Merencanakan pernikahan terkesan begitu menyenangkan. Kita dan pasangan bisa memilih sendiri gaun dan jas pengantin, kue pernikahan dan katering, gedung dan tamu undangan. Namun kenyataannya, fase ini justru lebih menguras emosi bagi generasi milenial. Dilansir dari Hollywood Life, ini 9 hal terburuk yang dialami milenial saat merencanakan pernikahan mereka.

1. Orang-orang akan bertanya tentang pernikahanmu

9 Tantangan yang Dihadapi Milenial Saat Menyiapkan Pernikahanwww.vogue.com
 

Sekian detik kemudian setelah mem-posting foto lamaran, akan ada banyak orang yang menanyakan pernikahan, bahkan orang-orang yang nggak kita kenal sekalipun. Awalnya merasa semangat, jadi terganggu dengan pertanyaan yang bertubi-tubi.

2. Ekspektasi begitu besar karena media sosial

9 Tantangan yang Dihadapi Milenial Saat Menyiapkan Pernikahanwww.storychick.com
 

Karena banyaknya inspirasi pernikahan di media sosial, kita jadi takut kurang sempurna dalam menghias pernikahan dan ingin mengikuti posting-an itu. Jadinya, akan ada ekspektasi besar dan menimbulkan kekecewaan saat itu nggak tercapai.

3. Orang tuamu nggak akan percaya biaya pernikahan yang begitu mahal

9 Tantangan yang Dihadapi Milenial Saat Menyiapkan Pernikahanwww.venuelogicchicago.com
 

Kita semua tahu kalau biaya pernikahan di masa kini sangatlah mahal, namun sayangnya orang tua kita nggak akan percaya hal tersebut. Mereka baru percaya besarnya nominal uang yang keluar saat mendengar dari wedding organizer atau pihak penyedia kebutuhan pernikahan.

4. Orang tuamu pun tidak ingin pernikahan yang hemat

9 Tantangan yang Dihadapi Milenial Saat Menyiapkan Pernikahanvendors.wedivite.com
 

Meski merasa kaget dengan biaya yang besar, belum tentu juga mereka setuju dengan ide pernikahan yang hemat. Mereka mengharapkan sebuah pesta yang megah, setidaknya di gedung besar. Nggak jarang kemegahan resepsi pernikahan membawa kebanggaan tersendiri bagi orangtua dan layak dipamerkan kepada tamu undangan.

5. Kamu tidak bisa membuat semua orang takjub dengan pernikahanmu

9 Tantangan yang Dihadapi Milenial Saat Menyiapkan Pernikahanwww.marieclaire.co.uk
 

Akan sulit membuat sebuah pesta pernikahan yang dapat membuat semua orang senang dan takjub. Karena itu, cukup buat sebuah pesta yang kita dan pasangan inginkan.

6. Kamu pasti akan dikritik orang

9 Tantangan yang Dihadapi Milenial Saat Menyiapkan Pernikahanwww.wusa9.com
 

Akan ada orang yang mengkritik kita dengan mengatakan "Terlalu cepat menikah" atau "Terlalu tua untuk menikah". Ingat bahwa nggak ada usia tepat untuk menikah, apalagi menemukan pasangan sehidup semati adalah hal yang nggak mudah. Jadi, abaikan kritik yang nggak mendukung itu.

7. Mengutang karena biaya pernikahan yang besar

9 Tantangan yang Dihadapi Milenial Saat Menyiapkan Pernikahantime.com
 

Seperti yang sudah disebutkan kalau biaya pernikahan begitu besar, dan orang tua kita mungkin nggak percaya dengan hal itu. Kemungkinan besar, kita berutang untuk mendapatkan biaya pernikahan atau menggunakan uang tabungan lain untuk melangsungkan resepsi yang begitu mahal. Tapi Popbela kurang menyarankan untuk berutang ya Bela, jauh lebih baik apabila kamu dan pasangan mengadakan pernikahan sesuai dengan biaya yang ada.

8. Temanmu mungkin akan berhalangan hadir

9 Tantangan yang Dihadapi Milenial Saat Menyiapkan Pernikahanwww.fenwick.co.uk
 

Menjadi tamu untuk sebuah pernikahan megah juga dapat menekan teman-teman kita. Mereka bisa berhalangan hadir karena biaya untuk memberi pengantin juga terasa tinggi. Belum lagi jika dihitung dengan menyelenggarakan pesta bachelorette dan bridal shower.

9. Menerima kado keperluan rumah tangga bisa terasa menyulitkan

9 Tantangan yang Dihadapi Milenial Saat Menyiapkan Pernikahanapbentertainment.com
 

Di Amerika Serikat, sebagian besar pasangan sudah lebih dulu tinggal bersama sebelum memutuskan menikah. Ketika menerima peralatan rumah tangga, mereka justru kesulitan menampungnya karena sudah memiliki semuanya. Bagaimana dengan di Indonesia, ya?

Besar juga ya, tantangan yang millenials hadapi saat ingin menikah! Namun, jangan sampai 9 hal di atas mengurungkan niat untuk melanjutkan langkah kita bersama pasangan ke pelaminan.

BACA JUGA: Ini Lho 4 Persiapan Dasar yang Harus Kamu Miliki Sebelum Menikah​