Anggapan umum selama ini adalah bila ibu mengalami stres, sebagian besar berkaitan dengan perilaku dan tingkah anak-anak mereka. Namun, penelitian terbaru di Inggris menunjukkan bahwa stres ibu disebabkan oleh suami ternyata dua kali lipat lebih banyak ketimbang stres karena anak.

Survei yang dilakukan Today.com menunjukkan bahwa mayoritas wanita lebih sering mengalami stres karena suami daripada oleh anak. Survei ini melibatkan 7 ribu ibu di Amerika Serikat secara online di tahun 2013. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ibu akan mengalami tingkat stres setinggi 8,5 dari 10, dan sebanyak 46% disebabkan oleh suami. Lalu, apa ya penyebabnya?

Berikut ini ada tiga hal besar kenapa suami bisa menjadi penyebab istri stres ketimbang karena anak.

1. Suami tidak membantu istri

Bukan karena Anak, Ini Penyebab Istri Mudah Stres di Rumahcnbc.com

Banyak suami yang berasumsi bahwa yang seharusnya melakukan pengasuhan anak adalah seorang ibu. Ini benar-benar membuat para ibu tertekan karena menganggap tugas ini semata-mata tanggung jawabnya.

"Seharusnya dua orang yang membuat keputusan sadar untuk memiliki anak dan demikian juga harus membuat komitmen sadar untuk membesarkan buah hati mereka sendiri," keluh Alana Stewart, seorang responden penelitian.

2. Suami mengeluh lelah bekerja, padahal ibu sama lelahnya di rumah

Bukan karena Anak, Ini Penyebab Istri Mudah Stres di Rumahellosyellas.com.pe

Baik suami dan istri yang bekerja di luar rumah, mereka menghabiskan waktu yang hampir sama saat bekerja dan merasa lelah. Dan kalau pun istri tidak bekerja, suami harus mengambil alih beberapa tanggung jawab saat mereka pulang bekerja.

"Pergi bekerja memungkinkan mereka berinteraksi dengan sesama orang dewasa, di sana suami bisa beristirahat di sana sini, dan makan dengan tenang. Tapi berada tetap di rumah, seperti bertugas sepanjang hari . Bahkan kami sulit merasa tenang saat melakukan hal pribadi, seperti mandi sekalipun."

3. Suami kesal jika pasangannya mengomel

Bukan karena Anak, Ini Penyebab Istri Mudah Stres di Rumahhuffingtonpost.com

Setiap pria selalu mengeluh bahwa wanita sedang mengomel. Padahal, tindakan mengomel yang sering dilakukan wanita adalah wujud dari stres yang tengah mereka hadapi. Banyak ibu yang menghabiskan sebagian besar hari untuk mengomeli anak-anak tentang hal-hal yang tak boleh mereka lakukan.Tapi nyatanya, anak akan selalu mengulangi kesalahan mereka, karena anak-anak memiliki memori selektif.

Kebanyakan responden survei juga mengatakan bahwa mereka sering merasa stres karena tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan banyak hal yang ia inginkan setiap hari karena sibuk mengurus anak, pekerjaan, rumah dan suami. "Meskipun aku punya suami, tapi sepertinya semua tanggung jawab dan pekerjaan diserahkan kepadaku."

Terapis dan ahli pernikahan, Hal Runkel, mengatakan "Pernikahan memang membuat orang stres secara alami, bahkan jika pernikahan itu baik dan harmonis. Ditambah dengan tugas sebagai orangtua, tidak heran jika wanita banyak mengalami stres. Tapi stres dan lelahnya menjadi orangtua begitu berharga pada akhirnya, jadi semua itu seakan terbayar dengan baik."

BACA JUGA: Kenali 4 Tanda yang Menunjukkan Kamu sedang Stres​