Fenomena perceraian makin banyak terjadi, bahkan di usia pernikahan yang masih sangat muda, kurang dari satu tahun. Bermacam-macam hal menjadi alasan, dari mulai finansial hingga perselingkuhan. Apakah mempertahankan pernikahan memang sesulit itu di jaman sekarang? Kenapa orang zaman dulu justru pernikahannya lebih bertahan lama?

Mungkin kita memang perlu belajar dari kakek-nenek kita, dari generasi-generasi sebelumnya yang umumnya menikah sekali untuk selamanya. Kita juga bisa belajar dari empat pasangan ini yang berhasil menjaga pernikahannya sampai 50 tahun lebih, dari perang dunia II sampai memiliki cicit. Melansir ABC News, rahasia mereka ada pada komunikasi dan cinta yang abadi, bagaimana detailnya? Simak yuk!

Sammy dan Macie Waller: 75 Tahun

Kisah Nyata: Rahasia Pernikahan Langgeng Sampai 50 Tahunhttps://abcnews.go.com

Macie berusia 93 tahun dan Sammy berusia 97 tahun. Keduanya memiliki 6 anak, 11 cucu, dan 9 cicit. Saat ditanya apa rahasia pernikahannya, mereka menjawab saling menghormati adalah yang utama. Mereka jarang sekali terlibat dalam pertengkaran besar yang biasanya menjadi penyebab utama perceraian. Sammy lebih memilih diam jika sedang terjadi pertengkaran yang hebat, karena menurutnya Macie tidak akan mungkin bisa berdebat sendiri. Mereka juga tidak pernah bertengkar di depan anak-anak.

Frank dan Thelma Hoffman: 67 Tahun

Kisah Nyata: Rahasia Pernikahan Langgeng Sampai 50 Tahunhttps://abcnews.go.com

Selain saling mencintai satu sama lain, keduanya mengatakan bahwa hal penting lainnya adalah mengetahua apa yang penting dalam hidup dan lebih banyak bersabar. Frank mengaku lebih banyak memenangkan Thelma dalam perdebatan, dia tidak pernah membantah, tapi bukan berarti dia menjadi kalah. Justru dengan melakukan itu, Thelma menjadi sadar dengan sendirinya dan menghargai sudut pandang Frank. Selain itu, Frank mengatakan bahwa penting juga untuk menciptaka persahabatan dalam sebuah pernikahan.

James dan Virginia Wilson: 63 Tahun

Kisah Nyata: Rahasia Pernikahan Langgeng Sampai 50 Tahunhttps://abcnews.go.com/

Sudah menikah 63 tahun, pasangan ini mengaku rahasianya adalah tidak tidur dengan membawa masalah, mereka selalu membicarakannya. Jika tidak bisa hari ini, maka pagi atau sore di hari esoknya, masalah itu harus segera dibahas. Komunikasi menjadi hal yang diutamakan dalam pernikahan pasangan ini. Keduanya memiliki profesi yang berbeda tapi jarang sekali berkonflik karena selalu mengekspresikan pendapatnya masing-masing sebelum menjadi suatu konflik.

John dan Betty Mattocks: 51 Tahun

Kisah Nyata: Rahasia Pernikahan Langgeng Sampai 50 Tahunhttps://abcnews.go.com/

Menurut Betty rahasianya adalah karena dia termasuk orang yang tidak terlalu serius dan memiliki selerea humor yang bagus. John pun mengaminkan pendapat ini. Selanjutnya dia mengatakan bahwa kita harus lebih banyak mendengar dalam sebuah pernikahan dan meyakini bahwa kita tidak selamanya benar. Hal paling penting menurut Betty adalah jangan memusingkan hal-hal kecil, jangan marah karena hal-hal yang tidak penting. 

Ternyata rahasianya sederhana, ya, Bela? Tapi mungkin praktiknya tidak semudah kelihatannya.

Baca Juga: Cek 5 Jenis Keintiman yang Dimiliki Oleh Pasangan Langgeng

Baca Juga: 5 Kebiasaan Seks yang Jadi Tanda Hubunganmu Nggak Akan Langgeng

Baca Juga: Kata Penelitian, Ini Jarak Usia Ideal untuk Hubungan Cinta Langgeng