Meski seringkali dianggap sebagai bunga tidur, tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang penasaran mengenai arti dari mimpinya. Terlebih lagi bila mimpi tersebut melibatkan hal-hal yang tak biasa, seperti mimpi menikah.

Banyak perempuan, baik yang sudah menikah maupun yang belum, jika bermimpi melakukan pernikahan, tentunya akan bertanya-tanya mengenai makna di baliknya.

Nah ternyata, arti mimpi menikah pun memiliki makna yang berbeda-beda tergantung pada situasi atau kondisi yang terjadi dalam mimpi tersebut. Tak jarang, sosok pasangan kita saat menikah di dalam mimpi pun turut berpengaruh.

Untuk menemukan jawaban lengkapnya, yuk simak ulasan Popbela mengenai arti mimpi menikah berikut ini.

1. Mimpi menikah padahal belum menikah

7 Arti Mimpi Menikah, Maknanya Bisa Berbeda-bedaUnsplash/Gema Saputera

Pertama adalah situasi ketika kamu mengalami mimpi menikah, meskipun sebenarnya kamu belum menikah alias masih single. Bila demikian, maka mimpi tersebut dapat memiliki arti bahwa kamu akan mengalami kejadian yang membutuhkan komitmen. Dengan kata lain, mimpi ini menandakan kamu akan segera menjalankan komitmen yang nyata dalam kehidupan. Misalnya, pekerjaan baru, melakukan sebuah proyek penting di kantor, hingga benar-benar segera menikah.

2. Mimpi menikah dengan orang yang tidak disukai

7 Arti Mimpi Menikah, Maknanya Bisa Berbeda-bedaUnsplash/Simon Hattinga Verschure

Dalam kehidupan, tak bisa dipungkiri bahwa akan ada beberapa orang yang tidak cocok dengan kita. Akibatnya, orang tersebut menjadi sosok yang tidak kita sukai, baik untuk pertemanan maupun untuk menjalin hubungan asmara.

Namun, apa jadinya, ya, bila kita justru mimpi menikah dengan orang yang tidak kita sukai tersebut? Nah, bila begitu, maka bisa saja mimpi tersebut menjadi tanda bahwa sebenarnya kamu memiliki beberapa kekaguman pada orang tersebut, namun tertutup oleh ketidakcocokan yang ada.

3. Mimpi menikah dengan sahabat

7 Arti Mimpi Menikah, Maknanya Bisa Berbeda-bedapexels.com/Trung Nguyen

Sahabat adalah sosok yang memegang peranan penting dalam hidup kita. Sebab biasanya, sahabat menjadi orang yang selalu mendukung baik dalam suka maupun duka. Kedekatan yang terjalin dengan sahabat pun memiliki tempat spesial di hati.

Sayangnya, persahabatan berbeda jenis kelamin tak selalu dapat berjalan mulus, lho, Bela. Bahkan, bukan tak mungkin bila kita mengalami mimpi menikah dengan sosok sahabat tersebut.

Nah ternyata, arti mimpi menikah dengan sahabat dapat dilihat sebagai wujud atau bentuk rasa sayang kamu untuknya, yang perlahan-lahan mulai berubah jadi cinta, namun kamu masih terlalu takut untuk mengungkapkannya.

4. Mimpi menikah dengan kekasih atau pasangan

7 Arti Mimpi Menikah, Maknanya Bisa Berbeda-bedaunsplash.com/Alvaro CvG

Selanjutnya, mimpi menikah dengan kekasih atau pasangan mungkin menjadi sebuah mimpi yang diidam-idamkan, khususnya bagi pasangan yang sedang dimabuk asmara. Nah, perlu diketahui, arti dari mimpi menikah dengan kekasih ini adalah kode atau sinyal, bahwa kamu dan pasangan harus mulai memikirkan dan membicarakan kelanjutan dari hubungan yang dijalani.

5. Mimpi menikah dengan mantan kekasih

7 Arti Mimpi Menikah, Maknanya Bisa Berbeda-bedaunsplash.com/Brooke Cagle

Apa jadinya bila sosok mantan kekasih hadir dalam mimpi kita? Mungkin kita akan merasa jengkel bahkan marah. Apalagi jika mimpi menikah dengan mantan kekasih, bisa-bisa kita menjadi kebingungan mengenai arti dari mimpi tersebut.

Bila mengalaminya, kamu tak perlu langsung panik dan khawatir, sebab mimpi menikah dengan mantan kekasih bukan berarti kamu masih memiliki perasaan untuknya. Melainkan, mimpi ini menandakan bahwa kamu telah berhasil belajar dari kesalahan di masa lalu, sehingga kini siap untuk memahami makna kehidupan.

6. Mimpi memakai gaun pernikahan

7 Arti Mimpi Menikah, Maknanya Bisa Berbeda-bedapexels.com/Jeremy Wong

Bagi sebagian perempuan, pernikahan adalah momen yang dinantikan dalam hidup. Maka tak heran bila beberapa perempuan telah terlebih dahulu membayangkan dan menyiapkan pernikahan impiannya.

Nah, biasanya, harapan tersebut juga memicu hadirnya mimpi memakai gaun pernikahan. Mimpi ini sendiri memiliki arti bahwa kamu telah siap menjalani pernikahan dan menghadapi setiap perjalanannya.

7. Mimpi datang ke pesta pernikahan orang lain

7 Arti Mimpi Menikah, Maknanya Bisa Berbeda-bedaPexels.com/Craig Adderley

Arti mimpi menikah yang terakhir adalah mimpi saat kamu datang ke pesta pernikahan orang lain. Menariknya, mimpi ini memiliki dua makna yang berbeda lho, Bela. Pertama, bermimpi datang ke pernikahan orang lain dapat menjadi pengingat bahwa kamu perlu mulai aktif dan mengambil peran nyata untuk mewujudkan impianmu.

Selain itu, mimpi ini juga dapat berarti sebagai pertanda bahwa kamu akan segera mendapatkan keuntungan dalam hidup, baik soal pekerjaan, pertemanan, maupun lainnya. Akhirnya, kamu akan segera menemui kesuksesan yang selama ini telah kamu nantikan, nih.

Demikianlah ulasan mengenai berbagai makna dan arti mimpi menikah yang berdasarkan pada situasinya. Apakah kamu pernah mengalami salah satunya?

Baca Juga: 9 Arti Mimpi Bercerai, Pertanda Apakah Itu?

Baca Juga: Arti Mimpi Pacar Selingkuh Menurut Psikologi dan Primbon Jawa 

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Poligami, Pertanda Baik atau Buruk?