Perceraian bisa terjadi pada pasangan yang kita anggap hubungannya baik-baik saja. Bahkan alasannya pun beragam. Setelah sempat dihebohkan dengan perceraian Song Joong Ki dan Song Hye Kyo beberapa waktu lalu, kini kabar perceraian kembali datang dari dunia hiburan Korea. Aktris Goo Hye Sun tiba-tiba mengunggah pernyataan lewat Instagram bahwa sang suami berniat menceraikannya. Berikut kronologinya.

1. Unggah curhatan di Instagram

Ada yang Janggal, Ini Kronologi Perceraian Goo Hye Sun & Ahn Jae HyunInstagram.com/goohyesun_84

Melansir dari Koreaboo, unggahan yang kini telah dihapus tersebut viral dan beritanya telah tersebar. Melalui akun @kookoo900, pemeran Geum Jan Di dalam dalam Boys Before Flowers tersebut menulis,

“Suamiku telah berubah pikiran tentang pernikahan kami karena dia ‘bosan’ dan menginginkan perceraian, namun aku tetap mempertahankan hubungan kami. (Dia berkata akan menghubungi media pekan depan, namun aku ingin memberitahu semua orang bahwa ini nggak akan terjadi. Aku ingin menyatakan apa yang sedang terjadi).”

2. Unggah isi percakapan dengan suami

Ada yang Janggal, Ini Kronologi Perceraian Goo Hye Sun & Ahn Jae HyunInstagram.com/goohyesun_84

Bahkan setelah kabar tersebut tersebar, sang aktris juga mengunggah tulisan panjang tentang isi percakapan antara ia dan Jae Hyun. Tulisan tersebut telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan harapan siapa pun bisa memahaminya. Inti dari percakapan tersebut sepertinya Jae Hyun sudah mantap dengan keputusannya untuk berpisah dengan Hye Sun. Namun perempuan berusia 34 tahun ini memohon pada suaminya untuk menemui ibunya terlebih dahulu.

Perdebatan antara pasangan suami istri ini juga dibumbui dengan kesibukan Jae Hyun untuk syuting reality show New Journey to The West. Menurut Hye Sun, sang suami lebih memilih karier ketimbang mempertahankan rumah tangganya. Hye Sun yang emosi pun mempertanyakan janji suci yang pernah Jae Hyun ucapkan saat mereka menikah.

3. Nyatakan status perceraian

Ada yang Janggal, Ini Kronologi Perceraian Goo Hye Sun & Ahn Jae HyunInstagram.com/goohyesun_84

Berbeda dengan aktris Korea lainnya yang lebih tertutup soal asmara termasuk perceraian, Goo Hye Sun justru mengumumkan status terbaru perkawinannya dengan Ahn Jae Hyun lewat akun Instagram @goohyesun_84. Dalam bahasa Inggris, Hye Sun menulis surat yang artinya:

Halo, ini Goo Hye Sun.

Pertama, aku minta maaf telah membawa kabar buruk kepada orang-orang yang menyayangiku dan telah menunjukkan dukungannya terhadap kehidupan pernikahanku.

Ahn Jae Hyun dan aku telah sepakat untuk mengakhiri pernikahan kami dan kami telah mulai mengajukan perceraian, dan kami menyerahkan permohonan cerai kepada Pengadilan Keluarga Seoul pada Agustus 2019. Kami mencintai satu sama lain dan hidup bahagia. Namun, kami juga belajar bahwa ada jarak di antara kami dan kami ingin mengakhirinya dengan cara yang lebih bahagia sebelum jarak tersebut semakin melebar, dan kami berpikir berpisah merupakan jalan yang terbaik.

Sehubungan dengan perceraian ini, karena masing-masing dari kami memiliki kehidupan dan kami akan melanjutkan karier akting kami di masa depan, kami memohon bahwa ini merupakan masalah personal dan kami berharap tidak ada spekulasi tak berdasar atau kesalahpahaman yang tidak perlu terjadi.

Aku akan bekerja lebih keras untuk membalas cinta kalian dengan proyek dan aktivitas yang lebih baik di masa mendatang.

Terima kasih.

4. Kabar perceraian dibenarkan agensi

Ada yang Janggal, Ini Kronologi Perceraian Goo Hye Sun & Ahn Jae HyunInstagram.com/goohyesun_84

Goo Hye Sun dan Ahn Jae Hyun berada dalam agensi yang sama, yaitu HB Entertainment. Menanggapi kabar bahwa dua artisnya berpisah, HB Entertainment angkat bicara sekaligus membenarkan kabar tersebut. Melansir dari Allkpop, HB Entertainment menulis pernyataan yang cukup panjang. Namun ada penggalan pernyataan dari agensi yang nggak sesuai dengan apa yang sempat viral di media sosial.

Goo Hye Sun baru menemui pengacara dan membuat draf persetujuan perceraian, di mana kemudian ia kirim ke Ahn Jae Hyun dan memintanya untuk segera menemui pengacara dan mengikuti langkah-langkah yang diperlukan. Goo Hye Sun menyatakan ia ingin mengajukan cerai di bulan Agustus dan menyelesaikan prosesnya di bulan September. Bersamaan dengan persetujuan cerai, Goo Hye Sun mengirim draf pertanyaan yang akan ia kirimkan ke media.

Namun, kami menemukan sebuah artikel hari ini yang mencantumkan unggahan media sosial Goo Hye Sun, dan baik Ahn Jae Hyun dan label sama sekali nggak mengetahuinya. Unggahannya tersebut melewatkan fakta bahwa perceraian tersebut melalui persetujuan dua belah pihak setelah melakukan negoisasi yang serius dan dan dia menyatakan dia nggak ingin bercerai. Kami merasa perlu menjelaskan prosesnya meskipun ini merupakan kehidupan pribadi mereka.

5. Foto dan profil hilang dari situs milik agensi

Ada yang Janggal, Ini Kronologi Perceraian Goo Hye Sun & Ahn Jae HyunInstagram.com/goohyesun_84

Setelah agensi memberikan pertanyaan sekaligus menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di balik perceraian mereka, foto dan profil Goo Hye Sun dalam situs resmi HB Entertainment menghilang. Sedangkan foto Ahn Jae Hyun masih bisa dilihat. Beredar rumor bahwa pihak agensi mengeluarkan Goo Hye Sun. Tetapi nyatanya agensi sama sekali nggak mengeluarkan Goo Hye Sun dan kontrak masih berjalan dengan semestinya. Melansir dari Allkpop, bicara tentang foto yang hilang, HB Entertainment menjawab, “Sudah lebih dari setahun sejak terakhir kali kami memperbarui situs kami.” 

6. Unggah foto bersama suami

Ada yang Janggal, Ini Kronologi Perceraian Goo Hye Sun & Ahn Jae HyunInstagram.com/goohyesun_84

Terakhir, setelah pernyataan resmi dari Goo Hye Sun keluar, perempuan berzodiak Scorpio ini mengunggah foto diri bersama suami dan menulis caption, “The end of the story.” Banyak netizen yang baper dengan unggahan tersebut dan mendoakan semoga perpisahan ini menjadi jalan terbaik bagi mereka.

Wah, rumit juga cerita perpisahannya ya, Bela. Kira-kira cerita versi siapa yang benar? Kita doakan yang terbaik saja untuk mereka.

Baca Juga: Cerai dari Song Joong Ki, Ini 4 Kejanggalan di Instagram Song Hye Kyo