jika suami mampu menstabilkan emosi, dia akan bijaksana dalam mengambil langkah untuk penyelesaian masalah. Namun, jika suami tidak mampu menangani emosinya, tentu masalah akan menjadi panjang, dan istri merasa sedih mendalam, sehingga pada akhirnya perasaan itu menjadi terpendam. Itu sangat tidak baik, lho, Bela.

2. Suami yang family man

5 Tipe Suami yang Bisa Bikin Istri Bahagia Menurut Para AhliPexels.com/PNWproduction

Selain mampu mengontrol emosi, tipe suami ideal juga terdapat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences,  yaitu suami yang family man. Suami seperti ini tidak hanya sekadar membuat utuh kebutuhan keluarga saja, melainkan juga memprioritaskan keluarga di atas segalanya.

Intinya, suami yang family man tidak akan melewatkan momen quality time bersama keluarga. Sesibuk apa pun urusannya di luar rumah, dia akan memberikan yang terbaik untuk keluarganya.

3. Menghargai keinginan istri

5 Tipe Suami yang Bisa Bikin Istri Bahagia Menurut Para AhliPexels.com/Jacksparrow

Berdasarkan penelitian The Gottman Institute, suami yang menghargai keinginan atau perkataan istri memiliki pernikahan yang lebih bahagia. Suami yang menolak keinginan istri dan cenderung mengambil otoritas penuh dalam pernikahan akan menimbulkan perpecahan dalam rumah tangga, karena suami tidak dapat menurunkan sikap egoisnya.

Karena, yang sebenarnya adalah istri ingin menyelesaikan masalah dengan berdiskusi serta solusi yang tepat. Terlebih lagi, jika suami mempunyai ide yang cerdik akan lebih memungkinkan untuk pengaruh ketahanan rumah tangga.

4. Selalu setia terhadap istri

5 Tipe Suami yang Bisa Bikin Istri Bahagia Menurut Para AhliPexels.com/Trungnguyen

Menurut penjelasan psikolog dr. Nishna Khanna, suami yang selalu setia memiliki pengaruh yang kuat dalam kesejahteraan istri. Setiap perempuan pastinya mengingkan suami yang setia hanya kepadanya. Banyak istri yang merasa overthinking  dan penuh curiga kalau suaminya akan berselingkuh di belakangnya.

Jika suami mampu bersikap setia, perasaan istri akan menjadi tentram. Hal ini tidak akan membuat istri menjadi terbebani perasaannya, karena dia memiliki keyakinan bahwa suaminya akan setia. Pernikahan akan menjadi sejahtera jika istri tidak banyak pikiran buruk terhadap suaminya.

5. Sering membuat tertawa

5 Tipe Suami yang Bisa Bikin Istri Bahagia Menurut Para AhliPexels.com/KetutSubiyanto

Dilansir dari laman marriage.com, suami yang humoris bisa menjadi tipe suami yang bisa bikin istri bahagia. Laki-laki yang bisa membuat tertawa adalah sosok yang biasanya diidamkan oleh kebanyakan perempuan. Sikap humor memiliki manfaat yang baik dalam pernikahan, seperti menghilangkan potensi pertengkaran, meredakan stres, dan mendukung kepuasan dalam hubungan.

Pasangan yang khususnya memiliki selera humor yang sama, tentunya akan membuat pernikahan menjadi lebih berwarna. Selain itu, dapat memelihara perasaan cinta di antara keduanya.

itulah beberapa tipe suami yang bisa bikin istri bahagia supaya pernikahan menjadi langgeng. Kira-kira, pasanganmu termasuk nggak, nih, Bela?

Baca Juga: 10 Ciri Cinta Palsu dalam Pernikahan, Patut Diwaspadai!

Baca Juga: 4 Tipe Laki-Laki Saat Chatting yang Bisa Bikin Kamu Patah Hati! 

Baca Juga: Apa Itu Red Flag dalam Pernikahan? Ini Dia Bahayanya