Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah. Tidak, bukan venue, catering, atau gaun pernikahan, namun hal-hal penting yang bisa membuat kehidupan pernikahanmu kian lancar dan bahagia.

Mungkin yang kamu pikirkan saat ini adalah bagaimana menemukan pasangan yang tepat. Itu pun tidak salah, namun ada hal yang juga perlu kita perhatikan dalam diri sendiri yang bisa membantu kita mencapai kehidupan pernikahan penuh makna.

Berikut ini beberapa sifat dan kebiasaan baik yang bisa menjadi tanda bahwa kamu sudah siap untuk melanjutkan fase kehidupan berikutnya yaitu pernikahan.

1. Kamu pintar mengatur keuangan

Kamu Sudah Siap Menikah Jika Punya Sifat dan Kebiasaan IniPexels.com/Karolina Grabowska

Keuangan menjadi hal penting dalam kehidupan pernikahan. Stabilnya kondisi ekonomi bisa membantu dalam menciptakan rumah tangga yang harmonis. Ingat, salah satu faktor perceraian terbesar umumnya disebabkan masalah keuangan.

Jika kamu sudah menerapkan kebiasaan mengatur keuangan sejak dini dan memiliki tabungan serta dana darurat, tentu ini menjadi hal yang baik. Tandanya, kamu tidak perlu terlalu khawatir dan ‘kaget’ ketika memasuki jenjang pernikahan.

Kamu mampu mengatur pemasukan dan mengalokasikannya dengan tepat, sehingga akan kecil kemungkinan terjadi pemborosan nantinya.

2. Mempelajari ilmu komunikasi dengan baik

Kamu Sudah Siap Menikah Jika Punya Sifat dan Kebiasaan IniPexels.com/Katerina Holmes

Komunikasi sering kali dianggap sepele karena kita sudah sangat familiar dalam menerapkan ilmu komunikasi. Padahal, komunikasi merupakan hal yang sangat tricky, terutama dalam hubungan asmara serius apalagi pernikahan.

Nggak ada salahnya mulai cari informasi tentang cara berkomunikasi yang baik. Bisa melalui buku, podcast, hingga meminta pendapat dari orang yang lebih berpengalaman dalam hubungan asmara dan perikahan.

3. Membangun hubungan berdasarkan keyakinan

Kamu Sudah Siap Menikah Jika Punya Sifat dan Kebiasaan Inipexels.com/ Rodolfo Clix

Pernikahan yang penuh akan berkah adalah pernikahan yang melibatkan Tuhan di dalamnya. Dekatkan diri dengan Tuhan dan jadikan Ia sebagai tuntunan dalam memilih pasangan serta menjalani kehidupan pernikahan.

Jika kita mendekatkan diri dengan Tuhan, tentunya di masa sulit ketika telah menikah kita jadi bisa berpikir lebih jernih, tidak hilang arah, dan pastinya jadi lebih bersabar. Karena kuasa Tuhan itu nyata dan bisa membantu kita di saat sulit tersebut.

Itulah 3 kebiasaan serta sifat positif yang menandakan bahwa kamu sudah siap untuk melanjutkan fase hidup ke jenjang pernikahan. jika belum memenuhi semua sifat di atas, jangan khawatir, kamu bisa mulai belajar dari sekarang!

Baca Juga: 7 Cara Membuat Orangtua Mengerti Bahwa Kamu Belum Siap Menikah

Baca Juga: Jangan Buru-Buru, 5 Hal Ini Harus Jelas Dulu Sebelum Menikah

Baca Juga: Sering Terlupakan, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Menikah