Ada banyak sekali isu perselingkuhan di luaran sana yang masuk ke telinga kita. Sebagian benar, sebagian hanya membuat kita ketakutan kalau-kalau akan diselingkuhi pasangan. Padahal rasa takut ini justru yang terkadang mengantarkan kita pada kenyataan perselingkuhan.

Berikut ini adalah fakta-fakta perselingkuhan berdasarkan penelitian, bukan hanya berdasarkan adegan-adegan di drama yang terkadang dilebih-lebihkan.

1. Orang yang punya penghasilan sendiri cenderung berselingkuh

5 Fakta Tentang Selingkuh Berdasarkan Penelitian yang Kamu Harus Tahuwww.lovepanky.com

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di American Sosiological Review, disebutkan bahwa seseorang yang memiliki penghasilan sendiri atau tidak bergantung pada pasangannya memiliki keinginan berselingkuh yang lebih besar. Ini jika dibandingkan mereka yang kehidupannya bergantung pada pendapatan pasangan.

2. Laki-laki selingkuh seksual, perempuan selingkuh emosional

5 Fakta Tentang Selingkuh Berdasarkan Penelitian yang Kamu Harus Tahumarriage.com

Laki-laki akan berselingkuh karena ketertarikan seksual, sedangkan perempuan cenderung melakukan perselingkuhan dengan alasan emosional. Artinya, jika perempuan selingkuh, umumnya karena dia merasa jatuh cinta pada selingkuhannya, demikian yang tertulis di jurnal Evolutionary Psychology. 

Dari caranya berselingkuh, kita bisa menebak penyebabnya, bukan? Perempuan biasanya akan berselingkuh karena kurang perhatian, sedangan laki-laki biasanya karena ingin terpuaskan secara seksual. 

3. Laki-laki cenderung berselingkuh di usia 39 dan 49 tahun

5 Fakta Tentang Selingkuh Berdasarkan Penelitian yang Kamu Harus TahuFreepik

Penelitian yang tertulis dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menyebutkan bahwa laki-laki yang usianya mendekati 40 dan 50 tahun, cenderung memiliki keinginan untuk berselingkuh. Pada usia-usia ini, laki-laki sedang mencari makna hidup dan mudah tergoyahkan dengan hal-hal seperti perselingkuhan.

4. Ketidaksetiaan dipengaruhi oleh gen

5 Fakta Tentang Selingkuh Berdasarkan Penelitian yang Kamu Harus Tahuunsplash.com/Allef Vinicius

University of Queensland dalam jurnal Evolution and Human Behavior, menjelaskan bahwa gen yang ada di dalam tubuh kita juga berpengaruh terhadap perilaku seksual. Orang-orang dengan reseptor oksitosin dan vasopressin yang spesifik disebutkan cenderung memiliki perilaku berselingkuh. Sebanyak 40% perempuan dan 62% laki-laki berselingkuh karena 'gen' ini.

5. Jika sudah pernah, cenderung akan selingkuh lagi

5 Fakta Tentang Selingkuh Berdasarkan Penelitian yang Kamu Harus Tahumarriage.com

"Sekali berselingkuh, akan berselingkuh selamanya", mungkin tidak sepenuhnya salah. Karena sebuah penelitian yang dilakukan pada 500 orang dan dipublikasikan pada jurnal Archives of Sexual Behavior menyebutkan bahwa orang yang sudah pernah berselingkuh memang akan cenderung mengulanginya.

Fakta ke berapa yang paling membuat kamu takut atau deg-degan, Bela?

Baca Juga: Kata Penelitian, Pria Berwajah Kotak Punya Kecenderungan Selingkuh

Baca Juga: 3 Tips Agar Kamu Tidak Takut Diselingkuhi

Baca Juga: Begini Cara Terbaik Memergoki Pasangan yang Selingkuh