Dari semua persiapan pernikahan, salah satu hal yang nggak boleh dilupakan adalah cincin kawin. Sebenarnya, tradisi bertukar cincin saat tunangan atau menikah masih belum jelas asal-usulnya, namun cincin sudah dianggap sebagai hal yang perlu ada dalam pernikahan karena sebagai simbol ikatan yang sah. Dalam memilih cincin pernikahan ternyata nggak bisa sembarang pilih nih, Bela. Ada beberapa aturan dan tips yang perlu kita terapkan supaya nggak menyesal nantinya.

5 Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Pernikahan
 

Coba hitung kembali biaya yang kamu dan pasangan keluarkan untuk mengadakan resepsi pernikahan. Apakah uang yang terpakai sudah terlalu banyak sehingga budget semakin menipis? Kalau begitu, kamu dan pasangan bisa memilih cincin pernikahan yang sesuai dengan kondisi keuangan. Nggak harus puluhan juta, dengan uang dibawah 3 juta kamu juga bisa mendapatkan sepasang cincin yang cantik. Salah satu tips dari Popbela untuk mendapatkan cincin dengan harga miring adalah mengunjungi kota atau tempat kerajinan perak. Biasanya, mereka juga buka jasa pembuatan cincin sesuai pesanan dengan harga miring. Tips lain yaitu belilah cincin yang sudah tersedia di etalase toko. Biasanya, cincin yang siap beli lebih murah dibandingkan cincin yang harus dibuat terlebih dahulu.

5 Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Pernikahan
 

Pada umumnya, cincin kawin terbuat dari emas, baik itu dari emas kuning atau emas putih. Ada juga cincin yang menggunakan bahan campuran, dalam arti kandungan emas hanya sekian persen. Namun perlu diketahui bahwa ajaran agama tertentu melarang laki-laki menggunakan aksesori berbahan emas. Dalam Islam, laki-laki dilarang menggunakan cincin emas, entah itu emas putih atau emas kuning atau cincin berbahan campuran yang mengandung emas. Bahan pengganti emas untuk cincin kawin ada beberapa pilihan, yaitu platinum, paladium dan perak. Sedangkan wanita diperbolehkan menggunakan aksesori berbahan emas.

5 Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Pernikahan
 

Kalau kamu dan pasangan berniat untuk membuat cincin atau custom, sebaiknya pesanlah cincin sekitar dua bulan sebelum hari H. Desain yang rumit membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama. Selain itu, karena kamu dan pasangan punya kesempatan untuk memilih desain sesuai keinginan, lebih baik sesuaikan dengan kepribadian kamu, Bela. Kalau gaya keseharianmu lebih praktis, kamu bisa memilih cincin dengan ukiran dan mata yang kecil. Namun kalau kamu hobi tampil feminin, nggak ada salahnya memilih cincin dengan berlian di tengahnya.

5 Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Pernikahan
 

Jangan salah, pekerjaan ternyata juga berpengaruh terhadap cincin kawin yang akan kalian pilih. Kalau calon suami sering bekerja di lapangan seperti kontraktor, pertambangan atau arsitek dan sering terpapar sinar matahari, lebih baik pilih bahan cincin seperti paladium atau platinum dengan kadar di atas 50%. Sebaliknya, kalau kamu lebih banyak bekerja di dalam ruangan, cincin dengan bahan apapun nggak masalah.

5 Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Pernikahan
 

Ada beberapa orang yang mudah alergi jika mengenakan perhiasan dengan bahan-bahan tertentu. Padahal, cincin kawin akan dipakai setiap hari. Bayangkan jika kamu mulai berkeringat dan bahan cincin yang kamu gunakan ternyata nggak cocok dengan kulitmu. Buat kamu yang nggak terbiasa menggunakan perhiasan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apakah kamu termasuk orang yang alergi dengan emas, perak atau bahan lainnya.

Baca Juga : 12 Inspirasi Model Cincin Tunangan Berdasarkan Zodiakmu