Menjadi momen bahagia sekali seumur hidup, banyak para wanita yang menginginkan pernikahannya sempurna. Mulai dari memilih gedung, tema pernikahan, katering, dekorasi hingga kue pernikahan, semua disiapkan dengan apik. Terlebih untuk pesta pernikahan, pemilihan kue yang tepat sangat penting agar acara semakin meriah dan membuat dekorasi pendukung semakin hidup.

Namun sayangnya masih banyak wanita yang merasa kesulitan memilih kue pernikahan karena berbagai pertimbangan. Misalnya, perlukah menghadirkan kue pernikahan, apakah kue pernikahan yang dipesan cocok dengan tema pernikahan dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara memilih kue pernikahan yang tepat? Berikut Popbela berikan beberapa tips yang bisa menjawab kesulitan kamu ya, Bela. Yuk disimak!

1. Hunting sejak jauh-jauh hari

7 Tips Memesan Kue Pernikahan Impian Tanpa Ribetblog.draperjames.com

Jangan anggap remeh persiapan kue pernikahan. Bila kamu tidak memulai persiapan dari jauh-jauh hari, maka kamu tidak bisa menemukan toko kue yang tepat. Biasanya toko kue pernikahan hanya memberikan slot 2 wedding cake pada hari yang sama. Apabila kamu tidak mulai hunting sejak 3-6 bulan sebelum hari H, besar kemungkinan kue pesananmu akan ditolak. Biasanya, toko kue tidak menerima pemesanan kue mendadak, terlebih lagi jika modelnya rumit. Cari juga toko kue yang memang sudah terbiasa menangani pemesanan kue pernikahan sehingga kamu tidak khawatir akan hasilnya.

2. Sesuaikan dengan budget

7 Tips Memesan Kue Pernikahan Impian Tanpa Ribeteasyweddings.com

Saat mempersiapkan pernikahan, kamu memang harus menyesuaikan segala sesuatunya dengan budget yang tersedia. Semakin rumit dekorasi sebuah kue pernikahan, harganya pun akan semakin mahal. Konsultasikan hal ini kepada toko kue yang kamu pilih agar mereka bisa membuatkan kue yang cantik, tapi sesuai dengan dana yang dimiliki.

Kalau memang dananya ada, bisa pilih yang full kue semua jadi bisa dipotong dan dimakan ramai-ramai. Tapi kalau memang kue hanya hiasan, bukan berarti nggak bisa dimakan, biasanya pihak vendor sudah sediakan kue kecil. Kue pengantin tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Harganya pun juga beragam, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 50 juta tergantung tingkat kesulitan dan model yang diinginkan.

3. Pelajari website toko kue pilihan

7 Tips Memesan Kue Pernikahan Impian Tanpa Ribetgodaddy.com

Setelah memilih toko kue yang diinginkan, coba lihat kembali hasil karya kreatif yang sudah dibuat di website atau social media resmi mereka. Cari tema, desain dan detail yang paling memikat mata, lalu coba bayangkan kue seperti apa yang kamu inginkan dari desain-desain yang ada.

4. Cari inspirasi model kue pernikahan

7 Tips Memesan Kue Pernikahan Impian Tanpa RibetScoopcharlotte.com

Kamu juga bisa mencari inspirasi mengenai kue pernikahan saat menghadiri pesta pernikahan orang lain. Selain itu, datanglah ke wedding expo yang biasanya menyediakan berbagai tenant pendukung pernikahan. Datanglah ke sana untuk mencari model kue pernikahan yang tepat.

Bahkan, di wedding expo biasanya kamu bisa mendapatkan potongan harga. Jika kamu sudah menunjuk salah satu pengusaha kue, maka Anda cukup melihat-lihat model kue pernikahan yang dipajang saja untuk mencari inspirasi.

5. Sesuaikan dengan dekorasi pesta

7 Tips Memesan Kue Pernikahan Impian Tanpa RibetSupertuscanweddingplanners.com

Mau wedding cake 3 susun atau mungkin 5 susun? Seberapa banyak susunan kue pernikahan kamu, sebaiknya sesuaikan dengan tema atau dekorasi pesta. Kuncinya, kamu memang harus membicarakan tentang tema dekorasi pesta kepada pemilik bakery agar mereka bisa membantu mendesain kue pernikahan yang senada dengan tema pernikahan kamu.

Sejatinya kue pengantin harus tampak menyatu dengan konsep pesta. Coba pikirkan tentang tema dekor yang digunakan, model gaun pengantin dipakai (lace atau ruffle), lokasi (ballroom atau outdoor), atau tema (alami, modern, rustic). Lalu pilihlah desain kue yang disesuaikan dengan keseluruhan elemen pesta sehingga menjadi satu kesatuan yang apik.

6. Pilih desain yang kreatif

7 Tips Memesan Kue Pernikahan Impian Tanpa RibetBinibook.com

Apakah kamu ingin kue yang bertingkat dengan tiang-tiang penyangga, atau lebih suka kue pernikahan yang menumpuk satu dengan yang lain? Untuk bentuk, apakah memilih kue bentuk bulat yang klasik, atau mencoba yang berbeda dengan bentuk kotak, heksagonal, atau bahkan asimetris.

Untuk membuat pernikahan kamu jadi semakin spesial, tak ada salahnya kamu menunjuk pengusaha kue pernikahan yang memiliki repurtasi baik dan selalu membuat kue dengan desain yang kreatif. Dengan memilih desain kue yang kreatif dan tidak pasaran, kamu akan membuat para tamu undangan berdecak kagum saat melihat kue pernikahan kamu.

7. Lakukan cake tasting

7 Tips Memesan Kue Pernikahan Impian Tanpa RibetShanissweetcreations.com

Selain desain, pastikan kamu juga menyukai rasa kue tersebut. Lakukan cake tasting pada minimal tiga jenis kue sebelum memesannya. Jika dalam satu kue terdapat beberapa rasa, kamu harus coba semuanya. Agar lebih aman dan untuk memastikan keluarga serta semua tamu menyukai kue pernikahan, pilih yang umum seperti cokelat, stroberi atau vanilla. Tapi bila pengusaha kue menawarkan beberapa rasa yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya, jangan ragu untuk mencobanya juga ya, Bela. Jika rasa kuenya enak jangan ragu untuk segera membuat deal.

BACA JUGA: 5 Fakta Unik tentang Kue Pernikahan yang Jarang Orang Tahu​