Perselingkuhan merupakan salah satu masalah paling serius dalam sebuah hubungan. Sekali terjadi perselingkuhan, biasanya akan sulit untuk mengembalikan hubungan seperti sedia kala.

Ketika pasangan berselingkuh, biasanya kita akan merasakan perbedaan perilaku pada dirinya. Mereka akan melakukan beberapa sikap yang mencurigakan.

Kamu bisa waspada dan memerhatikan kebiasaan pasanganmu. Jika terjadi hal-hal seperti di bawah ini dan muncul kecurigaan, sebaiknya kamu langsung coba diskusikan masalah ini dengan pasanganmu.

1. Sering terjadi konflik

7 Sikap Mencurigakan Suami yang Selingkuh dari Istrinyapexels.com/Rodnae Productions

Terus-terusan menerima kritik dari pasangan pasti rasanya tak menyenangkan. Apalagi semua yang kamu lakukan rasanya tak pernah cukup untuknya. Hal ini pasti akan memicu konflik rumah tangga.

Munculnya konflik secara terus-menerus karena masalah yang sepele harusnya menjadi tanda untuk kamu lebih waspada. Walaupun sulit, berusahalah tetap tenang agar kamu bisa mengetahui akar permasalahan yang sebenarnya.

2. Ada perubahan penampilan

7 Sikap Mencurigakan Suami yang Selingkuh dari IstrinyaPexels.com/Ron Lach

Saat pasangan tiba-tiba mencoba gaya berpakaian baru atau mengganti parfum baru tanpa bercerita sebelumnya ke kamu, itu bisa menjadi hal yang mencurigakan. Perubahan gaya secara mendadak bisa jadi ada orang lain yang ingin dia impress.

Kecuali tentu saja, jika perubahannya itu diiringi dengan minta pendapatmu, mungkin kamu tak perlu khawatir. Tapi jika dia melakukan perubahan tanpa meminta opinimu, kamu patut waspada.

Kamu bisa coba berkomentar tentang penampilan barunya, jika dirinya terlihat cuek terhadap komentarmu maka jangan-jangan itu adalah tanda dia tengah mendua darimu.

3. Lebih sering berada di luar rumah

7 Sikap Mencurigakan Suami yang Selingkuh dari Istrinyahttps://www.pexels.com/@liza-summer

Kamu pasti sudah hafal jadwal suami bekerja atau urusan lainnya. Apabila dalam jangka waktu beberapa bulan pasanganmu sering memiliki acara mendadak, khususnya di akhir pekan, dan membuatnya jarang di rumah, bahkan sampai menginap, maka kamu harus waspada.

Lihat juga, apakah saat dia berada di luar rumah, apakah kamu bisa dengan mudah menghubunginya atau tidak? Hati-hati, jika ponselnya sering mati atau tak bisa dihubungi, bahkan telat membalas pesanmu.

Tentu saja, kamu bisa mengajaknya mengobrol setiap ia di rumah dan menanyakan tentang kegiatannya untuk mengetahui apakah dia berbohong atau tidak.

4. Dia sulit berkonsentrasi saat sedang bersama

7 Sikap Mencurigakan Suami yang Selingkuh dari Istrinyahttps://www.pexels.com/@shvets-production

Saat suami sedang di rumah dan kamu ingin memiliki waktu berkualitas bersama dirinya justru tak konsentrasi. Rasanya hanya tubuhnya yang ada bersamamu, namun pikirannya berada di tempat lain. 

Kamu juga memperhatikan bahwa dia lebih memilih sibuk bersama ponselnya, ketimbang berbicara dari hati ke hati bersamamu.

Jika hal ini terjadi kamu bisa bertanya padanya apakah sedang ada hal penting yang Ia lakukan. Kamu juga bisa meminta dia untuk meluangkan waktu untukmu, namun jika hal tersebut tak kunjung dilakukan olehnya maka ini adalah sebuah red flag.

5. Posesif dengan ponselnya

Yup! Ini juga merupakan salah satu sikap yang bisa menunjukkan apakah suami selingkuh dari istrinya atau tidak. Jika di rumah, coba perhatikan apakah dia sangat posesif dengan ponselnya? Apakah ponselnya selalu dia pegang, bahkan saat dia ke kamar mandi? Apakah kamu sering melihat dia menyelinap keluar kamar pada malam hari untuk sekadar menerima telepon atau membalas pesan?

Selain itu, apakah jika kamu memegang ponsel miliknya, dia akan langsung merebutnya darimu? Nah, itu dia beberapa tanda mencurigakan yang patut kamu waspadai. Kamu bisa saja bertanya baik-baik padanya tentang apakah ada yang dia sembunyikan darimu?

6. Hubungan seksual berubah

7 Sikap Mencurigakan Suami yang Selingkuh dari IstrinyaPexels.com/Cottonbro

Perselingkuhan biasanya akan mempengaruhi hubungan seksual kamu dan pasangan juga. Apabila biasanya hubungan seksual terasa romantis dan menyenangkan, lama-lama hal ini terasa hambar dan tak intim lagi.

Pasanganmu selingkuh tentu bukan menjadi satu-satunya alasan itu terjadi. Namun, kamu tetap harus waspada dengan adanya kemungkinan tersebut.

Itulah tanda-tanda pasangan selingkuh yang bisa kamu waspadai. Tentunya kamu akan selalu punya waktu untuk bertanya langsung dan menyampaikan rasa tidak nyaman yang kamu alami jika hal-hal di atas terjadi.

7. Teman suami menunjukkan perilaku yang janggal

7 Sikap Mencurigakan Suami yang Selingkuh dari Istrinyafreepik.com/yanalya

Ternyata bukan hanya perilaku suami yang berubah, kamu juga bisa memperhatikan perilaku teman-temannya saat kalian bertemu. Coba, deh, perhatikan apakah ada gelagat yang aneh atau janggal.

Bisa jadi mereka tahu akan kebenarannya dan berusaha menutupi. Gelagat lainnya adalah ada juga teman yang justru menghindari, karena merasa bersalah telah mengetahui perselingkuhan yang dilakukan opleh suami kamu.

Itu dia beberapa sikap mencurigakan yang bisa jadi pertanda suami selingkuh dari istrinya. Tak perlu panik atau marah-marah dulu, ya, Bela. Kamu bisa menanyakan langsung pada suami akan hal ini. Namun jika kamu mendapati dia selingkuh, hal itu kembali lagi pada dirimu apakah akan memaafkannya atau tidak.

Baca Juga: Ini 12 Arti Mimpi Suami Selingkuh Menurut Primbon dan Islam

Baca Juga: 5 Cara Agar Sembuh dari Trauma Perselingkuhan

Baca Juga: Awas! 5 Jenis Selingkuh Emosional Ini Tanpa Sadar Sering Dilakukan