Cincin pernikahan menjadi salah satu persiapan yang penting di hari pernikahan. Tak hanya perhiasan biasa, cincin pernikahan sebagai lambang cinta dan komitmen yang tak lekang oleh waktu. 

Simbolisme cincin nikah terkait erat dengan bentuknya, yaitu lingkaran. Sepanjang sejarah, lingkaran telah digunakan sebagai metafora untuk konsep totalitas, keutuhan, kesempurnaan, ketidakterbatasan, dan keabadian.

Sifat lingkaran yang abadi juga membuat cincin nikah melambangkan cinta abadi. Bahan yang digunakan untuk cincin nikah melambangkan kekuatan dan cinta yang tak terpatahkan.

Cincin nikah terbuat dari logam mulia yang sulit untuk dipatahkan atau dirusak, yang mana mewakili cinta tak terpatahkan yang dimiliki pasangan satu sama lain. Jika awalnya cincin nikah hanya memiliki model sederhana, kini seiring berjalannya waktu, model cincin sudah semakin beragam. 

Ada yang ditambah berlian atau permata, hingga bentuk-bentuk lainnya. Nah, berikut ada inspirasi model cincin nikah mewah. 

Faktor yang memengaruhi cincin nikah mewah

Jika mendengar cincin nikah mewah, pasti kita akan berpikir tentang harganya yang fantastis. Ada banyak faktor yang bisa membuat sepasang cincin nikah menjadi mewah dan berharga fantastis, ini termasuk:

1. Logam cincin

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknapexels.com/caio

Ada banyak jenis logam yang bisa kamu dan pasangan pilih untuk cincin nikahmu, mulai dari emas, palladium, dan perak. Cincin dengan banyak aksen akan jauh lebih mahal daripada yang polos.

Untuk itu, kamu bisa menyesuaikan budget-nya. Jika memang kamu memang mencari yang mewah dan punya banyak budget, tidak masalah jika kamu memberikan permintaan khusus terhadap logam cincin.

Semakin tinggi logam cincinnya dan semakin indah, maka akan semakin mahal. Jika kamu memilih emas untuk cincin nikah, pilihlah yang kadarnya 18 karat yang kuat dan tidak mudah bengkok.

2. Model cincin nikah

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknapexels.com/danielle-de-angelis

Semakin tinggi tingkat kesulitan pembuatan cincin, maka harganya pun akan semakin tinggi juga yang menjadikannya lebih mewah. Tebal tipisnya cincin, serta beratnya juga memengaruhi harga.

Dalam memilih model cincin nikah, kamu bisa menyesuaikannya dengan kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari. Jika ingin yang mewah sekalipun, pastikan itu akan nyaman untukmu. 

3. Kadar emas di cincin

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknapexels.com/gabriel-peter

Selain kandungannya, kadar emas juga memberikan pengaruh terhadap harga jual dari cincin. Kadar emas yang ditawarkan biasanya mulai dari 70% sampai 99%. Umumnya, cincin nikah akan memakai cincin dengan kadar 70%.

4. Bahan cincin

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknapexels.com/element-digital

Cincin nikah tak hanya dibuat dari emas kuning. Saat ini ada banyak jenis bahan yang kerap dipakai. Mulai dari emas putih, palladium, platinum, hingga yang sedang kekinian rose gold. Tentu saja setiap bahan punya kelebihan dan kekurangan serta harga yang berbeda. 

5. Batu permata yang ada di cincin

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknapexels.com/axecop

Jika pilihanmu jatuh pada cincin nikah berlian, hal yang perlu kamu perhatikan adalah unsur 4C, yaitu carat, clarity, color, dan cut. Semakin tinggi kualitas berlian yang kamu pilih, tentu saja harganya akan semakin mahal.

Beberapa model cincin nikah mewah

Ada beberapa inspirasi model cincin nikah mewah yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu.

1. Ice cube pure ring dari Chopard ini bisa menjadi inspirasi untuk cincin nikha mewah. Ada dua warna tersedia, yaitu gold dan silver.

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknachopard.com

2. Cincin nikah dari Tiffany & Co. dengan model V ini sangat cocok dengan cincin pertunangan enam cabang, atau bisa dipasangkan dengan cincin bertatahkan permata.

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknainternational.tiffany.com

3. Simpel tapi mewah, kamu juga bisa memilih model dari BVLGARI Fedi Wedding Ring yang tampak manis dengan diamond di tengah.

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknabulgari.com

4. Jika berlian yang sebelumnya terlihat di luar, model dari Chaumet ini punya berlian tersembunyi yang mewujudkan janji berkilau yang tak terucapkan yang dibuat oleh pasanganmu.

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknachaumet.com

5. Bak mahkota, cincin nikah mewah dari Tiffany & Co. ini juga bisa kamu pertimbangkan.

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknainternational.tiffany.com

6. Kamu yang suka berlian, cincin nikah dari Piaget ini bisa kamu pertimbangkan. Ada 23 potongan berlian berkilauan yang cantik untuk jarimu.

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknapiaget.com

7. Kalau kamu suka yang simpel, Tiffany Harmony Wedding Ring satu ini bisa masuk dalam wishlist.

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknainternational.tiffany.com

8. Bosan dengan warna-warna biasa, cincin nikah set dari Blue Nile dengan safir ini bisa kamu pilih.

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknabluenile.com

9. Timeless Wedding Bands dari Chopard satu ini memiliki berlian yang berkilauan yang menjadi pusat perhatian sebagai pengingat cinta yang abadi.

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknachopard.com

10. Jika kamu pecinta warna rose gold, Classic Diamond Eternity and Ridged Wedding Ring Set dari Blue Nile ini mungkin cocok untukmu.

10 Model Cincin Nikah Mewah, Penuh Berlian dan Kaya Maknabluenile.com

Itulah 10 model cincin nikah mewah yang bisa kamu pilih dan pertimbangkan. Kamu tertarik yang mana, Bela?

Baca Juga: Pakai Cincin Nikah di Jari Mana? Ini yang Benar!

Baca Juga: 7 Cincin Kawin Unik yang Dipilih Artis untuk Hari Bahagianya

Baca Juga: Mengapa Cincin Kawin Dipakai di Jari Manis? Ini Penjelasannya