Surrogate mother atau ‘ibu pengganti’ adalah metode yang dilakukan seorang perempuan mengandung dan melahirkan bayi untuk pasangan yang tidak memiliki anak dengan cara biasa. Umumnya, ibu pengganti secara khusus disewa oleh pasangan yang ingin memiliki anak, namun tidak bisa karena suatu kondisi, seperti misalnya rahim lemah, masalah kesuburan, dan hal lainnya.

Sebenarnya, di Indonesia sendiri, praktik surrogate mother atau ibu pengganti masih dianggap tabu dan bukan hal yang umum dilakukan. Namun di beberapa negara Barat seperti Amerika Serikat, Kanada, Rusia, dan Ukraina, praktik ibu pengganti di legal dan boleh dijalani oleh pasangan. 

Maka tak heran bila banyak publik figur terkenal atau artis Hollywood yang memutuskan punya anak lewat surrogate mother. Para artis tersebut dan pasangannya secara khusus mengumumkan bahwa mereka menggunakan ibu pengganti untuk mengandung anaknya. Siapa sajakah selebritis tersebut? Berikut Popbela.com berikan beberapa di antaranya.

1. Nick Jonas dan Priyanka Chopra

12 Artis Hollywood yang Punya Anak Lewat Surrogate MotherInstagram.com/priyankachopra

Sempat digosipkan berpisah, pasangan Nick Jonas dan Priyanka Chopra justru berbagi kabar bahagia pada akhir pekan lalu. Lewat unggahan di Instagram, mereka mengumumkan kehadiran anak pertama, tepatnya setelah menjalani pernikahan selama tiga tahun.

Dalam kesempatan yang sama, mereka menjelaskan bahwa bayi mereka lahir melalui rahim ibu pengganti. Tak lupa, Nick dan Priyanka secara tulus meminta privasi selama masa-masa bahagia ini. Mereka mengungkapkan keinginannya untuk berfokus pada keluarga kecilnya terlebih dahulu.

2. Kim Kardashian dan Kanye West

12 Artis Hollywood yang Punya Anak Lewat Surrogate MotherInstagram.com/kimkardashian

Pasangan selebriti ternama, Kim Kardashian dan Kanye West juga menjadi artis Hollywood yang punya anak lewat ibu pengganti. Kim dan Kanye menggunakan jasa ibu pengganti untuk mengandung anak ketiga mereka. Tak lama setelahnya, mereka memutuskan kembali menyewa ibu pengganti untuk anak keempat mereka.

Hal ini dilakukan karena Kim mengaku mengalami masa kehamilan yang sulit saat mengandung anak pertama dan kedua. Kesulitan yang dialaminya pun sedikit menimbulkan trauma.

Dilansir Hollywood Life, Kim dan Kanye menyediakan fasilitas mewah untuk sang ibu pengganti, mulai dari akomodasi, ahli gizi, transportasi, hingga pengamanan 24 jam penuh.

3. Kristen Wiig

12 Artis Hollywood yang Punya Anak Lewat Surrogate MotherPeople.com

Kristen Wigg dan tunangannya, Avi Rothman, menyambut kedatangan anak kembar mereka di bulan Januari 2020 lalu.Kristen dan Avi telah menjalin hubungan selama lima tahun, dan memulai upaya memiliki anak sejak tiga tahun lalu. Jalan panjang yang dilalui Wiig akhirnya berujung pada keputusan menggunakan rahim ibu pengganti untuk mengandung anaknya.

Tak lama setelah kehadiran sang buah hati, dunia memasuki masa karantina akibat pandemi virus COVID-19. Hal ini ternyata menjadi berkah bagi Wiig, sebab dirinya berkesempatan untuk menikmati banyak waktu berkualitas dengan anak-anaknya di rumah. 

4. Sarah Jessica Parker & Matthew Broderick

12 Artis Hollywood yang Punya Anak Lewat Surrogate MotherVanityfair.com

Bintang Sex and the City, Sarah Jessica Parker dan suaminya, Matthew Broderick telah memiliki seorang putra yang diberi namaJames Wilkie Broderick. Di tahun 2019, keluarga ini kedatangan anggota keluarga baru, yakni anak kembar perempuan yang lahir dari rahim ibu pengganti.

