Kabar bahagia datang dari kerajaan Inggris. Pada hari Senin (4/8) waktu setempat, Kensington Palace mengumumkan bahwa Kate Middleton tengah mengandung anak ketiganya. Itu artinya, Pangeran George (4) dan Putri Charlotte (2) sebentar lagi punya adik. Tengah hamil, kondisi kesehatan Kate menurun dan menderita hyperemesis gravidarum, kondisi yang juga dialami Kate saat mengandung Pangeran George dan Putri Charlotte. Seluruh anggota keluarga kerajaan, para penggemar dan sebagian netizen bersuka cita mendengar kabar bahagia ini. Sayangnya, sebagian netizen justru merasa geram dengan kabar kehamilan Kate. Ada apa ya?

1. Kebijakan tentang kredit pajak anak

Sebelum bicara lebih lanjut tentang reaksi negatif netizen, nggak ada salahnya kita menambah wawasan sedikit seputar peraturan baru di Inggris. Melansir dari Mirror, pada bulan April 2017, pemerintah Inggris menerapkan peraturan kredit pajak anak, di mana pemerintah akan membantu biaya kebutuhan anak bagi pasangan berpenghasilan rendah. Supaya sepasang suami istri bisa merasakan bantuan tersebut, maka mereka harus mendaftarkan diri. Jika single parent, maka klaim tersebut juga harus diisi oleh orangtua sang single parent tersebut.

2. Batasan jumlah anak dalam keluarga

Setiap keluarga akan menerima bantuan dari pemerintah untuk setiap anak yang mereka punya. Sebenarnya sistem bantuan ini sudah ada sebelumnya, namun peraturan baru menetapkan bahwa hanya 2 anak pertama lah yang akan dibantu. Jika sepasang suami istri memiliki anak yang lahir setelah tanggal 6 April 2017, maka biaya hidup anak ketiga nggak ditanggung pemerintah. Itulah mengapa keluarga yang memiliki anak ketiga dianggap sebagai keluarga kaya. Peraturan ini otomatis menjadi bahan pertimbangan mereka yang berniat untuk punya anak kembali.

Hamil Anak Ketiga, Kate Middleton Malah Di-bully Netizen?www.people.com

3. Jumlah bantuan dari pemerintah

Setiap anak akan menerima bantuan sampai dengan 2.780 poundsterling atau sekitar 47 juta rupiah dalam setahun. Perlu diingat, jumlah tersebut adalah jumlah maksimal yang dikeluarkan pemerintah. Dana yang akan diterima orangtua bervariasi, menyesuaikan dengan penghasilan dan kondisi lingkungan mereka.

4. Beberapa pengecualian dari pemerintah

Pemerintah memberlakukan pengecualian terhadap wanita yang diperkosa dan melahirkan anak ketiga. Mereka yang terpaksa melahirkan anak ketiga, keempat dan seterusnya karena bukan keinginannya akan mendapatkan bantuan jika ada bukti yang jelas. Selain itu, kredit pajak anak juga nggak akan berdampak pada bayi kembar, bayi yang lahir dari tindakan pemerkosaan, anak adopsi (bukan anak tiri). Sedangkan anak yang lahir dengan kelainan fisik akan dihitung secara khusus.

5. Dampak kehamilan Kate dengan masyarakat Inggris

Anak ketiga kini dianggap sebagai hal yang mewah dalam keluarga masyarakat Inggris. Berita kehamilan Kate pun mengundang iri bagi sebagian wanita, di mana mereka menilai ketika nggak semua wanita bisa punya anak ketiga karena masalah ekonomi, Kate yang kaya raya justru memutuskan untuk punya anak lagi. Mereka geram karena uang dari para pembayar pajak digunakan untuk menghidupi anggota kerajaan, di mana para pembayar pajak belum tentu bisa menghidupi keluarga bahkan anak-anaknya sendiri. Melansir dari Business Insider, salah satu sumber pemasukan kerajaan adalah dari pajak.

Hamil Anak Ketiga, Kate Middleton Malah Di-bully Netizen?www.parade.com
 

Lewat Twitter, beberapa netizen mengutarakan nyinyiran mereka. “Jika Kate Middleton adalah orang miskin, dia nggak akan menerima kredit pajak anak untuk anak ketiga. Sekarang malah kita tetap masih melempar jutaan uang kepada keluarga kerajaan,” tulis akun @thisisamy_. Seperti yang dimuat Mirror, beberapa orang juga menulis kesan serupa, bahkan menganggap anak ketiga mereka adalah ‘parasit’. “Jumlah uang yang dipakai wanita itu (Kate -red) untuk membeli pakaian jelek akan cukup membiayai banyak keluarga dalam setahun. Ini adalah penipuan yang besar.” “Kami mengambil uang dari bank, kami membayar untuk anggota kerajaan. Karena ini adalah anak ketiga mereka, seperti yang kita ketahui bersama, mereka seharusnya nggak mendapatkan apa-apa untuk anak ketiganya.”

Wah, ternyata rumit juga ya masalahnya. Tapi kita doakan saja semoga kondisi Kate segera membaik ya, Bela.

BACA JUGA: Fantastis! Biaya Sekolah Pangeran George Seharga Apartemen Mewah