Memiliki anak merupakan sebuah anugerah yang nggak tergantikan dari Tuhan. Bahkan, nggak sedikit yang meyakini bahwa anak bisa membawa berkah tersendiri bagi sebuah keluarga. Namun jika nggak memiliki rencana yang matang tentang kapan memiliki momongan, bisa-bisa kebahagiaan berubah menjadi kesedihan bagi beberapa orang. Inilah yang tengah dialami aktris cantik Donita ketika dirinya baru mengetahui sedang hamil anak kedua.

Hal yang membuat istri Adi Nugroho tersebut sedih adalah karena merasa takut perhatiannya akan terbagi antara bayi yang masih berada di kandungannya dan Athariz Alfarizqi Svarga Nugroho yang usianya belum genap 2 tahun. Baginya, Svarga masih terlalu kecil untuk memiliki adik. Namun sebenarnya hal itu nggak perlu menjadi beban pikiran lho, Bela. Melansir dari The Kid Counselor, ini beberapa triknya.

1. Jangan mengabaikan anak yang lebih tua

4 Cara Membagi Perhatian kepada Anak Saat Hamil Seperti DonitaInstagram @donitabhubiy
 

Bagi anak pertama, terutama yang jarak usianya belum begitu jauh dengan anak kedua, tentu masih mudah merasa cemburu ketika orangtua lebih banyak menghabiskan waktu bersama sang bayi. Pastikan bahwa dirinya juga mendapatkan perhatian yang cukup, bisa dengan mengajak dia bermain bersama atau membacakan buku cerita.

2. Pertimbangkan kebutuhan masing-masing anak

4 Cara Membagi Perhatian kepada Anak Saat Hamil Seperti DonitaInstagram @donitabhubiy
 

Setiap anak tentu memiliki karakter dan kebiasaan yang berbeda. Supaya kamu nggak kelelahan, cobalah untuk mengajak mereka melakukan kegiatan seru bersama, misal menanam bunga. Meski punya kegiatan yang sama, mereka akan melakukannya dengan cara mereka sendiri.

3. Luangkan waktu berdua untuk masing-masing anak

4 Cara Membagi Perhatian kepada Anak Saat Hamil Seperti DonitaInstagram @donitabhubiy
 

Sesibuk apapun kamu dan pasangan, luangkan waktu kalian untuk mengobrol dan sharing kepada masing-masing anak. Misal, tanyakan apa yang ia alami di sekolah tadi, apa cita-citanya dan apakah ada tempat menarik yang ingin ia kunjungi. Nggak ada salahnya juga untuk menceritakan pengalaman masa kecilmu kepadanya.

4. Rencanakan liburan bersama

4 Cara Membagi Perhatian kepada Anak Saat Hamil Seperti DonitaInstagram @donitabhubiy
 

Selain liburan sekeluarga, rencanakan juga perjalanan atau liburan antara kamu dan masing-masing anak yang disesuaikan dengan karakternya. Misal, ajak sang kakak untuk berkemah bersama bulan ini jika dia memiliki karakter pemberani atau menyukai tantangan, lalu anak sang adik di bulan selanjutnya di tempat yang berbeda.

BACA JUGA: Demi Urus Buah Hati, 7 Artis Ini Rela Tolak Tawaran Kerja