Bela, pasti kamu sudah pernah dengar keluarga Gen Halilintar, dong? Keluarga yang satu ini terkenal bukan hanya kesuksesan bisnis keluarga atau kegiatan liburan mereka, tapi karena jumlah anak dalam keluarga yang terdiri dari 11 orang. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, mereka aktif membuat konten video yang diunggah di YouTube lewat channel mereka, Gen Halilintar. Hingga artikel ini ditulis, jumlah subscriber di channel mereka sudah menyentuh 2,5 juta orang!

Begini 5 Cara Keluarga Gen Halilintar Didik Anak Lewat TravellingPopbela.com/Google Indonesia

Di samping kepopuleran mereka, banyak yang bertanya-tanya bagaimana sang ibu, Lenggogeni Faruk atau yang akrab disapa Gen, dan sang ayah, Halilintar Anofial Asmid, bisa mengurus 11 anaknya tersebut. Popbela sendiri sempat mewawancarai mereka berdua saat acara Liburan dengan Google di Surabaya beberapa waktu lalu. Sebenarnya, seperti apa sih cara keluarga Gen Halilintar mendidik anaknya lewat travelling?

1. Travelling ala keluarga Gen Halilintar

Begini 5 Cara Keluarga Gen Halilintar Didik Anak Lewat TravellingInstagram.com/genhalilintar

Ketika ditanya lebih suka backpacking atau ikut travel agent ketika mau liburan ke luar negeri, Gen menjawab bahwa mereka lebih suka menyebutnya dengan travelling ala keluarga Gen Halilintar karena lebih fleksibel. Faktanya, mereka semua sudah pernah berkunjung ke 5 benua dan lebih dari 100 negara.

2. Homeschooling ala keluarga Gen Halilintar

Begini 5 Cara Keluarga Gen Halilintar Didik Anak Lewat TravellingInstagram.com/genhalilintar

Berbeda dengan kebanyakan keluarga yang menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah formal, keluarga Gen Halilintar memilih untuk mendidik kesebelas anaknya di rumah alias homeschooling. Maka dari itu, anak-anak punya waktu yang lebih fleksibel jika harus bepergian ke luar negeri.

Kadang, guru yang mendidik mereka juga ikut travelling sehingga mereka bisa tetap mendapat ilmu. Travelling pun juga bisa menjadi sarana belajar untuk anak-anak, terutama pelajaran sejarah atau geografi. Meski demikian, Gen dan Halilintar mengaku bahwa anak-anaknya punya jadwal yang padat sehingga bisa lebih melelahkan dari sekolah biasa.

3. Tips tetap kompak saat travelling

Begini 5 Cara Keluarga Gen Halilintar Didik Anak Lewat TravellingInstagram.com/genhalilintar

Nggak bisa dipungkiri bahwa keluarga besar ini memang selalu terlihat kompak di segala kesempatan. Namun sebagai ibu, Gen pun nggak jarang merasakan bagaimana anak-anaknya punya keinginan yang berbeda-beda, ada yang kelelahan, ada yang ngambek, apalagi ada anak kecil. Untuk mengatasi itu semua, mereka melakukan pembinaan yaitu morning briefing. “Gunanya untuk menyeleraskan frekuensi hati, jiwa, nafsu, dan lain-lain,” ujar Gen.

4. Tips mengurus 11 anak

Begini 5 Cara Keluarga Gen Halilintar Didik Anak Lewat TravellingInstagram.com/genhalilintar

Gen pun langsung menyarankan untuk membaca bukunya yang pertama. “Saya yang awalnya nggak suka sama anak-anak, ribet apalagi sama bayi, sampai jadi suka. Yang tadinya saya pikir mengganggu malah jadi membantu. Itulah mengapa ‘my family, my team’. Mereka bukan hanya keluarga tapi juga sebuah regu yang solid, yang sudah punya tanggung jawabnya masing-masing. Bukan kita yang perintah mereka ‘kamu bikin ini, kamu ngerjain ini’. Itu hasil pembinaan tadi dan mereka sendiri yang pilih,” tutur Gen.

5. Manfaat travelling untuk anak

Begini 5 Cara Keluarga Gen Halilintar Didik Anak Lewat TravellingInstagram.com/genhalilintar

Menurut Halilintar, travelling memiliki manfaat yang begitu besar bagi anak-anaknya. Ia nggak hanya memandang travelling sebagai kegiatan liburan atau penyegaran pikiran, tapi sebagai cara bagaimana ia dan Gen mengajarkan kesebelas anaknya tentang kehidupan, perbedaan, toleransi, keberagaman, dan sebagainya. Melalui travelling lah, anak-anak mereka bisa melihat dan belajar langsung dari fakta-fakta yang ada.

Wah, nggak ada habisnya ya kalau bahas keluarga Gen Halilintar. Semoga apa yang selama ini mereka lakukan bisa memberikan contoh positif untuk kehidupan kita ya, Bela.

BACA JUGA: 3 Cara Mudah Rencanakan Liburan Akhir Tahun dengan Google​