Menikah merupakan suatu babak baru dalam kehidupan. Sebab, ada begitu banyak hal akan berubah usai menikah. Pola pikir, kebiasaan sehari-hari, gaya hidup, dan lain sebagainya. Salah satu hal yang tak terhindarkan adalah saat harus berpisah dari keluarga di rumah, karena memutuskan hidup mandiri bersama pasangan.

Tak jarang, sebagian besar orang mengalami homesick setelah menikah, yakni perasaan merindukan rumah yang selama ini ditinggali, meskipun telah pindah ke rumah baru. Homesick identik dengan perasaan sedih hingga akhirnya mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, homesick sebaiknya diatasi dengan tepat.

Berikut Popbela akan mengulas beberapa cara mengatasi homesick setelah menikah, khususnya saat kamu merindukan kehadiran orang tua. Yuk, simak!

1. Manfaatkan teknologi untuk rutin berkomunikasi

5 Cara Mengatasi Homesick Setelah Menikah, Harus Kuat dan Tegar!Pexels.com/Edward Jenner

Merasakan rindu pada keluarga adalah hal yang pasti terjadi. Sayangnya, kamu mungkin tidak bisa selalu bertemu dan mendatangi rumah orang tua karena berbagai alasan. Bila begitu, maka kamu harus memanfaatkan teknologi untuk rutin berkomunikasi.

Saat ini tersedia berbagai macam jenis komunikasi yang mudah diakses kapan pun dan di mana pun. Mulai dari chatting, telepon, hingga video call. Jadi, setiap kali kamu merasa rindu dengan orang tua, kamu bisa langsung menghubungi mereka secara online.

2. Merencanakan kunjungan secara teratur

5 Cara Mengatasi Homesick Setelah Menikah, Harus Kuat dan Tegar!Pexels.com/Nicole Michalou

Cara selanjutnya adalah dengan merencanakan kunjungan secara teratur, terlebih lagi bila jarak antara rumah kamu dan rumah orang tua masih memungkinkan untuk ditempuh.

Bila sudah membuat rencana yang teratur dan terstuktur, kamu jadi punya kesempatan untuk mempersiapkan berbagai hal sebelum kunjungan. Misalnya mengambil cuti, memanfaatkan hari libur, dan lain sebagainya.

3. Minta keluarga datang dan berkunjung ke rumah

5 Cara Mengatasi Homesick Setelah Menikah, Harus Kuat dan Tegar!pexels.com/id-id/@cottonbro

Tak bisa dipungkiri bahwa kesibukkan kamu dan pasangan terkadang menjadi penyebab utama tidak bisa mengunjungi orang tua. Akibatnya, kamu jadi mudah merasa homesick.

Untuk mencegahnya, maka tak ada salahnya bila kamu meminta keluarga dan orang tua yang datang berkunjung ke rumahmu. Hal ini juga akan membuat orang tua merasa bahagia karena memiliki kesempatan bertemu dengan anak serta cucu-cucunya.

Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan kesehatan orang tuamu ya, Bela. Jangan sampai mereka menjadi kelelahan karena terlalu sering datang berkunjung.

4. Menyibukkan diri dan mengalihkan fokus

5 Cara Mengatasi Homesick Setelah Menikah, Harus Kuat dan Tegar!unsplash.com/DmitriiVaccinium

Bila sudah mencoba segala cara untuk mengatasi homesick setelah menikah, namun belum juga berhasil, maka kamu bisa mencoba cara yang satu ini, yakni dengan menyibukkan diri dan mengalihkan fokus.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan kegiatan yang disukai seperti memasak, menonton film, bahkan mencoba aktivitas-aktivitas baru. Langkah ini dilakukan untuk sedikit mengurangi rasa rindu hingga nanti ada waktu untukmu bertemu keluarga dan orangtua di rumah.

5. Bercerita dan berbagi rindu dengan pasangan

5 Cara Mengatasi Homesick Setelah Menikah, Harus Kuat dan Tegar!Ba Tik/Pexels

Terakhir, cobalah untuk berbagi rasa rindu serta homesick yang kamu alami dengan pasangan. Ingatlah untuk tidak memendam perasaan ini sendirian, melainkan kamu harus bercerita pada pasangan. Sebab, hal ini bisa membantu kamu merasa sedikit lebih lega, serta mungkin pasangan akan membantu menemukan solusi lain yang lebih ampuh dalam mengatasi homesick.

Demikianlah beberapa tips mengenai cara mengatasi homesick setelah menikah versi Popbela. Sebenarnya, cara-cara di atas sangat sederhana dan bisa kamu terapkan, namun pastikan untuk selalu mengutamakan silaturahmi dengan orang tua, ya!

Baca Juga: Inilah 5 Bulan yang Baik untuk Menikah Menurut Islam

Baca Juga: Jangan Buru-Buru, 5 Hal Ini Harus Jelas Dulu Sebelum Menikah

Baca Juga: 5 Ciri Pasangan yang Tak Boleh Kamu Sia-siakan