Pernikahan tidak hanya menyatukan dua insan, tapi juga menyatukan dua keluarga. Kehidupan rumah tangga tak lepas dari persoalan, tapi banyak hal juga yang membuat bahagia. Memiliki mertua yang penuh kasih dan perhatian memang menyenangkan, tapi terkadang mereka juga bisa menimbulkan gesekan hingga menyakiti hati. 

Berikut 25 curahan hati menantu untuk mertua, dari keluh kesah hingga rasa syukur, yang mungkin mewakili perasaanmu. 

Ucapan rasa syukur dan terima kasih untuk mertua

25 Curahan Hati Menantu untuk Mertua yang Mewakili Perasaanmufreepik.com/Drazen Zigica

1. "Setiap detik adalah nilai yang tak terhingga, begitu juga menjadi menantu dan pasangan dari anakmu adalah hal yang berharga."

2. "Terima kasih ibu mertua, tanpamu aku tak akan bertemu dengan sosok suami terbaik yang kini menemani hari-hariku."

3. "Aku beruntung dan bersyukur memiliki mertua yang baik, sabar, dan tak membeda-bedakan."

4. "Ibu, terima kasih sudah melahirkan anak yang saleh. Bantu aku untuk membahagiakan anakmu dan merawatnya sebaik dirimu."

5. "Ibu, Bapak, terima kasih sudah menyayangiku seperti anakmu sendiri. Aku juga mengasihimu seperti ibu dan ayahku sendiri."

6. "Ibu, terima kasih telah membimbingku menjadi istri yang baik. Terima kasih selalu berdoa yang terbaik untuk kami dan mendukung kami."

7. "Aku memang bukan menantu yang sempurna. Namun kau adalah mertua yang luar biasa karena bisa menerima kelebihan serta kekuranganku."

8. "Harta yang paling berharga adalah keluarga, serta rukun dengan mertua."

Keluh kesah menantu untuk mertua yang tinggal bersama

25 Curahan Hati Menantu untuk Mertua yang Mewakili Perasaanmumarriagemissions.com/AdobeStock_

1. "Tinggal bersama mertua memang terasa berat. Kala kamu kelelahan dan butuh istirahat, tapi di saat yang sama mertua mengerjakan sesuatu dan seolah menunjukkan kesan butuh bantuan."

2. "Satu rumah dengan mertua akan menimbulkan persaingan. Kamu ingin agar suamimu lebih mengutamakanmu, tapi di sisi lain orang tuanya juga punya hak untuk diutamakan oleh anaknya sendiri.”

3. "Seindah-indahnya pondok mertua, akan lebih enak tinggal sederhana di rumah kontrakan. Memulai sesuatu dari awal dan dengan makan seadanya."

4. "Tinggal bersama mertua itu bukan hal mudah. Harus selalu menjaga perilaku, tutur kata, dan rajin membersihkan rumah. Namun, tinggal di rumah sendiri juga bukan berarti kamu bisa seenaknya melupakan mertua atau orangtua."

5. "Sehebat apa pun pekerjaan rumah yang sudah diselesaikan menantu, tidak akan memiliki arti apa-apa jika belum memberikan pelayanan memuaskan kepada ibu mertua."

6. "Selain terjadi pada tahun 1945, kemerdekaan yang paling berkesan adalah ketika menantu punya rumah sendiri setelah sebelumnya tinggal bersama mertua."

Keluh kesah menantu untuk mertua dengan hubungan yang rumit

25 Curahan Hati Menantu untuk Mertua yang Mewakili Perasaanmufamilyeducation.com/getty

1. "Hubungan menantu dan mertua memang selalu rumit dan sulit dipahami. Bahkan, sebagian besar seorang ibu mertua akan 'memprogram' dirinya sendiri untuk tidak menyukai menantunya."

2. "Pemikiran ibu mertua yang beranggapan bahwa dirinya lebih mengerti anaknya dibandingkan istrinya akan membuat menantu selalu salah di mata mertua.”

3. “Dicintai suami tapi tidak disayang mertua itu bagaikan makan buah simalakama.”

4. “Apa pun yang sudah aku lakukan, yang dilihat mertua adalah yang belum dilakukan.”

5. “Serajin-rajinnya menantu, tidak akan mengalahkan anak kandung mertua yang pemalas.”

6. "Ratusan kali anak membantah ibu kandung, banyak dianggap biasa dan mudah dimaafkan. Tapi, sekali saja anak berani membantah ibu mertua, biasanya dianggap keterlaluan dan sulit dimaafkan."

Kata-kata bijak menantu untuk mertua

25 Curahan Hati Menantu untuk Mertua yang Mewakili Perasaanmupexels.com/Andrea Piacquadio

1. "Seperti apa pun sikap dan sifat mertua, semua itu hanya karena pola pikir yang sangat berbeda. Mungkin kalau kamu mengisi posisinya, kamu bisa bersikap sama bahkan lebih buruk darinya."

2. "Hormati dan sayangi mertuamu, sebagaimana engkau menghormati dan menyayangi ibu kandungmu. Karena bagaimana pun, dia yang telah mengandung dan melahirkan suamimu."

3. "Duhai calon ibu mertuaku, kau kuanggap seperti ibuku, maka kuberharap menjadi anak perempuanmu yang kau sayang."

4. "Mertua bukan musuh. Hormati dan sayangi mertuamu, sebagaimana engkau menghormati ibu dan ayah kandungmu. Karena bagaimana pun mereka yang telah merawat dan membesarkan suami atau istrimu."

5. "Mertua, jangan pernah engkau mengkritik segala kekurangan menantumu, karena pastinya anak lelakimu juga punya kekurangan di mata istri dan mertuanya."

Itulah 25 curahan hati menantu untuk mertua yang mungkin mewakili perasaanmu. Ada yang paling related denganmu, Bela?

Baca Juga: 7 Faktor Penyebab Menantu dan Mertua Sering Tidak Akur

Baca Juga: Kata-Kata tentang Mertua dan Menantu

Baca Juga: 7 Adab Menantu Terhadap Mertua menurut Agama Islam