Pada sebuah pesta pernikahan, undangan menjadi salah satu hal yang penting bagi para pengantin. Undangan tentunya bertujuan untuk mengundang orang datang ke acara pernikahan kita, namun tak bisa asal membuat undangan saja. Undangan bisa memberikan gambaran akan acara pernikahan nantinya.

Undangan pernikahan bersifat tidak resmi dan kamu bisa membuatnya sekreatif mungkin. Tetapi saat membuat undangan ada banyak hal yang harus diperhatikan. Untuk itu, Popbela memiliki tips dan contoh surat undangan pernikahan yang bisa menjadi acuanmu.

1. Informasi yang harus ada dalam undangan

Contoh dan Cara Membuat Surat Undangan Pernikahan yang Benarbridestory.com/ Paper Pressed

Pertama, tentunya nama kedua mempelai yang akan menikah. Apalagi jika kamu tidak memberikan undangan secara langsung, hal ini akan sangat dibutuhkan. Setelah itu jangan lupa menuliskan salam dan maksud untuk mengundang mereka ke pernikahanmu.

Nama kedua orangtua juga wajib dituliskan, karena biasanya orangtua juga akan mengundang kolega dan saudara jauh, yang mungkin tidak familiar dengan namamu.

Bagian paling penting dari undangan adalah hari, tanggal, waktu, dan tentunya lokasi. Kamu juga bisa memberikan petunjuk arah atau patokan lokasi tempat melaksanakan pernikahan. Hal ini jangan sampai terlewat, ya.  

2. Menulis nama orang yang diundang

Contoh dan Cara Membuat Surat Undangan Pernikahan yang BenarPinterest.com/Aldila Putri

Pada pembuatan surat undangan pernikahan perhatikan pula nama tamu yang diundang. Pastikan ejaan nama dan jabatannya benar. Jangan sampai salah, Bela, karena ini menunjukkan kamu menghormati tamu yang diundang ke pernikahanmu tersebut.

3. Sesuaikan konsep undangan dengan tema pernikahan

Contoh dan Cara Membuat Surat Undangan Pernikahan yang Benarohsobeautifulpaper.com

Pemilihan konsep dan desain  undangan bisa kamu sesuaikan dengan tema pesta pernikahan. Kamu bisa menggunakan tema minimalis, glamor, vintage, tradisional, atau berbagai tema lainnya.

Tema ini nantinya bisa kamu sesuaikan dengan warna undangan yang akan digunakan, pemilihan font, dan juga ornamen yang akan ada di dalam undangan.

Popbela juga memiliki beberapa contoh undangan yang bisa menjadi inspirasi kamu.

Contoh undangan pernikahan:

1. Undangan simpel

Contoh dan Cara Membuat Surat Undangan Pernikahan yang Benarfreepik/lukasdedi

Apabila kamu menyelenggarakan pernikahan dengan tema minimalis dan suasana yang intim dan sederhana, undangan ini bisa menjadi inspirasi. Kamu bisa menggunakan warna pastel dan dikombinasikan dengan dominasi warna putih. Undangan ini juga bisa diberikan ornamen yang tak memiliki banyak warna.

2. Undangan dengan sentuhan tradisional

Contoh dan Cara Membuat Surat Undangan Pernikahan yang Benarnikahnya.com

Jika kamu membuat acara pernikahan dengan tema adat dan tradisional, kamu bisa memberikan sentuhan tradisional pada undangan juga. Kamu bisa menggunakan pola batik, misalnya, sebagai latar belakang atau halaman depan dari undangan kamu. Bisa juga sesuaikan motif undangan dengan kain adat atau suku asal kamu dan pasangan. 

3. Undangan bergaya glamor

Contoh dan Cara Membuat Surat Undangan Pernikahan yang Benarproweddinginvites.com

Jika pesta pernikahan kamu memiliki tema mewah dan glamor, maka nuansa emas akan cocok jadi pilihan kamu. Sesuaikan juga kartu undangannya, ya. Pilih kertas dan ornamen dengan nuansa warna emas yang akan membuat tampilan kartu tampak makin glamor.

4. Undangan bahan akrilik

Contoh dan Cara Membuat Surat Undangan Pernikahan yang BenarClarity&co

Undangan dengan bahan akrilik sedang banyak diminati belakangan ini. Undangan ini terbuat dari bahan akrilik yang bening sehingga memberikan kesan premium. Undangan dengan bahan akrilik ini juga bisa menjadi pajangan setelahnya. Di sisi lain, tempat untuk menulis informasi yang kamu miliki terbatas.

5. Undangan bergaya shabby chic

Contoh dan Cara Membuat Surat Undangan Pernikahan yang Benargreenenvelope.com

Banyak pula pernikahan yang mengambil tema shabby chic atau vintage yang terkesan feminin sekaligus romantis. Jika pernikahan kamu mengambil tema shabby chic, maka sesuaikan juga kartu undangannya, ya.

6. Undangan bergaya unik

Contoh dan Cara Membuat Surat Undangan Pernikahan yang Benartutsplus.com

Ada juga pasangan pengantin yang menginginkan pesta pernikahan mereka memiliki tema tertentu yang unik. Maka tak heran jika kartu undangannya juga mengikuti keunikan tema mereka. Contohnya saja, nih, jika salah satu mempelai adalah seorang pilot atau pramugari, maka tema aviasi bisa jadi pilihan tema pernikahan. Kartu undangan berupa paspor pun bisa jadi pilihan.

7. Undangan dengan ilustrasi

Contoh dan Cara Membuat Surat Undangan Pernikahan yang Benarpinterest/freepik

Jika kamu tidak mau menggunakan foto dalam undangan, kamu bisa menggunakan ilustrasi. Penggunaan ilustrasi bisa membuat undangan kamu terasa personal, namun juga mendapatkan kesan tidak terlalu formal. Kamu bisa mencari ilustrator yang memiliki gaya gambar sesuai dengan kemauan kamu untuk mendapat hasil yang maksimal.

8. Undangan minimalis

Contoh dan Cara Membuat Surat Undangan Pernikahan yang Benartraumanufaktur

Undangan tidak perlu selalu glamour dan mewah. Kamu bisa membuat undangan dengan font berwarna hitam dan latar belakang putih saja untuk mendapatkan kesan minimalis. Jika dikemas dengan kreatif dan seluruh informasi tersampaikan, undangan tersebut tetap dapat menjalankan fungsinya.

Itu dia beberapa tips dan contoh surat undangan pernikahan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, ya.

Baca Juga: Pengantin Wajib Tahu, Ini Cara Mendapatkan Kartu Nikah Digital

Baca Juga: 12 Syarat Menikah Bagi Laki-laki Menurut Islam

Baca Juga: 5 Doa untuk Pengantin yang Menikah Secara Islam