Kehidupan rumah tangga memang identik dengan lika-liku, serta konflik antara suami dan istri. Namun terlepas dari semua permasalahan, sepasang suami istri harus selalu mencintai dan melindungi satu sama lain. Jangan sampai muncul perselisihan yang berujung pada hal-hal buruk.

Kalaupun ada perselisihan, sebaiknya diselesaikan dengan baik-baik tanpa ada perkataan dan perbuatan yang menyakiti perasaan. Sebab, pernikahan yang diselimuti sakit hati akan kehilangan rasa cinta seiring berjalannya waktu.

Untuk mencegahnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti memanjatkan doa memohon bantuan Allah SWT agar rumah tangga selalu dilindungi. Berikut ini bacaan doa untuk suami yang menyakiti hati istri serta amalan yang bisa kamu terapkan.

1. Bacaan doa bagi istri yang terzalimi oleh perbuatan suami

Kumpulan Doa untuk Suami yang Menyakiti Hati IstriPexels.com/Thirdman

Peran suami dalam rumah tangga sejatinya harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Mulai dari perbuatan hingga ucapan yang dilakukan suami, tidak boleh melukai hati istri, apalagi sampai membuatnya merasa terzalimi.

Hal ini didukung oleh ajaran agama Islam yang melarang umatnya berkata buruk pada seseorang. Namun, apabila seorang istri telah menyimpan kesedihan teramat dalam akibat perbuatan suaminya, maka dianjurkan untuk mengadu kepada Allah SWT dengan membaca doa berikut:

لَّا يُحِبُّ ٱللَّهُ ٱلْجَهْرَ بِٱلسُّوٓءِ مِنَ ٱلْقَوْلِ إِلَّا مَن ظُلِمَ ۚ وَكَانَ ٱللَّهُ سَمِيعًا عَلِيمًا

“Laa yuhibbullaa huljahra bissuu-i minalqowli illaa man zhulima, wakaa nallaahu samii’an ‘aliimaa”

Artinya: “Allah tidak menyukai ucapan yang buruk (yang diucapkan) kepada seseorang dengan terang-terangan, melainkan orang yang dizalimi maka dia boleh menceritakan kezaliman tersebut, dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui.”

2. Bacaan doa Nabi Daud untuk melembutkan hati suami

Kumpulan Doa untuk Suami yang Menyakiti Hati Istridok.internet

Selanjutnya, memanjatkan doa untuk suami yang menyakiti hati istri juga bisa dilakukan dengan bacaan doa Nabi Daud. Bacaan doa ini dikenal sebagai permohonan kepada Allah SWT untuk melembutkan hati seseorang.

Berikut bacaan doa Nabi Daud:

اَللَّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاوُدَالْحَدِيْد

“Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daudal hadid”

Artinya: “Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan Daud (akan) besi”.

3. Berdoa agar suami selalu mengingat Allah SWT dan tidak menyakiti istrinya

Kumpulan Doa untuk Suami yang Menyakiti Hati IstriPexels.com/Rodnae Productions

Selanjutnya, ada bacaan doa yang dikutip dari surah An-Naml ayat 62. Ayat ini menunjukkan kuasa Allah SWT dan berguna agar suami senantiasa mengingat Allah SWT dalam hidupnya.

Sebab, suami yang bertakwa dan menjalani kehidupan dengan selalu mengingat Allah, maka ia tidak akan tega untuk menyakiti hati istrinya sendiri. Bacaan doa ini adalah sebagai berikut:

اَمَّنۡ یُّجِیۡبُ الۡمُضۡطَرَّ اِذَا دَعَاہُ وَ یَکۡشِفُ السُّوۡٓءَ وَ یَجۡعَلُکُمۡ خُلَفَآءَ الۡاَرۡضِ ؕ ءَ اِلٰہٌ مَّعَ اللّٰہِ ؕ قَلِیۡلًا مَّا تَذَکَّرُوۡنَ

“Amman yujiibul mudhtharra idzaa da’aahu wayaksyifussuu-a wayaj’alukum khulafaa-al ardhi ailahun ma’allahi qaliilaa maa tadzakkaruun”

Artinya: “Bukankah Dia (Allah) yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya, dan menghilangkan kesusahan dan menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah (pemimpin) di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Sedikit sekali (nikmat Allah) yang kamu ingat.” (QS. An-Naml [27]: 62).

4. Suami istri dianjurkan untuk berdzikir agar tidak menyakiti satu sama lain

Kumpulan Doa untuk Suami yang Menyakiti Hati IstriFreepik.com/Free Picture

Untuk mencapai kehidupan rumah tangga yang harmonis serta bahagia dunia dan akhirat, dibutuhkan beragam upaya dari kedua belah pihak. Salah satu cara yang dianjurkan Islam untuk mendapat kebahagiaan rumah tangga adalah dengan berdzikir.

Seorang istri yang berdzikir setiap hari akan senantiasa berusaha untuk menjadi istri yang baik. Tak hanya itu, ia juga akan terus berbuat baik kepada suaminya demi keharmonisan rumah tangga.

Hal yang sama juga harus dilakukan oleh suami. Sebab, suami yang rajin berdzikir kepada Allah SWT akan selalu ingat untuk menjaga lisan dan perbuatannya agar tidak menyakiti hati istri.

Itulah amalan doa untuk suami yang selalu menyakiti hati istri. Semoga kumpulan doa tersebut bisa membantu kamu mengatasi masalah rumah tangga sesuai ajaran Islam. Doa-doa tersebut juga berguna sebagai permohonan agar hubungan menjadi harmonis lagi.

Baca Juga: Doa untuk Melancarkan Rezeki Suami, Bisa Coba Diamalkan!

Baca Juga: 5 Doa Nabi Yusuf Soal Cinta dan Kasih Sayang yang Bisa Kamu Amalkan 

Baca Juga: 9 Cara dan Doa agar Disayang Suami, Jadi Makin Lengket!