Jangan pernah menganggap tidak terjadi apa-apa usai marahan dengan pasangan. Penyelesaian masalah tanpa diskusi akan menyebabkan masalah itu teralihkan untuk sementara waktu dan menumpuk dalam jangka waktu lama. Suatu saat tumpukan masalah itu bisa saja meledak. Karena itu, usai marahan sebaiknya kamu lakukan hal-hal ini, Bela!

1. Tulis yang kamu rasakan

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Bertengkar dengan PasanganPixabay.com/Karolina Grabowska

Dulu pernah punya diary nggak? Ternyata diary ini banyak sekali manfaatnya, lho! Kita bisa mencurahkan isi hati kita dalam bentuk tulisan, termasuk pasca marahan dengan pasangan. Bentuknya tidak harus diary, bisa ditulis di mana pun, bahkan di notes ponsel kamu. Percaya atau tidak, menulis bisa membantu kita menyembuhkan luka dan berpikir secara lebih jernih.

2. Bersihkan rumah

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Bertengkar dengan Pasanganpinterest.com

Nggak cuma bikin rumah bersih, ternyata sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau membersihkan dan menata rumah juga bisa membersihkan sekaligus menata pikiran kita sendiri. Saat melihat rumah dalam keadaan bersih dan rapi, kita akan menjadi lebih tenang saat mengambil keputusan.

3. Bermain dengan anak-anak

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Bertengkar dengan PasanganBoredpanda.com/Dikyedarling

Anak-anak adalah manusia dengan hati paling murni. Kebahagiaan dan kepolosan mereka bisa menular ke kita saat mengajak mereka bermain. Kita bisa ikut melihat dunia dengan cara yang lebih sederhana. Seperti layaknya anak-anak yang selalu mudah memaafkan karena bagi mereka dunia sangat sederhana. Jika kamu sudah memiliki anak, maka bermain bersama mereka bisa menenangkan hatimu. Jika belum, maka kamu bisa bermain bersama keponakan atau sepupu.

4. Olahraga

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Bertengkar dengan Pasangancdn2.tstatic.net

Tentu bukan hal baru lagi kalau olahraga bisa membantu kita mengelola emosi. Olahraga bisa menyalurkan energi negatif kita dan mengubahnya menjadi energi yang lebih positif. Tidak hanya fisik kita saja yang jadi sehat, tapi jiwa kita pun ikut sehat karena berolahraga. 

5. Mendengarkan musik

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Bertengkar dengan Pasanganwww.pexels.com

Rasa marah biasanya bisa diredam dengan sesuatu yang lembut dan menyentuh hati, seperti musik. Lagu-lagu tertentu bisa menggetarkan hati kita sehingga rasa marah pun teralihkan. Jangan pilih lagu-lagu galau untuk didengar, karena biasanya justru akan membangkitkan rasa-rasa sakit dalam hati kita.

6. Duduk bersama dan diam

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Bertengkar dengan Pasangan

Tidak melakukan apa pun kadang justru menjadi cara terbaik untuk berbaikan dengan pasangan pasca marahan. Duduklah berdua dalam satu ruangan tanpa melakukan apa pun, saling diam, tapi merenungi apa kesalahan masing-masing dan bagaimana memperbaiki kesalahan tersebut di masa depan. 

Hal terpenting saat marahan adalah jangan mengunggah isi hati kalian di media sosial atau menceritakannya pada orang lain dulu. Jika benar-benar sulit diselesaikan berdua, baru cari orang ketiga untuk menengahi. Tapi sebisa mungkin selesaikan berdua saja dari hati ke hati.

Baca Juga: 6 Hal yang Patut Dihindari Usai Kamu dan Pasangan Bertengkar