Apa resolusimu untuk tahun 2022? Hidup lebih teratur termasuk dalam hal finansial? Jangan hanya jadi sekadar resolusi, kamu harus bisa mengatur keuangan dengan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Mengatur keuangan sangatlah penting, tidak peduli sebanyak apa pun pendapatanmu, jika pengeluaran tidak terkendali maka kamu jelas akan kesulitan.

Apalagi jika kamu sudah berumah tangga, pengeluaran tidak hanya fokus untuk diri sendiri karena kamu sudah memiliki cukup banyak tanggungan. Tidak hanya kamu, pasangan juga harus dilibatkan ketika hendak membuat rencana keuangan.

Nah, agar tidak ‘kewalahan’ secara finansial di tahun baru, berikut ini 8 tips mengatur keuangan di awal tahun bersama pasangan yang wajib kamu lakukan.

1. Susun rencana anggaran belanja

8 Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun Bersama PasanganPexels.com/Pixabay

Menyusun rencana anggaran belanja merupakan langkah yang sangat penting jika kamu mau keuangan terkendali. Diskusikan dengan pasangan tentang hal ini. Buat rincian pengeluaran rutin setiap bulan, misalnya tagihan listrik, air, cicilan rumah, dan kebutuhan lainnya. Menyiapkan anggaran setiap bulan akan membantumu melacak pengeluaran juga, lho.

2. Memiliki tujuan keuangan

8 Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun Bersama PasanganPexels.com/Karolina Grabowska

Salah satu tujuan keuangan yang ingin dicapai oleh pasangan suami istri adalah membeli rumah pribadi. Nah, jika kamu juga memiliki tujuan serupa maka berusahalah untuk mewujudkannya di tahun ini. Adanya tujuan keuangan juga bisa membuat pengeluaran jadi lebih terkendali.

Sudah punya tempat tinggal pribadi? Buat tujuan lain yang tidak kalah penting, misalnya tabungan biaya pendidikan untuk anak. Jangan lupa, libatkan pasangan ya dalam merencanakan ini.

3. Catat setiap pengeluaran dan pemasukan

8 Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun Bersama PasanganPexels/Pavel Danilyuk

Tips mengatur keuangan di awal tahun bersama pasangan berikutnya adalah mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan. Ini bisa menjadi catatan buatmu dan pasangan berapa kira-kira pengeluaran dalam sebulan dan apakah sebanding dengan pemasukannya.

Jangan sampai ada yang tertinggal, dengan mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan juga dapat membantumu mengetahui pengeluaran apa saja yang bisa dihilangkan, untuk meminimalisir ‘jebolnya’ keuangan dalam rumah tangga.

4. Sisihkan penghasilan untuk dana darurat

8 Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun Bersama PasanganPexels.com/Mikhail Nilov

Sebaiknya kamu dan pasangan menyiapkan dana darurat. Benar sekali, hal ini sangatlah penting karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Misalnya, biaya kesehatan darurat, pengeluaran tak terduga, dan lain-lain.

Apalagi setelah diterpa pandemi COVID-19, kita seolah tersadar bahwa kondisi ideal bisa berubah dengan sangat cepat. Situasi sulit terutama dalam hal ekonomi benar-benar menyiksa bahkan membuat banyak lumpuh seketika. Oleh karena itu, menyiapkan dana darurat harus kamu dan pasangan perhatikan.

5. Sisihkan juga untuk tabungan dan investasi

8 Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun Bersama Pasanganpexels.com / rawpixel

Dana darurat tidak sama dengan tabungan. Kamu dan pasangan juga harus menyiapkan tabungan yang akan berguna di masa depan. Selain itu, investasi juga bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu dan pasangan bisa berinvestasi properti misalnya, mengingat harga dan kebutuhan akan hunian semakin tinggi setiap tahunnya. Bagaimana? Apa kamu masih ingin menghamburkan uang hanya untuk memenuhi gaya hidup konsumtif semata?

6. Buat skala prioritas

8 Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun Bersama Pasanganmochimag.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, gaya hidup konsumtif membuat banyak orang tidak bisa mengendalikan pengeluaran mereka. Alhasil, keuangan kacau balau dan mereka tidak bisa memiliki tabungan atau simpanan. Cegah hal tersebut dengan membuat skala prioritas untuk pengeluaran. Dahulukan mana yang genting dan termasuk ke kebutuhan primer, sehingga kamu tidak kesulitan nantinya.

7. Memiliki asuransi

8 Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun Bersama PasanganPexels.com/cottonbro

Demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, memiliki asuransi juga bisa memberikanmu banyak pertolongan. Karena sekali lagi, kita tidak bisa memprediksi masa depan, menyiapkan asuransi jiwa, dan asuransi kesehatan bisa kamu wujudkan di tahun ini bersama pasangan.

8. Hindari mengulang kesalahan finansial di tahun sebelumnya

8 Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun Bersama Pasanganunsplash.com/MicheileHenderson

Tips mengatur keuangan di awal tahun bersama pasangan yang tidak kalah penting tentunya menghindari mengulang kesalahan finansial di tahun sebelumnya. Rasanya akan percuma mau seberapa teliti dan sempurna perencanaan keuanganmu, jika kamu dan pasangan masih mengulangi kesalahan yang sama.

Itulah 8 tips mengatur keuangan di awal tahun bersama pasangan yang wajib kamu terapkan di tahun 2022 ini. Semoga membantu!

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Stres Finansial dalam Hubungan

Baca Juga: Jarang Dicurigai, Kebanyakan Suami Ternyata 'Selingkuh Finansial' Lho!

Baca Juga: 9 Tips Cerdas Membahas Keuangan dengan Pasangan