Merencanakan pernikahan mungkin terkesan mudah saat dibayangkan, tapi belum tentu mudah saat dijalankan. Ada begitu banyak keperluan yang dipersiapkan dan nggak jarang hal tersebut membuat calon pengantin pusing bukan kepayang. Hal ini rupanya nggak begitu dialami oleh penyanyi berbakat Indonesia, Andien Aisyah.

Inspiratif, Ini Cerita Andien Aisyah di Balik Pernikahannya yang ViralPopbela.com/Mega Dini

Saat ditemui di acara Bridestory Market 2019 di ICE BSD, kepada Popbela Andien berbagi cerita tentang persiapan pernikahannya dengan Irfan Wahyudi atau yang akrab disapa Ippe pada tahun 2015 silam. Beruntung baginya dan suami, pernikahan mereka nggak membutuhkan waktu yang lama untuk dipersiapkan.

Persiapan yang singkat

Inspiratif, Ini Cerita Andien Aisyah di Balik Pernikahannya yang ViralInstagram.com/andienaisyah, owlsomeproject, prabumi.vega

“Kita berdua sangat tahu apa yang kita mau, karena suamiku terbiasa motret di wedding, aku juga terbiasa kerja di wedding, jadi kita tahu bayangannya kira-kira apa yang kita mau. Sehingga kita bisa memangkas banyak kemungkinan yang tidak kita banget.” Andien pun juga bersyukur telah diberi kepercayaan dan kebebasan oleh keluarga untuk mengatur pernikahannya sendiri.

Mengatur pernikahan secara mandiri bukan berarti lepas dari tantangan. Andien pun mengaku bahwa banyak hal yang perlu dibuat sendiri dengan bantuan teman-temannya. Jasa wedding organizer hanya digunakan pada hari H.

Bicara soal mahar murah

Inspiratif, Ini Cerita Andien Aisyah di Balik Pernikahannya yang ViralInstagram.com/andienaisyah

Bukan rahasia lagi jika Andien menjadi salah satu artis yang menikah dengan mahar yang murah jika dibandingkan dengan kebanyakan artis. Ketika ditanya tentang alasannya, ibu dari Anaku Askara Biru ini menjawab dengan bijak. 

Aku rasa bukan masalah nominalnya, tapi masalah janji yang memang berarti di hari itu. Aku dari awal nggak mau pernikahan yang luar biasa. Bukan ingin sederhana juga, tapi aku ingin menjadi diriku sendiri. Aku rasa ketika kita mengusahakan yang ada di luar kita, itu berarti bukan kita.” Di hari spesialnya tersebut, Andien dan Ippe hanya mengundang 30 orang saat prosesi akad nikah dan 75 orang saat resepsi. Baginya, mahal atau murah itu relatif.

Tips untuk calon pengantin

Inspiratif, Ini Cerita Andien Aisyah di Balik Pernikahannya yang ViralInstagram.com/andienaisyah

“Be yourself. Hari pernikahan itu menjadi hari yang nggak akan kamu lupa seumur hidup. Jadi jangan biarkan bayang-bayang atau keinginan menjadi orang lain ada di hari itu. Lima atau sepuluh tahun ke depan, album foto itu yang akan kamu buka. Segala filosofinya ada di situ.” 

Satu lagi yang ditekankan perempuan bezodiak Virgo ini yaitu calon pengantin yaitu less drama. Meski drama menjelang pernikahan itu ada, mental calon pengantin untuk siap menghadapi masalah harus dipersiapkan dari jauh hari, bahkan sebelum mempersiapkan keperluan fisik lainnya. Andien juga menambahkan kalau calon pengantin zaman sekarang perlu lebih kreatif, salah satunya seperti yang ia lakukan saat mencari venue pernikahan. Saat itu, Andien dan Ippe menyewa kawasan yang biasa dibuat camping sebagai lokasi pernikahan sebelum tempat tersebut populer seperti sekarang.

Wah, banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari Andien. Semoga bisa menginspirasi kamu dan pasangan yang akan menikah, ya.

Baca Juga: Belajar Menyeimbangkan Kerja dan Keluarga dari Andien Aisyah