Kedua anak tersebut adalah Marion Loretta Elwell Broderick dan Tabisa Hodge Broderick. Menurut pernyataan Sarah kepada Vogue, dia tidak menikmati proses kehamilan, karena menggunakan surrogate mother. Berkat layanan ibu pengganti tersebut, dirinya dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk dirinya sendiri.

5. Jimmy Fallon dan Nancy Junenoven

12 Artis Hollywood yang Punya Anak Lewat Surrogate Motherwww.nbcchicago.com

Jimmy Fallon dan istrinya, Nancy Junenoven, telah menantikan kehadiran buah hati selama lima tahun. Penantian ini bahkan disebut Fallon sebagai waktu yang sangat buruk. Hingga akhirnya dirinya dan sang istri dikaruniai dua anak perempuan yang lahir dari ibu pengganti.

Anak pertamanya, Winnie Rose Fallon, lahir pada tahun 2013, sedangkan anak keduanya, Francis Cole Fallon, lahir setahun kemudian. Jimmy Fallon pun sering berbagi cerita tentang kesulitan memiliki anak dan pengalamannya sebagai seorang ayah di The Tonight Show, sebuah acara yang telah dipandunya sejak 2014.

6. Gabrielle Union

12 Artis Hollywood yang Punya Anak Lewat Surrogate MotherPeople.com

Sebelum kelahiran putrinya yang bernama Kaavia James Union Wade, Gabrielle Union sempat mengalami banyak keguguran. Dirinya mengaku tak tahu penyebab keguguran itu sampai akhirnya didiagnosis mengalami adenomiosis, di mana jaringan yang melapisi rahimnya ada di dalam dan tumbuh, bahkan menerobos dinding otot rahim. Akibatnya, Gabrielle mengalami kesulitan mengandung.

Meski awalnya tidak ingin menggunakan ibu pengganti, jalan panjang dan melelahkan yang harus dilalui Gabrielle membuatnya memutuskan untuk menyebwa ibu pengganti. Beruntung, ia bertemu dengan ibu pengganti yang baik serta dirasa tepat untuk mengandung buah hatinya dan pasangan.

7. Michael Jackson

12 Artis Hollywood yang Punya Anak Lewat Surrogate MotherHollywoodlife.com

Bintang ternama dunia Michael Jackson juga termasuk salah satu artis Hollywood yang punya anak lewat surrogate mother. Setelah berpisah dari mantan istrinya, Debbie Rowe, dan setelah memiliki dua anak, Michael Jackson memutuskan untuk memiliki anak ketiga lewat ibu pengganti dan pendonor sel telur. Hingga saat ini, keduanya tetap anonim dan tidak diketahui identitasnya.

Anak Michael yang lahir lewat ibu pengganti diberi nama Prince Michael Jackson II atau lebih dikenal dengan Blanket Jackson. Lahir pada tahun 2002, kini ia telah tumbuh remaja dan berusia 20 tahun. Dirinya kini mengaku lebih ingin dipanggil dengan nama Bigi.

8. Tyra Banks

12 Artis Hollywood yang Punya Anak Lewat Surrogate MotherPeople.com

Pada tahun 2016 lalu, Tyra Banks dan kekasihnya, fotografer Erik Asla, mengumumkan kelahiran anak pertama mereka. Dalam kesempatan tersebut, mereka berbagi cerita bahwa sang bayi dilahirkan melalui rahim ibu pengganti. Kabar bahagia ini disampaikan lewat unggahan foto topi rajut untuk bayi melalui laman Instagramnya.

Hadiah terbaik yang kami usahakan dan doakan akhirnya di sini. Dia mewarisi jari dan mata besar saya serta mulut dan dagu Erik. Tatkala kami berterima kasih pada perempuan malaikat yang mengandung dan melahirkan bayi kami, kami berdoa untuk semua orang yang berjuang untuk pencapaian menggembirakan ini. York Banks Asla, selamat datang ke dunia,” tulis Tyra sebagai keterangan unggahannya tersebut.

