Kehidupan pernikahan memang sudah menjadi mimpi sebagian besar orang. Bahkan saat masih pacaran pun, banyak pasangan yang sudah membayangkan nanti mau resepsi dengan adat apa atau mau tinggal di rumah berapa lantai. Pokoknya semua terlihat indah sampai pada akhirnya kamu perlahan mulai menyadari bahwa perjalanannya tidak semudah itu.

Banyak sekali masalah dalam rumah tangga yang akhirnya membuat kamu bingung bagaimana harus bertindak. Oleh sebab itu, banyak yang memilih untuk merahasiakannya dari pasangan. Padahal, lima hal ini pantang dirahasiakan dari pasangan ketika sudah menikah. Apa saja? Yuk, simak pembahasannya. 

1. Rasa kesal, marah, dan jengkel

Setelah Menikah, 5 Hal Ini Tak Boleh Dirahasiakan dari PasanganPexels.com/Shvets Production

Kebanyakan pasangan awalnya memendam perasaan kesal, marah, dan jengkel karena tidak ingin menimbulkan konflik. Padahal, secara tidak sadar merahasiakan perasaan kesalmu itu malah akan membuat sikapmu jadi berubah kepada pasangan. Mungkin saja jadi lebih jutek, tidak perhatian, dan suka diam.

Inilah yang justru akan memicu konflik baru terhadap pasangan. Karena dia tidak mengetahui, sebenarnya kamu kesal sama dia karena sesuatu hal. Justru pasangan bisa balik kesal karena menilai kamu tidak menganggap keberadaan pasangan. Jadi semakin ribet, bukan?

2. Kondisi kesehatan diri sendiri

Setelah Menikah, 5 Hal Ini Tak Boleh Dirahasiakan dari PasanganPexels.com/Pavel Danilyuk

Kesehatan ini bisa berupa masalah fisik atau mental. Kamu tetap harus memberi tahu pasangan. Jangan karena tidak mau pasangan khawatir atau cari orang lain karena kamu sakit, hal ini ditutupi. Ingat, saat menikah kamu dan dia sudah menjadi satu. Apa pun yang akan terjadi, jangan pernah menutupi masalah kesehatanmu dari pasangan. 

Karena masalah kesehatan pun akan berpengaruh sama kebahagiaan keluarga. Kalau kamu sakit, tentu saja hal ini tidak akan membahagiakan siapa pun. Oleh karena itu, jujurlah dan cari pengobatannya bersama. Jangan terlalu khawatir pasangan akan mencari orang lain. 

3. Masalah pekerjaan

Setelah Menikah, 5 Hal Ini Tak Boleh Dirahasiakan dari PasanganPexels.com/Cottonbro

Yang ketiga adalah masalah pekerjaan. Mungkin kamu tetap memiliki kewajiban untuk memegang kerahasiaan pada pekerjaan. Namun, untuk ke pasangan, rasanya hal ini tetap perlu didiskusikan. Apalagi kalau pekerjaan itu bisa memengaruhi kehidupan rumah tanggamu.

Misalnya saja, ketika kamu sedang bermasalah di kantor. Ada beberapa tuntutan yang harus kamu selesaikan dan itu bisa memengaruhi rumah tangga. Sebaiknya terus terang saja ke pasangan. Jangan sampai pasangan tahu dari orang lain, karena itu bisa membuat masalah semakin runyam.

4. Masalah finansial

Setelah Menikah, 5 Hal Ini Tak Boleh Dirahasiakan dari PasanganPexels.com/Alexander Mils

Kondisi rumah tangga setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang suami istri bekerja sehingga ada dua penghasilan. Ada pula yang hanya salah satu saja yang bekerja. Tetapi dalam praktiknya, pasti dua-duanya melakukan kegiatan ekonomi, seperti belanja dan lain sebagainya.

Nah, biasanya akan jadi masalah kalau pihak yang tak punya pendapatan sendiri kemudian memiliki utang. Hal ini bisa menjadi masalah besar kalau tidak segera dicari solusinya. Maka dari itu, bijaksanalah dalam mengatur uang. Jangan main rahasia, karena masalah utang ini cukup sensitif. 

5. Kepuasan seksual

Setelah Menikah, 5 Hal Ini Tak Boleh Dirahasiakan dari PasanganPexels.com/Kampus Production

Masalah ranjang pun tak luput dari hal yang tak boleh kamu tutupi dari pasangan. Biasanya banyak pasangan terutama perempuan melakukan orgasme palsu. Padahal dalam masalah seks, keduanya itu wajib merasakan kenikmatan. Kalau hanya salah satu pihak saja, maka ini bisa menimbulkan masalah kelak.

Kebutuhan seks itu bisa menentukan pernikahan bahagia atau tidak. Jangan sampai kamu merasa tidak nyaman, tapi sungkan bilang. Akhirnya mencari kenikmatan dengan masturbasi atau yang lebih parahnya berselingkuh dengan orang lain. 

Ada baiknya tidak ada satu hal pun yang kamu tutupi dari pasangan ketika sudah menikah. Akan tetapi, lima hal di atas adalah yang paling wajib terbuka sama pasangan. Mempunyai rahasia dalam rumah tangga kebanyakan malah akan membawa masalah pada akhirnya. Jadi, jujur kepada pasangan jauh lebih baik.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Hal yang Pantang Dirahasiakan ke Pasangan setelah Menikah, Catat!"

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Homesick Setelah Menikah, Harus Kuat dan Tegar!

Baca Juga: Ini 10 Perubahan Hidup Setelah Menikah, Kamu Mengalaminya?

Baca Juga: Jangan Egois, 5 Hal Ini Harus Kamu Kurangi Setelah Menikah