Momen bahagia saat pernikahan hanya ingin dialami satu kali saja seumur hidup. Pada momen itu, pasangan pengantin pasti ingin membuat kenangan yang berkesan dengan menggelar resepsi sebagai bagian dari pesta pernikahan. Sayangnya di Indonesia, tidak banyak yang berani untuk membuat konsep pernikahan yang unik. Secara kultural, di Indonesia pernikahan itu masih dianggap sebagai acara besar dua keluarga. Tema fairytale dan rustic sering kali dipilih sebagai zona nyaman.

Kalau kamu mau sesuatu yang berbeda untuk pernikahan kamu, 7 inspirasi pernikahan anti mainstream ini bisa lho kamu diskusikan bersama pasangan kamu. Tapi, pastikan kalau dia juga menginginkan konsep yang sama juga, ya.

1. Picnic wedding

Unik dan Beda, Ini 7 Inspirasi Konsep Pernikahan Anti MainstreamPinterest.com

Nah, untuk sebagian kamu yang enggan repot bersanding di pelaminan dengan resepsi yang kaku, mungkin konsep picnic wedding bisa dijadikan pilihan. Sebuah resepsi pernikahan yang santai dengan dekorasi yang sederhana nan artsy. Layaknya piknik sungguhan, kamu perlu menyiapkan banyak tikar sebagai alas duduknya. Kamu bisa memilih tikar atau karpet yang berwarna senada dengan tema warna keseluruhan. Konsep resepsi seperti ini cocok untuk kamu yang menginginkan resepsi yang santai nan hangat. Karenanya untuk gaun pengantinnya pun kamu bisa memilih yang semi formal.

2. Industrial wedding

Unik dan Beda, Ini 7 Inspirasi Konsep Pernikahan Anti MainstreamRockwedding.co.uk

Tema industrial awalnya banyak digunakan untuk desain kafe ataupun restoran. Namun konsep yang kental dengan dekorasi kayu yang terkesan ‘kusam’ juga hiasan bohlam yang digantung di langit-langit ruangan ini banyak diminati sebagai dekorasi pernikahan. Nah, nuansa industrial dengan material kayu ini kini banyak dikombinasi dengan unsur tembaga, akrilik, emas ataupun metal. Tema seperti ini bisa kamu terapkan baik di dalam maupun di luar ruangan. Untuk menambah kesan segar, kamu pun bisa mengolaborasikannya dengan gaya rustic.

3. Whimsical wedding

Unik dan Beda, Ini 7 Inspirasi Konsep Pernikahan Anti MainstreamPhotomadly.wordpress.com

Tema pernikahan anti mainstream satu ini sangat cocok untuk pengantin yang menyukai detail unik, pilihan warna berani, dan elemen non-tradisional. Mulai dari undangan berwarna-warni yang berani hingga kue pernikahan yang unik. Kreativitas dan ide-ide aneh juga bisa kamu eksekusi di hari pernikahan jika kamu memakai konsep whimsical wedding ini. Misalnya, pesta pernikahan di taman yang tiap sudut dan kursinya dihias balon warna-warni atau tatanan bangku setengah lingkaran agar tamu bisa fokus pada kedua pengantin. Kue pernikahan juga bisa diganti dengan tumpukan donat atau cupcake.

4. Terrarium wedding

Unik dan Beda, Ini 7 Inspirasi Konsep Pernikahan Anti MainstreamFiftyflowers.com

Segala sesuatu yang berhubungan dengan eco-green sedang naik daun, Konsep terrarium dapat menjadi pilihan untuk kamu dan pasangan yang mengingkan konsep taman sederhana untuk ruangan tertutup atau indoor. Konsep pernikahan yang satu ini menjadi unik karena menampilkan taman indah dalam bentuk mini dan yang terpenting menampilkan kecintaan si pasangan pengantin dengan tema eco-green. Hiasan terrarium pun dapat menjadi center piece menarik yang dapat diletakkan di meja-meja VIP, meja-meja pengisi buku tamu atau digantung menjadi sebuah taman gantung. Selain itu, bola-bola kaca terrarium pun bisa diberikan sebagai suvenir bagi tamu-tamu yang sudah datang ke pesta pernikahan kamu.

5. Nautical wedding

Unik dan Beda, Ini 7 Inspirasi Konsep Pernikahan Anti MainstreamBridalguide.com

Nautical ialah konsep dekorasi pernikahan yang identik dengan tema kelautan. Gradasi bernuansa biru dan ornamen yang berhubungan dengan laut bisa kamu terapkan saat memilih konsep nautical. Kamu bisa memilih warna navy blue, biru muda, toska, putih, dan kuning sebagai warna dasar. Dekorasinya kamu bisa juga menggunakan tali tambang warna putih dan biru, pasir laut, akuarium bekas, kerang-kerangan, bintang laut, jaring-jaring ikan, ember besi, dayung kayu, hingga kapal origami yang dijadikan tirai saat acara. Untuk lokasinya kamu bisa mengadakannya di dalam ruangan maupun outdoor tapi di dalam tenda, hingga di pinggir pantai.

6. Carnival wedding

Unik dan Beda, Ini 7 Inspirasi Konsep Pernikahan Anti MainstreamMedium.com

Apa yang terlintas di pikiran kamu jika mendengar kata karvanal? Suasana ramai, aneka wahana permainan yang menyenangkan, camilan lezat, dan anak-anak, mungkin beberapa hal yang identik dengan karnaval. Semua unsur yang ada dalam karnaval pun bisa kamu masukan sebagai konsep pesta pernikahan lho. Tema yang satu ini mungkin jarang kamu lihat pada pesta pernikahan di Indonesia. Padahal pesta dengan tema karnaval akan membawa kesan semarak dan hangat. Romantisme dapat dihadirkan dari warna-warna berani dan dekorasi. Ornamen lain seperti pita warna-warni, balon-balon, serta badut membuat suasana sirkus lebih terasa. Akan lebih lengkap jika kamu menghadirkan tokoh-tokoh sirkus sperti akrobatik, pesulap, peramal dan pemain sirkus lainnya sebagai hiburan untuk para tamu undangan yang hadir.

7. The rock wedding

Unik dan Beda, Ini 7 Inspirasi Konsep Pernikahan Anti MainstreamYoutube.com

The rock wedding adalah konsep anti mainstream lainnya yang membuat suasana resepsi seperti sedang menonton pertunjukkan konser pada umumnya. Mulai dari tempat, properti yang di gunakan sampai dengan dresscode para undangan yang datang. Undangan untuk para tamu pun berbentuk sebuah tiket konser. Untuk makanan dan minumannya kamu bisa menggunakan konsep food truck.

Konsep mana yang paling menarik perhatianmu nih, Bela?

BACA JUGA: 5 Konsep Pernikahan Sederhana dari Para Artis Indonesia​