9. Elizabeth Banks

12 Artis Hollywood yang Punya Anak Lewat Surrogate MotherNytimes.com

Aktris The Hunger Games, Elizabeth Banks, mengungkapkan bahwa dirinya selalu ingin menjadi ibu kandung dari anak-anaknya. Namun sayangnya, melakukan hal ini cukup sulit bagi dirinya. Beruntung, dirinya kini telah dikaruniai dua putra, Felix dan Magnus, yang lahir melalui ibu pengganti.

Meski awalnya Elizabeth enggan menggunakan jasa ibu penggantinya, akhirnya dia setuju dan memilih untuk fokus membesarkan anaknya ketimbang proses kehamilan. Elizabeth juga mengakui bahwa pengalaman ini mengajarinya berterima kasih pada orang-orang di sekitarnya, terutama mereka yang banyak membantu proses melahirkan, seperti teman, keluarga, dan anak-anaknya.

10. Ellen Pompeo

12 Artis Hollywood yang Punya Anak Lewat Surrogate MotherStylecaster.com

Ellen Pompeo, bintang serial Grey’s Anatomy, dan suaminya, Chris Ivery yang berprofesi sebagai produser telah memiliki tiga anak. Secara mengejutkan, Ellen Pompeo menyampaikan bahwa dirinya menggunakan jasa ibu pengganti untuk seluruh anak-anaknya. Namun, Ellen tidak mengungkapkan identitas ibu pengganti ketiga anaknya itu.

Saya selamanya bersyukur dan merasa sangat diberkati dan berterima kasih padanya. Dia yang akan tetap anonim. Saya ada di sana bersamanya ketika mereka membuahinya, dan kami berpegangan tangan,” ungkap Ellen kepada Jimmy Kimmel pada 2014.

11. Nicole Kidman

12 Artis Hollywood yang Punya Anak Lewat Surrogate MotherNytimes.com

Artis Hollywood ternama, Nicole Kidman telah memiliki dua anak angkat, Connor dan Isabella saat membina rumah tangga dengan aktor Tom Cruise. Kini, Nicole telah yang menikah lagi dengan penyanyi country, Keith Urban, dan dikaruniai seorang putri bernama Sunday Rose Kidman Urban pada 2008 lalu.

Pada bulan Desember 2010, Kidman mengumumkan berita mengejutkan tentang kelahiran anak keduanya, Faith Margaret Kidman Urban. Kelahiran Faith diungkapkan menggunakan rahim ibu pengganti. 

12. Lucy Liu

12 Artis Hollywood yang Punya Anak Lewat Surrogate MotherHuffingtonpost.co.uk

Bintang film Charlie Angels, Lucy Liu selama ini dikenal tertutup akan kehidupan pribadinya. Namun pada bulan Agustus 2015, Liu secara mengejutkan mengumumkan kehadiran buah hati pertamanya. Kabar ini dibagikan langsung melalui akun Instagram pribadinya.

Liu memutuskan untuk menjadi seorang ibu tunggal bagi sang putra, Rockwell Lloyd. Tak hanya itu, Liu juga membeberkan bahwa anaknya merupakan anak yang dikandung oleh ibu pengganti. Meski begitu, Liu tetap merasakan pengalaman menjadi ibu baru. Ia mengungkapkan bahwa ia tidak lagi berfokus pada dirinya, namun mulai terkesima pada pertumbuhan anaknya dari waktu ke waktu.

Itulah dia deretan artis Hollywood yang punya anak lewat surrogate mother akibat berbagai kondisi yang dialami.

Baca Juga: 10 Anak Artis Ini Diberi Nama Gabungan Orangtuanya, Ada Baby Leslar

Baca Juga: Sedang Hamil, 5 Artis Ini Bakal Sambut Kelahiran Anak Kedua di 2022

Baca Juga: 7 Seleb Ini Dikaruniai Anak Setelah Lebih dari 10 Tahun Menikah