Apa saja hal yang membuat pernikahan terasa begitu bermakna?

Jawabannya bisa saja beragam tergantung dengan masing-masing orang. Tapi, satu hal yang penting dan wajib ada dalam sebuah pernikahan tentu adalah kasih sayang.

Rumah tangga tanpa kasih sayang jelas tidak akan bisa berjalan dengan harmonis, belum lagi jika harus berhadapan dengan berbagai konflik pernikahan ke depannya. Jika suami istri tak bisa saling berbagi kasih sayang maka bisa saja rumah tangga tidak berakhir bahagia dan berujung pada perpisahan.

Kasih sayang ini rupanya merupakan arti dari kata Rahmah yang biasa disebutkan dalam doa ketika ada pasangan yang melangkah ke jenjang pernikahan. Islam tentu mengajarkan makna rahmah dan ada pula penjelasannya dalam Alquran.

Nah, mari kita menyelami makna rahmah dalam pernikahan menurut Alquran supaya semakin paham dan bisa diterapkan pada pernikahan kita sendiri.

1. Arti makna rahmah dalam pernikahan

Ini Makna Rahmah dalam Pernikahan Menurut AlquranPexels.com/Meruyert Gonullu

Pertama-tama mari kita bahas makna kata rahmah dalam pernikahan secara umum. Secara sederhana kata rahmah berarti kasih sayang.

Perasaan kasih sayang menjadi salah satu hal penting yang wajib ada pada diri seseorang. Hati yang dipenuhi dengan kasih sayang tentu akan menuntun seseorang tersebut dalam kebaikan, selain itu jika dia adalah orang yang penuh dengan kasih sayang maka dia bisa membagi perasaan tersebut dengan orang lain.

Suami istri yang memiliki perasaan kasih sayang tentunya dapat menciptakan rumah tangga yang bahagia nan harmonis. Siapa yang tak ingin rumah tangganya senantiasa bahagia? Oleh karena itu pastikan dirimu dan pasangan memiliki rahmah dan dapat menjaganya agar pernikahan selalu langgeng dan bahagia.

2. Makna rahmah menurut M. Quraish Shihab

Ini Makna Rahmah dalam Pernikahan Menurut AlquranPexels.com/Nur Andi Ravsanjani

Sekarang mari kita bahas makna rahmah menurut M.Quraish Shihab dikutip melalui Islami.co. Menurutnya, rahmah berarti rasa yang muncul setelah melihat ketidakberdayaan.

Manusia jelas tidak akan luput dari kesalahan, oleh karena itu pasangan suami istri wajib melengkapi kekurangan masing-masing dan mengupayakan kebaikan bagi pasangannya. Kesabaran, kelembutan hati, senantiasa lahir dari rahmah, oleh karena itu memiliki perasaan kasih dan sayang dalam diri masing-masing merupakan hal penting.

3. Arti makna rahmah dalam Surat Al-Imran ayat 159

Ini Makna Rahmah dalam Pernikahan Menurut Alquranfreepik.com/freepik

Makna rahmah dalam pernikahan menurut Alquran juga tertuang dalam Surat Al-Imran ayat 159 yang berbunyi:

Fa bima raḥmatim minallahi linta lahum, walau kunta faẓẓan galiẓal-qalbi lanfaḍḍụ min ḥaulika fa’fu ‘an-hum wastagfir lahum wa syawir hum fil amr, fa iza ‘azamta fa tawakkal ‘alallah, innallaha yuḥibbul mutawakkilin

Yang artinya :

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.

4. Arti makna rahmah dalam Surat Ar-Rum ayat 21

Ini Makna Rahmah dalam Pernikahan Menurut AlquranFreepik.com/Free Picture

Selain pada Surat Al-Imran, makna rahmah juga ada pada surat lainnya di Alquran yaitu pada Surat Ar-Rum ayat 21 dengan bunyi:

Wa min ayatihi an khalaqa lakum min anfusikum azwajal litaskunu ilaiha wa ja’ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fi zalika la’ayatil liqaumiy yatafakkarụn

Artinya :

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.

5. Menjaga rahmah dalam pernikahan

Ini Makna Rahmah dalam Pernikahan Menurut AlquranPexels.com/Darwis Alwan

Setelah mengetahui makna dari rahmah tentu kita pun jadi tahu bahwa kasih sayang merupakan hal penting yang perlu dijaga dalam sebuah pernikahan. Menjaga komunikasi misalnya, bisa menjadi salah satu cara untuk membangun hubungan harmonis dimana kasih sayang dapat tumbuh.

Ingatlah juga mengapa kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah, peliharalah cinta dan berjuanglah untuk mempertahankan rumah tangga yang harmonis. Setiap pernikahan tentu akan menemui masalah atau konflik, tapi jika kamu dan pasangan mampu menjaga komitmen tentu permasalahan dapat teratasi.

Pertajam juga empatimu dan pasangan, karena kasih sayang juga bisa berawal dari empati. Saling mengerti dan berempati tentu akan membuat rumah tangga menjadi tentram dan damai. Kasih sayang atau rahmah juga akan menyertai.

Itulah beberapa makna rahmah dalam pernikahan menurut Alquran yang perlu diketahui. Menjaga kasih sayang terutama dalam pernikahan tentu penting agar rumah tangga kian tentram dan harmonis.

Baca Juga: 6 Makna Mawaddah dalam Pernikahan menurut Alquran

Baca Juga: 35 Ucapan Pernikahan Kreatif, dari yang Formal Hingga Lucu

Baca Juga: 7 Fase Terberat Pernikahan dalam Kehidupan Rumah Tangga