Menolak ajakan untuk berhubungan seks dengan pasangan adalah hal yang normal dan bukan merupakan suatu masalah. Sekalipun kamu sangat cinta kepada pasangan atau telah menikah sangat lama, perasaan untuk enggan melakukan hubungan seks di waktu tertentu adalah sesuatu yang sangat wajar, lho, Bela. Bahkan menurut penelitian, sebuah hubungan bisa bertahan lama tanpa melakukan hubungan seks sama sekali.

Mau atau tidaknya kamu untuk melakukan seks di waktu-waktu tertentu ini terjadi karena tingkat hasrat seksual manusia yang selalu mengalami fluktuasi. Ini artinya, ketika kamu tidak mau atau tidak sedang dalam mood untuk melakukan hubungan seks, maka tingkat hasrat seksualmu sedang berada di titik terendah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan fluktuasi tingkat hasrat seksual, di antaranya ialah faktor biologis, faktor psikologis, dan juga faktor relasional.

Ketika kamu tidak ingin berhubungan seks dengan pasangan, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, nih. Hal-hal ini bertujuan agar pasangan bisa mengerti mengenai kondisi kamu. Pada dasarnya, hubungan seksual bukan hanya seputar kepuasan pasangan, melainkan juga seputar keinginan dan juga kesiapan kamu.

Spesial buat Bela, berikut ini 4 hal yang perlu dilakukan ketika kamu tidak ingin berhubungan seks dengan pasangan.

1. Komunikasikan kepada pasangan mengenai kondisimu

Menolak Ajakan Seks dari si Dia? Ini Hal yang Perlu Kamu LakukanPinterest.com/Oncewed

Ketika kamu tidak bergairah untuk melakukan hubungan seksual, maka yang harus kamu lakukan adalah mengomunikasikan hal ini kepada pasangan. Ceritakan mengenai apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu pikirkan. Ingat, perbedaan keinginan mengenai aktivitas hubungan seksual ini bukanlah sebuah permasalahan, sehingga ceritakanlah semuanya secara tenang dan terbuka kepada pasangan. Jelaskan juga kepada pasangan bahwa cinta tidak sama dengan hubungan seksual. Oleh karena itu, jika kamu menolak ajakannya untuk berhubungan seksual, maka itu tidak berarti kamu menolak cintanya.

2. Tetap mesra dengan cara lain

Menolak Ajakan Seks dari si Dia? Ini Hal yang Perlu Kamu LakukanPinterest.com/Instagram

Selain dengan berhubungan seks, kamu tetap bisa mesra dengan cara yang lain, lho. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar hubungan tetap mesra dan harmonis meski tanpa berhubungan seks, di antaranya seperti sexting, memuji pasangan dengan kata-kata yang menggoda, dan hal-hal intim lainnya. Cara-cara ini juga membantu mengembalikan mood-mu untuk melakukan hubungan seks, lho.

3. Cari tahu mengenai hal-hal yang bisa menigkatkan gairah seksmu

Menolak Ajakan Seks dari si Dia? Ini Hal yang Perlu Kamu LakukanPinterest.com/Hairstylesbeauty

Beri sedikit waktu kepada diri sendiri untuk mencari tahu mengenai hal apa saja yang bisa meningkatkan gairah seksmu. Temukan juga hal-hal yang mampu menghalangimu menikmati seks dengan pasangan. Ketika kamu sudah mengetahui dan menemukan hal-hal tersebut, komunikasikan kembali kepada pasangan agar kamu dan pasangan bisa berkerja sama untuk menciptakan "lingkungan" yang kamu inginkan tersebut. Dengan begitu, hubungan seks bisa dapat kembali dilakukan.

4. Bersabar

Menolak Ajakan Seks dari si Dia? Ini Hal yang Perlu Kamu LakukanPinterest.com/Stocksyunited

Kamu perlu bersabar dan memberi sedikit waktu kepada diri sendiri untuk "bernapas". Ketidakinginan terhadap seks di waktu tertentu bukan salahmu, kok. Kamu berhak meminta pengertian kepada pasangan untuk diberi jeda sebentar dari aktivitas seksual ini. Selain itu, jangan lupa juga untuk terus jujur kepada pasangan mengenai apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu butuhkan. Jaga komunikasi dan keintiman dengan cara yang lain agar hubungan tetap harmonis, ya.

Baca Juga: 9 Film tentang Perjuangan Melawan Pelecehan Seksual, Wajib Tonton!

Baca Juga: Ini Jumlah Kalori yang Dibakar Saat Kamu Berhubungan Seks

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Alami Frustrasi Seksual