Bela, mengapa perempuan dianggap paling mahir dalam mengelola keuangan? Saat kamu memutuskan untuk berumah tangga, hal yang perlu kamu sadari dan pahami adalah perempuan juga memiliki peran untuk bertanggung jawab atas mengelola keuangan rumah tangga. 

Sebuah survei yang dikutip dari laman Moneyish.com mengungkapkan bahwa 52 persen perempuan yang sedang menjalani sebuah hubungan ternyata menyediakan setengah atau lebih banyak hasil dari pendapatan untuk kebutuhan rumah tangga. Hal ini dianggap karena perempuan memiliki tanggung jawab dalam mengelola keuangan. Kehadiran perempuan dalam rumah tangga benar-benar dapat membantu keluarga untuk menabung lebih banyak dalam jangka yang panjang. Sebab, secara inheren, laki-laki dianggap lebih sering berutang daripada perempuan.

Ini Alasan di Balik Peran Perempuan Mengatur Keuangan Rumah TanggaThebump.com

Sebuah penelitian dari Bank of Montreal menemukan sebanyak 30 persen respons laki-laki memiliki utang lebih dari 100 ribu dolar Amerika dan 21 persen investor laki-laki mengaku implusif dengan perdagangan dibandingkan perempuan yang hanya 13 persen. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perempuan muda yang kini telah memeroleh gelar sarjana dan menunda memiliki anak, tetapi segera memasuki dunia kerja. Menurut analisis Biro Sensus, keberadaan perempuan yang giat dalam bekerja ini dapat memimpin orang dengan gaji pekerjaan yang tinggi.

Hal ini menjadi bukti yang meyakinkan bahwa ada 22 persen atau setara dengan lebih dari satu perempuan dari lima perempuan di seluruh dunia yang hidup tinggal bersama pasangannya kini mengaku memiliki pendapatan lebih dari pasangannya atau bahkan hasil pendapatannya digunakan untuk kebutuhan bersama.

Ini Alasan di Balik Peran Perempuan Mengatur Keuangan Rumah TanggaCnn.com

Selain itu, sebanyak 17 persen perempuan di seluruh dunia mengaku memberikan hasil pendapatannya atau gaji yang diperoleh untuk kebutuhan rumah tangga daripada pasangannya. Hasil studi ini diketahui dari penelitian YouGov AS. Kenyataannya, industri-industri besar yang dahulu didominasi oleh laki-laki, kini menurut Biro Statistik Tenaga Kerja menyatakan bahwa lebih dari 2,1 juta pekerjaan manufaktur hilang karena industri rumahan. Sementara itu, industri keuangan juga menderita karena harus kehilangan sebanyak 600 ribu lebih pekerjaan.

Ini Alasan di Balik Peran Perempuan Mengatur Keuangan Rumah Tanggamoney.cnn.com/Megan Pendergrass

Kini yang terjadi adalah banyak industri yang didominasi oleh perempuan dan memiliki peningkatan sebanyak 880 ribu pekerjaan yang dilaksanakan di bidang pendidikan dan layanan kesehatan. Keberadaan perempuan karena dianggap mampu mengelola keuangan kini dapat diperjuangankan di industri kerja. Tentu hal ini mejadi sebuah pencapaian bagi perempuan di dunia kerja meski dahulunya di dunia pekerjaan itu di dominasi oleh laki-laki.

BACA JUGA: Haruskah Gaji Suami Sepenuhnya Diberi ke Istri? Ini Pendapat Mereka​