Pernikahan bukan hanya menyatukan dua insan yang saling mencintai, namun juga menyatukan dua keluarga yang memiliki perbedaan tradisi dan kebiasaan. Hal ini yang sering menimbulkan konflik keluarga jika tidak adanya perasaan saling memahami dan menahan diri dari mencampuri urusan keluarga lain. Walaupun lahir dari satu rahim ibu yang sama, ketika sudah menikah, tanggung jawab rumah tangga tidak bisa saling mencampuri.

Terkadang, rumah tangga yang damai bisa saja berubah drastis menjadi ribut ketika ada pihak-pihak yang ikut campur. Masalah kecil dalam rumah tangga pun bisa menjadi besar. Konflik juga hadir bukan hanya karena perdebatan suami-istri, namun juga faktor keluarga yang seringnya berniat membantu tapi terkadang salah cara.

Pihak ipar perempuan yang menjadi kakak atau adik dari suami, tidak jarang suka nyinyir dan bertindak menyebalkan di hadapan kita, membuat tidak tahan dan membuat masalah semakin memanas. Buat kamu yang sudah greget, simak cara menghadapi ipar perempuan yang menyebalkan di bawah ini.

1. Cobalah bicara dengan suami

Mudah Kok, Ini 8 Cara Menghadapi Ipar Perempuan yang MenyebalkanFreepik.com

Cara menghadapi ipar perempuan yang menyebalkan pertama, yaitu membicarakannya dengan suami. Karena suami merupakan saudara kandungnya, tentu dia mengetahui bagaimana cara terbaik memperlakukan saudaranya ketika ada perdebatan atau konflik yang terjadi.

Namun, saat berbicara dengan suami, pastikan kamu bisa menahan diri agar tidak emosi dan tetap menjelaskannya dengan baik sesuai kenyataan yang terjadi. Bagaimana pun, ipar perempuan yang kamu anggap menyebalkan adalah saudara suami, jadi jangan pernah menjelek-jelekannya.

2. Tetap menjaga kesabaran

Mudah Kok, Ini 8 Cara Menghadapi Ipar Perempuan yang MenyebalkanFreepik.com

Nyinyir, ikut campur, dan perlakuan yang menyebalkan lainnya dari ipar sendiri memang sangat menguji kesabaranmu. Ketika ada hal yang menyulut emosi saat konflik dengan ipar perempuan, tetaplah menjaga kesabaran. Terkadang pelajaran dari hal yang tidak menyenangkan, datangnya di akhir ketika kamu bisa lebih tenang menyikapi permasalahan.

Dengan tetap menjaga kesabaran dalam menghadapi ipar perempuan yang menyebalkan, kamu akan bisa mendapat banyak hal positif. Seperti bisa lebih bijak menyikapi semua masalah, menemukan titik terang perdamaian dari konflik, dan bisa membuat pendekatan yang dewasa dengan ipar perempuan secara baik.

3. Membuat batasan diri

Mudah Kok, Ini 8 Cara Menghadapi Ipar Perempuan yang MenyebalkanFreepik.com

Terkadang konflik atau permasalahan dalam keluarga bisa timbul karena kita selalu meladeni setiap keributan. Mulai dari sekarang, kamu harus berjanji untuk bisa sederhana dalam berpikir dan bersikap dengan membuat batasan diri. Jangan terlalu overthinking dengan perilaku ipar perempuan yang suka nyinyir. Pikiran negatif mereka bukanlah hal yang harus kamu resahkan.

Sebaliknya, kamu harus terus bisa menunjukkan tindakan baik kepada siapa pun, termasuk ipar perempuan dari keluarga suami. Membuat batasan diri tandanya kamu mengetahui hal-hal penting apa yang perlu diselesaikan dan hal sepele apa yang tidak perlu ditanggapi dengan serius.

4. Mengungkapkan perasaan dengan jujur

Mudah Kok, Ini 8 Cara Menghadapi Ipar Perempuan yang Menyebalkanraisingchildren.net.au

Selanjutnya, kamu bisa menghadapi ipar perempuan yang menyebalkan dengan cara mengungkapkan perasaanmu secara jujur. Jika ingin mengungkapkan perasaan dengan jujur kepada ipar perempuan, ungkapkanlah dengan cara yang baik. Jangan menyudutkan, apalagi marah dengan nada suara kencang.

Tujuan dari mengungkapkan perasaan dengan jujur terkait sikap ipar perempuan kepadamu, yaitu agar dia mengetahui sikapnya yang selama ini terkadang mengganggu. Dengan begitu, ungkapkanlah perasaanmu secara jujur dengan cara yang baik dan menyampaikan tetap pada poin pentingnya. 

