Ketika menikah terutama saat resepsi digelar, kita kerap menginginkan suasana yang romantis dan menyentuh agar momen tersebut bisa dikenang selamanya dengan senyuman. Pernikahan menjadi sebuah momen yang haruslah sempurna, sehingga tak heran jika dekorasi, venue, pakaian, hingga lagu yang diputar juga harus sempurna.

Bicara soal lagu pernikahan ini juga menjadi salah satu hal yang spesial, karena adanya lagu membuat atmosfer dalam venue jadi lebih khidmat dan mengharukan. Bahkan, lagu-lagu romantis tidak hanya diputar, tapi juga bisa dinyanyikan oleh pengantin, keluarga, maupun teman-teman yang hadir sebagai persembahan yang tak terlupakan.

Namun, terkadang kita bingung lagu apa, sih, yang cocok dinyanyikan saat acara pernikahan? Berikut ini rekomendasi lagu barat romantis untuk acara pernikahan yang bisa kamu nyanyikan kelak saat menikah, atau jadi persembahan ketika saudara atau sahabatmu menikah!

1. Beautiful in White – Shane Filan

https://www.youtube.com/embed/06-XXOTP3Gc

Lagu dari Shane Filan, salah satu personel Westlife ini, sudah sangat familiar dan sering dijadikan lagu super romantis untuk pernikahan. Lagu ini cocok dinyanyikan oleh mempelai pria karena menggambarkan kekagumannya pada mempelai perempuan yang dibalut gaun indah pernikahan. Tidak hanya romantis, Beautiful in White berhasil menjadi lagu yang bikin banyak orang nangis di acara pernikahan!

2. Marry Your Daughter – Brian Mcknight

https://www.youtube.com/embed/jP6eEKrghGI

Mengisahkan tentang pemuda yang memperjuangkan cintanya dan meminta restu dari orangtua sang wanita, menjadikan lagu Marry Your Daughter sebagai lagu bermakna luar biasa dalam. Tidak hanya cocok dinyanyikan oleh mempelai laki-laki, lagu ini bisa jadi soundtrack hari spesialmu dan bisa diputar di venue. Romantis dan mengharukan banget!

3. All of Me – John Legend

https://www.youtube.com/embed/450p7goxZqg

Lagu ini berisikan ungkapan seseorang yang akan mencintai kekasihnya dengan sangat tulus meski dia memiliki banyak kekurangan. Kamu dan pasangan bisa banget duet menyanyikan lagu ini di acara pernikahan, atau jika kamu ingin mempersembahkan lagu untuk saudara atau sahabat di hari spesial maka lagu ini pilihan yang tepat.

4. Marry You – Bruno Mars

https://www.youtube.com/embed/dElRVQFqj-k

Lagu ini jadi salah satu lagu hits milik Bruno Mars yang hampir setiap orang tahu. Lagu Marry You dengan musik yang upbeat ini juga cocok dinyanyikan saat acara pernikahan, atau saat lamaran juga pas banget. Sesuai dengan liriknya, lagu ini menjadi sebuah ‘ajakan’ pemuda untuk mengarungi bahtera rumah tangga dengan orang yang dia cintai. 

5. Can’t Help Falling in Love – Elvis Presley

https://www.youtube.com/embed/vGJTaP6anOU

Lagu legendaris ini tidak akan pernah lekang oleh waktu, bahkan sudah berkali-kali di-recycle oleh beberapa penyanyi. Lagu super manis ini menggambarkan perasaan jatuh cinta yang begitu tulus dan romantis. Siapa pun tentunya akan merasakan nostalgia indah begitu lagu ini diputar. Nah, jika kamu mencari lagu yang pas buat slow dance saat pesta pernikahan, lagu ini pas banget!

6. You’re Still The One – Shania Twain

https://www.youtube.com/embed/KNZH-emehxA

Lagu ini juga termasuk lagu lawas super romantis yang menggambarkan perasaan cinta yang sama, meski telah bersama dalam waktu yang sangat lama. Lagu ini bukan hanya manis, namun bisa menjadi sebuah harapan bahwa seseorang yang menikah denganmu saat ini akan terus menjadi ‘the one’ sampai akhir hayat.

7. Perfect – Ed Sheeran

https://www.youtube.com/embed/2Vv-BfVoq4g

Ed Sheeran juga selalu sukses mencetak lagu-lagu hits super romantis, salah satunya adalah Perfect yang pas banget untuk acara pernikahan. Lagu ini mengisahkan perjalanan cinta yang sempurna setelah dulu sempat hilang. Tidak hanya cocok dinyanyikan olehmu atau pasangan, lagu ini pun bisa jadi pengiring dansa yang luar biasa romantis.

8. A Thousand Years – Christina Perri

https://www.youtube.com/embed/rtOvBOTyX00

Lagu ini sempat sangat populer beberapa belas tahun silam, terutama setelah lagu ini dipakai untuk soundtrack film Twilight – Breaking Dawn. Lagu ini menggambarkan bahwa setelah ribuan tahun pun perasaan cinta yang kamu dan pasangan miliki akan tetap sama. Bagaimana? Romantis bukan?

9. A Whole New World – Lea Salonga and Brad Kane

https://www.youtube.com/embed/rg_zwK_sSEY

Kalau kamu ingin suasana pernikahan jadi lebih romantis bak negeri dongeng, maka rekomendasi lagu barat romantis untuk acara pernikahan satu ini bisa jadi pilihan yang pas buatmu. Lagu ini memang begitu imajinatif dan sukses menggambarkan perjalanan cinta yang indah. Lagu yang menjadi soundtrack film animasi Aladdin (1992) ini kemudian pernah dinyanyikan ulang oleh Zayn dan Zhavia Ward. Mau pakai versi yang mana, tetap romantis, kok!

10. You're Gonna Live Forever in Me – John Mayer

https://www.youtube.com/embed/08Ndzf5-HxI

Rekomendasi lagu barat romantis untuk acara pernikahan yang terakhir adalah salah satu lagu dari penyanyi berbakat, yakni John Mayer. Lagu ini menggambarkan seseorang yang telah menemukan pasangan hidup yang tepat, sampai-sampai dia akan terus menyimpannya dalam dirinya selamanya.

Itulah 10 rekomendasi lagu barat romantis untuk acara pernikahan yang bisa diputar saat hari spesialmu atau jadi persembahan untuk hari spesial kerabat atau teman. Semoga kamu dapat segera menikmati momen spesial ini, ya!

Baca Juga: 7 Rahasia Menggelar Pesta Pernikahan Impian Tanpa Menguras Dompet

Baca Juga: 15 Inspirasi Paduan Warna untuk Pesta Pernikahanmu yang Elegan

Baca Juga: 11 Tips Pesta Pernikahan yang Wajib Diketahui Para Calon Pengantin