5. Jangan balas nyinyir

Mudah Kok, Ini 8 Cara Menghadapi Ipar Perempuan yang Menyebalkanyoungisthan.in

Untuk menghadapi ipar perempuan yang menyebalkan kelima, kamu jangan pernah membalasnya dengan perlakuan nyinyir juga. Kalau masih membalas nyinyir, permasalahan atau konflik kecil dalam keluarga pun tidak akan pernah selesai. Cobalah berhenti dan ambillah sikap dewasa.

Di samping tidak membalas nyinyir dari ipar perempuan, perlu juga untuk selalu mengintropeksi diri. Barangkali, memang ada tindakan yang salah dari kita yang justru merugikan dirinya. Jika sudah mengetahui, mulailah untuk berubah menjadi lebih baik bagi diri sendiri dan orang lain.

6. Banyak memaafkan

Mudah Kok, Ini 8 Cara Menghadapi Ipar Perempuan yang Menyebalkanhttps://www.pexels.com/@danxavier

Cara menghadapi ipar perempuan selanjutnya adalah banyak memaafkan. Bisa jadi banyak memaafkan menjadi cara terbaik untuk menyikapi hal yang tidak menyenangkan dari seseorang. Perilaku yang menyebalkan dari ipar perempuan mungkin dikarenakan tidak siapnya dia menghadapi orang baru yang sudah memiliki saudaranya.

Dari ketidaksiapan itu, mungkin muncul sikap tidak suka sehingga tanpa sadar sindiran atau omongan-omongan tidak pantas keluar dari mulut ipar perempuan. Jadi, sebaiknya selain mengungkapkan perasaan dan tindakan tidak nyaman dari ipar perempuan dengan jujur, kamu juga harus bisa banyak memaafkan.

7. Memahami perasaan ikatan persaudaraan

Mudah Kok, Ini 8 Cara Menghadapi Ipar Perempuan yang MenyebalkanPexels.com/Anna Shvets

Hampir sama dengan sikap banyak memaafkan, cara menghadapi ipar perempuan selanjutnya, yaitu bisa memahami perasaan ikatan persaudaraan. Sikap tidak menyenangkan dari ipar perempuan bisa disebabkan karena perasaan kehilangan. Mungkin saat masih melajang, suami banyak menghabiskan waktu bersama dengan saudara perempuannya. Makanya, nggak heran kalau ipar perempuan terasa menjauhkanmu dari suami.

Dengan memahami perasaan ikatan persaudaraan dari ipar perempuan, kamu bisa lebih bersabar agar suami tetap bisa berhubungan baik dengan saudara perempuannya dan membantu menyadarkan suami akan perannya dalam keluarga kecil yang telah dia bangun menjadi seorang suami juga ayah.

8. Selalu menjaga privasi pernikahan

Mudah Kok, Ini 8 Cara Menghadapi Ipar Perempuan yang MenyebalkanFreepik.com

Hal yang paling utama dan terakhir dalam menghadapi ipar perempuan yang menyebalkan, yaitu selalu menjaga privasi pernikahan. Tidak semua masalah dalam rumah tangga diketahui keluarga besar, karena ada beberapa yang bersifat rahasia yang harus disimpan suami-istri saja. Bahkan, ipar perempuan juga tidak bisa serta-merta diberi tahu.

Oleh karena itu, cobalah bekerja sama dengan suami untuk menyampaikan kepada saudaranya bahwa masalah dalam rumah tangga diusahakan bisa diselesaikan dari keluarga kecil sendiri. Agar tidak merasa tersinggung, kamu dan suami juga bisa meminta doa kebaikan untuk masalah atau tantangan rumah tangga yang sedang dihadapi.

Itulah 8 cara menghadapi ipar perempuan yang menyebalkan. Sikap menyebalkan dari ipar perempuan memang begitu menguji kesabaran. Namun, ujian tersebut bukan berarti tidak ada solusi dan titik terang perdamaian. Tentunya dengan komunikasi dan perilaku yang baik akan memudahkan terjalinnya hubungan yang sehat dalam keluarga. Semoga kamu dan keluarga selalu bahagia, ya! 

Baca Juga: 7 Cara Membangun Kedekatan dengan Saudara Ipar Perempuan, No Drama!

Baca Juga: 4 Tanda Saudara Ipar Toxic, Bikin Tak Nyaman!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Hadiah yang Cocok Untuk Saudara Ipar